Sukses

Hasil Pertemuan Utusan Dagang Katherine Tai dan Zulkifli Hasan, RI-AS Sepakat Perkuat Perdagangan hingga Investasi

Perwakilan Dagang Amerika Serikat, Katherine Tai, dan Menteri Perdagangan Indonesia, Zulkifli Hasan, mengadakan pertemuan pada Senin, 21 Agustus 2023.

Liputan6.com, Semarang - Perwakilan Dagang Amerika Serikat, Katherine Tai, dan Menteri Perdagangan Indonesia, Zulkifli Hasan, mengadakan pertemuan pada Senin, 21 Agustus 2023, sebelum Konsultasi Menteri Ekonomi ASEAN dengan USTR atau Association of Southeast Asian Nations Economic Ministers’ (AEM)-USTR Consultations.

Melansir dari siaran pers Kedubes AS, Selasa (22/8/2023), dalam pertemuan ini, Dubes Tai mengapresiasi Indonesia sebagai tuan rumah ASEAN 2023 dan mencatat progres melalui Rencana Kerja dalam Pengaturan Kerangka Kerja Perdagangan dan Investasi AS-ASEAN.

Dalam diskusi, dibahas isu perdagangan, standar, ekonomi digital, dan pengembangan UMKM. Dubes Tai juga berterima kasih kepada Mendag Zulkifli atas partisipasi Indonesia dalam negosiasi Kerangka Kerja Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework/IPEF), dengan harapan bahwa momentum ini akan berlanjut di putaran negosiasi berikutnya di Thailand.

Pentingnya Perjanjian Kerangka Kerja Perdagangan dan Investasi AS-ASEAN US-Indonesia Trade and Investment Framework Agreement (TIFA), juga ditekankan, di mana Dubes Tai mencatat bahwa TIFA merupakan mekanisme penting untuk membahas masalah perdagangan bilateral.

Dalam konteks Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO), kedua menteri membahas prioritas bersama demi kemajuan rakyat, dan sepakat untuk menjalin kerja sama yang erat di masa mendatang.

Komitmen untuk memperkuat hubungan perdagangan AS-Indonesia tergambar dalam instruksi yang diberikan oleh Dubes Tai dan Mendag Zulkifli kepada tim mereka, agar terus bekerja dalam bidang-bidang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini