Sukses

Rusia Jadi Tuan Rumah Negosiasi Perdagangan Bebas Indonesia dan Eurasia Putaran Kedua

Negosiasi perdagangan bebas antara Indonesia dan Uni Ekonomi Eurasia digelar di Moskow.

Liputan6.com, Moskow - Indonesia bersama negara-negara Eurasia telah menyelesaikan negosiasi perdagangan bebas putaran kedua. Proses perundingan Indonesia-Eurasia Economic Union Free Trade Agreement (I-EAEU FTA) yang kedua ini digela secara hybrid di Moskow, Rusia. 

Negara-negara EAEU adalah Rusia, Belarusia, Kazakhstan, Kirgizstan, dan Armenia.

Berdasarkan laporan Kementerian Luar Negeri RI, Senin (31/7/2023), perundingan yang terdiri dari 11 isu runding tersebut ditargetkan untuk dapat diselesaikan pada tahun 2024, sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Menteri Perdagangan RI dan Menteri Perdagangan European Economic Commission (EEC) pada Desember 2022 lalu.

“Perundingan putaran kedua ini telah mencapai perkembangan-perkembangan yang progresif dan positif yang dapat mendukung pencapaian target penyelesaian perundingan pada 2024" ujar ketua negosiator RI, Johni Martha yang juga merupa​kan Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan RI.

Johni Martha juga tekankan bahwa percepatan penyelesaian perundingan I-EAEU FTA ini merupakan upaya peningkatan ekspor Indonesia ke pasar non-tradisional dan membuka akses pasar melalui perjanjian dagang.

Sebelumnya, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva pernah menjelaskan bahwa perjanjian perdagangan bebas bersama negara-negara EAEU memang harus dilakukan bersama-sama semua anggota, tak bisa terpisah.

Pihak EEC yang diwakili oleh Anton Tsetsinovskiy sebagai ketua negosiator menyambut baik kehadiran Delegasi Indonesia dan berharap perundingan perdagangan bebas dapat segera diselesaikan.

“Indonesia merupakan negara mitra dagang strategis EAEU dimana perdagangan kedua pihak terus mencatat pertumbuhan yang signifikan. Untuk itu, dengan adanya FTA ini, diharapkan angka tersebut bisa mencapai potensi optimal," tegas Anton Tsetsinovskiy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perundingan Berjalan Kondusif

Perundingan putaran pertama I-EAEU telah digelar di Jakarta pada 3-5 April 2023 yang berfokus pada pertukaran pandangan terkait kebijakan nasional dan mendalami posisi masing-masing negara atas isu runding secara umum.

Pada perundingan putaran dua ini, edua pihak sepakat bahwa perundingan kali ini berjalan dengan sangat kondusif dan telah membawa banyak kemajuan-kemajuan dalam sebagian besar chapter dalam perjanjian dagang I-EAEU.

EAEU merupakan blok ekonomi yang terdiri dari 5 negara, yaitu Rusia, Kirgizstan, Kazakstan, Armenia dan Belarus. Berdasarkan data BPS, pada 2022 total perdagangan Indonesia-EAEU mencapai USD 4,35 miliar atau tumbuh 30,66% (yoy). Ekspor Indonesia tercatat diangka USD 1,5 miliar sedangkan impor USD 2,85 miliar.

Komoditas ekspor andalan Indonesia ke EAEU pada 2022 adalah minyak sawit, kopra, perangkat televisi, bagian mesin, karet alam, dan kopi. Sedangkan untuk komoditas impor utama Indonesia dari EAEU antara lain adalah pupuk, produk setengah jadi besi baja bukan paduan, batu bara, dan paduan fero.

Indonesia akan menjadi tuan rumah pada perundingan putaran ketiga I-EAEU FTA pada akhir November 2023 dan akan melanjutkan pembahasan isu-isu yang masih pending di putaran kedua ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.