Sukses

Kunci Mobil Nyangkut di Tenggorokan, Pria Arab Saudi Ini Nyaris Mati Kehabisan Udara

Seorang pria Saudi harus menjalani operasi laparoskopi untuk membersihkan saluran napasnya setelah secara tidak sengaja menelan kunci mobilnya saat bermain dengannya.

Liputan6.com, Al Qunfudhah - Seorang pria Saudi harus menjalani operasi laparoskopi untuk membersihkan saluran napasnya setelah secara tidak sengaja menelan kunci mobilnya.

Bagaimana pria berusia 49 tahun itu bisa menelan kunci mobilnya masih belum jelas, tetapi sebagian besar sumber berita di Timur Tengah menyatakan bahwa dia 'bermain' dengan kunci tersebut, dilansir dari Oddity Central, Sabtu (22/7/2023).

Namun, hal itu tidak benar-benar menjelaskan bagaimana bisa dia bermain dengan kunci mobil dan akhirnya menelannya. 

Yang penting adalah pengemudi ini tidak tersedak hingga mati dan bahkan berhasil mendapatkan kembali kuncinya.

Menurut Gulf News, pria berusia 49 tahun itu masuk ke unit gawat darurat rumah sakit, di mana staf kemudian menyadari dia kesulitan bernapas.

Pemeriksaan sinar-X menunjukkan ada kunci mobil di dalam saluran pernapasannya, dan pasien itu mengatakan kepada dokter bahwa dia secara tidak sengaja menelannya saat bermain-main dengan kunci tersebut. 

Diputuskan bahwa tindakan endoskopi untuk mengeluarkan kunci dan membersihkan saluran pernapasan adalah tindakan terbaik, tetapi prosedur tersebut menjadi lebih rumit karena pria tersebut memiliki masalah jantung.

Untungnya, operasi laparoskopi berhasil, dan kunci mobil berhasil dikeluarkan. 

Pasien tersebut dirawat di rumah sakit selama beberapa hari untuk memastikan tidak ada komplikasi, tetapi kemungkinan besar dia sudah keluar dari rumah sakit sekarang, mungkin menyetir mobilnya sendiri.

Tim medis di sebuah rumah sakit di wilayah pesisir Al Qunfudhah, Arab Saudi, mendapat pujian karena menyelamatkan nyawa seorang pria dengan mengeluarkan kunci mobil dari saluran pernapasannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Menyangka Headset Yang Tertelan Masih Berfungsi

Masih soal tertelan benda yang tak biasa, pria di Taiwan ini tak pernah menyangka jika headset dari produk iPhone yang pernah tertelan olehnya selama beberapa waktu masih berfungsi seperti sedia kala.

Dikutip dari laman Daily Mail, Rabu (2/5/2019), mulanya, pria bernama Ben Hsu ketiduran dengan sepasang Airpod (headset) yang menempel pada telinganya.

Namun, saat bangun tidur, ia tak menemukan headset tersebut. Karena penasaran, pria ini lantas menggunakan perangkat iPhone tracking guna mencari keberadaan benda itu.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa benda itu ada di dalam tubuhnya. "Saya memeriksa bawah selimut saya dan melihat sekeliling tapi tidak bisa menemukannya," katanya.

"Kemudian saya menyadari suara itu berasal dari perut saya," imbuhnya.

Ben sangat kaget. Sebab, ia mengaku tidak merasakan hal aneh dalam tubuhnya. Setelah tahu benda itu ada di dalam perut, ia langsung datang ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

Benar saja, dokter di rumah sakit Kaohsiung Municipal United, Taiwan menyatakan bahwa benda itu ada di dalam perutnya.

Tetapi dokter di Taiwan menekankan jika benda itu sudah nyaris melewati proses pencernaan, tinggal menunggu dikeluarkan bersama kotorannya.

Pada keesokan harinya, Ben dapat bernapas lega karena AirPodnya keluar melalui feses ketika dia berada di toilet stasiun kereta.

Setelah mencuci AirPod dan membiarkannya kering, dia begitu kagum karena perangkat itu masih berfungsi.

3 dari 4 halaman

Sendok Bersarang 1 Tahun di Tubuh Pria Ini

Tak hanya beberapa hari saja, benda asing bahkan bersarang satu tahun di tubuh seorang pria di China yang merasa sakit pada bagian tenggorokannya selama 1 tahun. Rupanya, saat diperiksa oleh dokter, ada benda asing yang menyangkut.

Dikutip dari laman ABC.com, Jumat (2/11/2018), ketika diperiksa dokter, ternyata ada sendok yang tertelan oleh pria itu, dan menyangkut di bagian tenggorokan.

Dalam pengakuannya, pria dengan usia sekitar 20 tahunan itu, telah menelan sendok pada tahun lalu. Pria bernama Zhang itu, terpaksa menelan sendok karena kalah taruhan dengan temannya.

Bukannya keluar lewat saluran pembuangan, sendok itu malah menyangkut di tenggorokan dan memberi rasa tidak nyaman selama setahun belakangan.

Karena tak kuat menahan rasa nyeri di leher, ia memutuskan untuk melakukan perawatan ke rumah sakit dan mengangkat sendok tersebut.

"Saya sangat terkejut. Saya belum pernah menangani pasien seperti ini," kata dokter spesialis Yu Xiwu.

Dokter tersebut juga mengatakan, sendok mengancam hidup Zhang sehingga dokter harus mengambilnya dengan melakukan bius total.

Saat operasi, dokter membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk melakukan proses pengangkatan sendok. Kondisi sendok yang berlendir dikatakan oleh dokter dapat mengancam keselamatan Zhang, karena bisa menyebabkan infeksi, bahkan kematian.

4 dari 4 halaman

Sendok Tertelan Karena Makan Terburu-buru

Kisah sendok tertelan lainnya juga pernah dialami Wang, wanita asal China yang tak sengaja menelan sendok karena makan mie dengan terburu-buru.

Dilansir dari Daily Mail, Minggu (30/8/2015), Rumah Sakit Yangzhou Subei di China kedatangan seorang pasien wanita berusia 27. Si pasien mengeluhkan ada sendok yang bersarang di dalam perutnya.

Wang, mengaku tak sengaja menelan sendok saat meneguk mie dari mangkuk. Dokter awalnya tidak percaya dengan apa yang diungkapkan Wang. Namun, dia akhirnya melakukan pemindaian ke perut wanita tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan dengan sinar X, benar saja, terlihat sendok itu dengan panjang 15 cm. Sendok itu terletak pada sudut 30 derajat di dalam perutnya dan dapat masuk ke bagian usus kapan saja.

Jika hal itu terjadi, sendok akan melukai dinding usus dan menyebabkan luka dalam yang dapat menyebabkan kematian.

Dokter akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan sendok itu, seperti bagaimana dia masuk, yakni melalui mulut.

Awalnya, bentuk sendok yang bulat serta perut yang berisi makanan, membuat dokter kesulitan untuk mengeluarkan sendok itu. Namun selang waktu 2 jam para dokter akhirnya berhasil mengeluarkan benda berbahan besi itu.

Kisah seperti ini bukan hanya terjadi kali ini saja. Sebelumnya ada seorang siswa yang menelan sendok es krim dan wanita yang menelan spatula. Ada-ada saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini