Sukses

Getol Tingkatkan Kerja Sama Indonesia-Korea Selatan, Dubes Gandi Sulistiyanto Raih Special Ambassador Award

Dubes Gandi Sulistiyanto mengatakan bahwa diplomasi seni dan budaya memainkan peran kunci dalam kemajuan hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.

Liputan6.com, Seoul - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Republik Korea Selatan Gandi Sulistiyanto meraih Special Ambassador Award atas prestasinya mempromosikan budaya Indonesia dalam rangka pertukaran budaya Indonesia-Korea Selatan selama peringatan 50 tahun persahabatan kedua negara.

Hal tersebut disampaikan Presiden World Cultural Association Diana Park saat menyampaikan sertifikat penghargaan kepada Dubes Gandi pada acara Korea Day, Selasa (3/10/2023), di Grand Hyatt Seoul.

"Indonesia dan Korea Selatan memiliki hubungan yang istimewa. Pada tahun 2023, kita menyaksikan bahwa kerja sama kedua negara di berbagai sektor semakin meningkat, termasuk di bidang kebudayaan. Kami yakin hal ini tidak lepas dari peran aktif oleh Kedutaan Besar RI di Seoul. Oleh karena itu, kami bangga menyampaikan penghargaan Special Ambassador Award kepada Duta Besar Gandi Sulistiyanto," ungkap Diana, seperti dikutip dari pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (4/10).

Sementara itu, merespons penghargaan yang diterimanya, Dubes Gandi mengatakan bahwa diplomasi seni dan budaya memainkan peran kunci dalam kemajuan hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Selama lima dekade, kemajuan tidak hanya dirasakan di bidang politik dan ekonomi, tetapi juga di bidang seni dan budaya. Sejalan dengan tema besar peringatan persahabatan Indonesia-Korea Selatan 'Closer Friendship and Stronger Partnership', penghargaan ini merupakan testimoni dari penguatan kerja sama people to people diplomacy bidang seni dan budaya," demikian ditekankan oleh Dubes Gandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diplomasi Seni dan Budaya Mainkan Peran Kunci

Sementara itu, merespons penghargaan yang diterimanya, Dubes Gandi mengatakan bahwa diplomasi seni dan budaya memainkan peran kunci dalam kemajuan hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Selama lima dekade, kemajuan tidak hanya dirasakan di bidang politik dan ekonomi, tetapi juga di bidang seni dan kebudayaan," ungkap Dubes Gandi.

"Sejalan dengan tema besar peringatan persahabatan Indonesia-Korea Selatan 'Closer Friendship and Stronger Partnership', penghargaan ini merupakan testimoni dari penguatan kerja sama people to people diplomacy bidang seni dan budaya."

3 dari 3 halaman

Promosi Pertukaran Budaya Korea Selatan dan Negara Sahabat

Dubes Gandi diwakili Minister Counsellor Ekonomi Kreatif dan Digital, Percepatan Start Up, dan Diplomasi Publik Joannes E. Tandjung dalam penyerahan sertifikat penghargaan tersebut.

Peringatan Korea Day sendiri diselenggarakan bertepatan dengan National Foundation Day of Korea (Gaecheonjeol) yang merupakan peringatan berdirinya Negara Korea pertama kalinya, Gojoseon, oleh Dangun, pendiri Negara Korea pada 2333 BCE.

Adapun World Cultural Association merupakan asosiasi yang kredibel dan fokus pada promosi pertukaran budaya antara Korea Selatan dengan negara-negara sahabat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini