Sukses

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao Tiba di Jakarta Hadiri KTT ke-43 ASEAN

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (4/9/2023) sekitar pukul 08.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (4/9/2023) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kedatangan PM Xanana Gusmao disambut oleh Pelaksana Jabatan Gubernur Banten Al Muktabar dan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta Kemendikbud Ristek Tatang Musttaqin.

Kedatangan Xanana Gusmao juga disambut dengan tarian tradisional dari tim kesenian yang bertugas menyambut petinggi negara-negara anggota ASEAN.

Rencananya, Xanana Gusmao juga akan menemui presiden Joko Widodo sebelum pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Setelah Xanana, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh juga tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (4/9) sekitar pukul 10.38 WIB.

Kedatangan Pham Minh Chinh di Jakarta menggunakan maskapai Vietnam Airlines tersebut untuk menghadiri ASEAN Summit pada 5-7 September 2023.

Dari pantauan siaran langsung di Media Center KTT ASEAN, Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menyambut kedatangan PM Pham Minh Chinh.

Upaya penyambutan kepala negara-negara ASEAN ini telah dipersiapkan oleh PT Angkasa Pura (AP) II yang turut menyukseskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta.

PT Angkasa Pura (AP) II ingin memastikan pergerakan tamu negara dan semua delegasi pertemuan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), lancar tanpa kendala. Begitu juga penerbangan regular akan berlangsung seperti biasa tanpa ada penutupan.

“AP II memastikan seluruh penerbangan reguler berjadwal tetap beroperasi, ada sekitar 960-980 penerbangan per harinya tapi tidak ada penutupan penerbangan menjelang maupun saat penyelenggaraan KTT ke-43," ungkap President Director AP II, Muhammad Awaluddin, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Minggu (3/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para Petinggi Negara Mulai datang 4 September 2023

KTT ke-43 ASEAN akan berlangsung mulai 5 hingga 7 September 2023, namun para delegasi dan tamu negara dijadwalkan akan mulai datang pada 4 September 2023.

Karena itulah, lanjut Awaluddin menjelang momen tersebut, AP II telah mempersiapkan pelayanan terbaik di Bandara Soekarno-Hatta untuk menyambut kedatangan para tamu negara, salah satunya dengan menggelar apel siaga.

Apel itu diikuti oleh personel Bandara Soekarno-Hatta, antara lain Customer Service, Digital Service, Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF), Terminal Inspection Service (TIS) dan tim Engineering.

“Tujuan dari apel itu sendiri adalah untuk memastikan kesiapan seluruh personel untuk menyambut KTT ke-43 ASEAN, karena Bandara Soekarno-Hatta menjadi pintu gerbang utama kedatangan tamu negara dan delegasi KTT ke-43 ASEAN,” jelasnya.

Muhammad Awaluddin menuturkan tugas pihaknya adalah memastikan kedatangan berjalan lancar, serta memberikan kesan pertama yang baik saat para tamu negara tiba di Indonesia.

"Saya meminta tiga aspek harus dipastikan yakni people (sumber daya manusia), process (prosedur) dan facilities (fasilitas). Koordinasi, kolaborasi dan sinergi harus ditingkatkan dengan seluruh stakeholder untuk memastikan keamanan, keselamatan dan pelayanan," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.