Sukses

Rusia Tembaki 118 Permukiman di 10 Wilayah Ukraina dalam 24 Jam Terakhir

Perang Rusia Ukraina kian memanas, Moskow dilaporkan menyerang sebagian besar permukiman dalam satu hari.

Liputan6.com, Kyiv - Tatkala konflik berkecamuk di Gaza antara Israel dan Hamas, perang Rusia-Ukraina juga dilaporkan masih memanas.

Terikini, mengutip laporan BBC dari keterangan Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klymenko, Kamis (2/11/2023), Rusia masih membombardir wilayah permukiman di Ukraina.

"Rusia membombardir 118 kota dan desa di Ukraina dalam 24 jam. Lebih banyak dibandingkan hari lain tahun ini, kata Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klymenko.

“Selama 24 jam terakhir, musuh menembaki 118 permukiman di 10 wilayah,” ucap Igor Klymenko melalui media sosial.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klymenko mengatakan 10 dari 27 wilayah di Ukraina telah diserang dan serangan gencar tersebut telah menyebabkan kematian dan cedera. Banyak komunitas yang terkena dampak berada di dekat garis depan di timur dan selatan.

Rusia selama berminggu-minggu dikabarkan telah melatih sebagian besar kekuatan militernya di Avdiivka, sebuah kota penting yang strategis di wilayah timur Donetsk.

"[Avdiivka] terhapus, hancur. Ada lebih dari 40 serangan penembakan besar-besaran terhadap komunitas teritorial dalam satu hari terakhir,” kata pemimpin setempat, Vitaliy Barabash.

Vitaliy Barabash mengatakan dua warga sipil telah terbunuh dan memperingatkan bahwa Rusia sedang melancarkan serangan gelombang ketiga. Ukraina mengatakan Rusia telah mengerahkan bala bantuan ke daerah tersebut dalam upaya untuk mengepung dan merebut kota tersebut.

20 serangan di daerah Avdiivka saja berhasil digagalkan pada hari Selasa, kata staf umum angkatan bersenjata Ukraina.

Rusia juga meningkatkan serangan terhadap Kota Kupyansk di wilayah timur laut Kharkiv dan berusaha menghentikan pasukan Ukraina merebut kembali wilayah sekitar Bakhmut.

Ada juga serangan yang terjadi jauh dari garis depan, di sebuah blok apartemen, pertokoan dan apotek di selatan kota Nikopol di tepi sungai Dnipro, dan di Kremenchuk, tempat sebuah kilang minyak bekas dibakar oleh tentara Rusia.

Kilang tersebut, yang berada di wilayah tengah Poltava, telah beberapa kali menjadi sasaran Rusia dan para pejabat mengatakan kilang tersebut diserang sepanjang Rabu dini hari.

Kilang Kremenchuk adalah yang terbesar di Ukraina sampai serangan Rusia menghentikannya beberapa minggu setelah invasi besar-besaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Serangan Balasan Ukraina Hanya Hasilkan Sedikit Kemajuan

Serangan balasan Ukraina sejauh ini hanya menghasilkan sedikit kemajuan dalam merebut kembali wilayah yang diduduki pasukan Rusia di selatan dan timur, sehingga memicu kekhawatiran negara-negara Barat akan kelelahan akibat perang tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakui kemajuan yang lambat, dan berulang kali mendesak sekutu Kyiv untuk segera menyediakan senjata yang lebih canggih, dan juga tetap bersatu.

Pada hari Rabu, panglima militer Ukraina Zaluzhny memperingatkan bahwa perang kini bergerak ke tahap "posisional" atau statis.

Dalam kolomnya di The Economist, Panglima Zaluzhny mengatakan hal ini akan menguntungkan Moskow dengan "memungkinkannya membangun kembali kekuatan militernya".

Meskipun mengalami kerugian besar, Rusia masih memiliki “superior dalam persenjataan, peralatan, rudal dan amunisi”, Zaluzhny memperingatkan, dan menyerukan kepada sekutu Ukraina untuk mengirimkan antara lain pesawat tempur dan drone, serta peperangan elektronik modern dan teknologi pemecah ranjau.

 

3 dari 5 halaman

Ukraina Kelelahan

Salah satu sekutu terdekat pemimpin Ukraina, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, membahas masalah kelelahan selama panggilan prank dari dua orang komedian Rusia, yang dikenal luas karena menargetkan lawan-lawan Kremlin.

"Saya melihat ada banyak kelelahan, jika saya harus mengatakan yang sebenarnya, dari semua sisi," katanya kepada pasangan komedian Rusia, Vovan dan Lexus. "Kita sudah mendekati momen di mana semua orang memahami bahwa kita memerlukan jalan keluar."

"Serangan balasan yang dilakukan Ukraina mungkin tidak berjalan sesuai harapan mereka. Memang sedang terjadi, namun tidak mengubah nasib konflik tersebut."

Sementara itu, Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah meminta Kongres untuk menyetujui paket senilai $106 miliar untuk Ukraina dan Israel. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin memperingatkan minggu ini: "Saya dapat menjamin bahwa tanpa dukungan kami, Vladimir Putin dari Rusia akan berhasil."

 

4 dari 5 halaman

Pujian untuk Militer Ukraina

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan kepada warga Ukraina dalam pidato semalam pada hari Selasa bahwa "kita hidup di dunia yang terlalu cepat terbiasa dengan kesuksesan”.

Ia memberikan pujian khusus atas keberhasilan militer dalam mengurangi kendali Rusia atas Laut Hitam: "Semakin banyak perlindungan yang kita miliki di sepanjang garis pantai dan di laut kita, semakin besar perlindungan yang ada di dunia."

Serangan Ukraina baru-baru ini menghantam markas besar armada Laut Hitam Rusia sehingga mendorong sebagian besar kapalnya meninggalkan Krimea yang diduduki.

Kyiv telah mencoba menciptakan koridor ekspor yang aman bagi kapal-kapal sipil untuk membawa gandum di sepanjang pantai Laut Hitam Ukraina, melalui perairan Rumania dan ke pantai Turki.

Meskipun setidaknya 700.000 metrik ton biji-bijian berhasil lolos dari pemboman Rusia dalam beberapa bulan terakhir, para pejabat Ukraina mengatakan pesawat perang telah menjatuhkan "benda peledak" di jalur yang diperkirakan akan dilalui kapal sipil. “Namun, fungsi koridor navigasi terus berlanjut di bawah naungan pasukan pertahanan," kata komando operasional selatan Ukraina.

 

5 dari 5 halaman

Menhan Rusia: Ukraina Kalah Perang Meski Ada Pasokan Senjata Baru

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu mengatakan pada hari Rabu bahwa Ukraina kalah perang meskipun ada pasokan senjata baru dari NATO.

Sergei Shoigu mengatakan bahwa Ukraina mengalami kerugian besar ketika mencoba memasuki wilayah Zaporizhzhia, Kherson dan Donetsk yang dikuasai Rusia dan "demoralisasi personel semakin meningkat”. Dia juga mengklaim unit-unit Rusia sedang bergerak maju.

Kendati demikian sejauh ini Menhan Shoigu tidak memberikan bukti yang mendukung klaimnya.

Adapun Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.​ Setahun lebih dan belum juga ada tanda akhir konflik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini