Sukses

Korban Tewas Serangan Israel di Gaza 23.968 Orang, 60 di Antaranya Tewas dalam Semalam

Kementerian Kesehatan Hamas mengatakan lebih dari 60 orang tewas dalam Serangan di Gaza akibat serangan Israel dalam semalam.

Liputan6.com, Gaza - Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas melaporkan pada Senin 15 Januari 2024 pagi bahwa lebih dari 60 warga Palestina tewas dalam serangan militer Israel di wilayah tersebut semalam (Minggu 14 Januari malam).

Dikatakan bahwa puluhan orang juga terluka dalam apa yang digambarkan oleh kantor media kelompok militan tersebut sebagai serangan “intens" Israel dan pemboman artileri di Jalur Gaza.

"Serangan tersebut terjadi di kota selatan Khan Yunis dan Rafah, serta daerah sekitar Kota Gaza," kata kantor media pemerintah Gaza yang dikelola Hamas seperti dikutip dari AFP.

Kantor media tersebut juga dua rumah sakit, sebuah sekolah khusus perempuan dan "puluhan" rumah termasuk di antara sasarannya.

Rumah sakit, yang dilindungi undang-undang kemanusiaan internasional, telah berulang kali terkena serangan Israel di Gaza sejak perang meletus.

Militer Israel menuduh Hamas memiliki terowongan di bawah rumah sakit dan menggunakannya sebagai pusat komando, serta mengeksploitasi infrastruktur sipil secara umum untuk melindungi kegiatannya – sebuah tuduhan yang dibantah oleh kelompok Islam tersebut.

Perang di Gaza dimulai ketika Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023, yang mengakibatkan sekitar 1.140 kematian di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi.

Para militan juga menyandera sekitar 250 sandera, 132 di antaranya menurut Israel masih berada di Gaza, termasuk sedikitnya 25 orang yang diyakini telah terbunuh.

Israel bersumpah untuk menghancurkan Hamas sebagai pembalasan dan melancarkan kampanye militer tanpa henti yang telah menewaskan sedikitnya 23.968 orang di wilayah Palestina, kebanyakan wanita dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan Gaza.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

100 Hari Perang Israel-Hamas, 85 Persen Penduduk Gaza Mengungsi

Perang Israel-Hamas mencapai tonggak sejarah yang suram yaitu 100 hari pada Minggu 14 Januari 2024, dengan lebih banyak kematian warga sipil di Gaza, dan kerabat dari puluhan sandera masih menunggu kebebasan mereka.

Ada juga korban jiwa di Tepi Barat dan di perbatasan Israel-Lebanon.

Konflik tersebut, yang dipicu oleh serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, telah menciptakan bencana kemanusiaan bagi 2,4 juta orang di Gaza yang dikuasai Hamas, PBB dan kelompok bantuan kemanusiaan memperingatkan, dan membuat sebagian besar wilayah pesisir menjadi puing-puing.

PBB mengatakan sekitar 85 persen penduduk wilayah Gaza telah mengungsi, memadati tempat penampungan dan berjuang untuk mendapatkan makanan, air, bahan bakar dan perawatan medis.

"Sudah 100 hari berlalu dan situasi kami sangat buruk," kata Mohammad Kahil, yang mengungsi ke Rafah, di Gaza selatan dekat Mesir, dari utara wilayah tersebut seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (15/1/2024).

"Tidak ada makanan, tidak ada air, tidak ada pemanas. Kami sekarat karena kedinginan."

3 dari 4 halaman

Penyakit Menyebar

Philippe Lazzarini, kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), mengatakan penyakit menyebar seiring dengan berjalannya waktu menuju kelaparan.

Kekerasan yang melibatkan kelompok-kelompok yang bersekutu dengan Iran di Yaman, Lebanon, Irak dan Suriah telah meningkat sejak perang di Gaza dimulai pada awal Oktober 2023.

Meskipun konflik yang lebih luas sejauh ini telah dapat dicegah, kekhawatiran meningkat menyusul serangan Amerika dan Inggris terhadap sejumlah sasaran pemberontak Yaman pada hari Jumat (12/1).

 

4 dari 4 halaman

PM Israel di Bawah Tekanan

"Apa yang telah dicapai musuh dalam 100 hari, selain membunuh?” tanya pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dalam pidatonya di televisi.

Militer Israel mengatakan pasukannya telah membongkar struktur komando Hamas di utara Gaza.

Pada hari Minggu (14/1), militer mengatakan mereka telah menyerang lubang peluncuran roket di utara Gaza dan mencapai sasaran di seluruh jalur tersebut, termasuk kota utama Khan Yunis di selatan.

Sayap militer Hamas melaporkan bentrokan dengan pasukan Israel di kota tersebut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada pertemuan anggaran pemerintah pada hari Minggu bahwa diperlukan pengeluaran keamanan tambahan.

“Kita harus melancarkan perang ini, dan ini akan memakan waktu berbulan-bulan,” katanya.

Adapun PM Netanyahu berada di bawah tekanan domestik yang kuat untuk mempertanggungjawabkan kegagalan politik dan keamanan seputar serangan awal dan untuk membawa pulang para sandera. Dia juga diadili atas tuduhan korupsi, namun dia membantahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.