Sukses

Tips Perkenalan Bahasa Inggris yang Efektif dan Tidak Cringe

Perkenalan dengan Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Pelajaran Bahasa Inggris sedang disorot dalam beberapa hari terakhir karena tes BUMN pada 2023 disebut sangat sulit. Netizen lantas protes di media sosial karena tak bisa melewati passing grade. 

Bahasa Inggris masih merupakan bahasa asing yang saat ini masih populer, terutama jika ingin bekerja di luar negeri, studi di negeri orang, atau bekerja di perusahaan asing. 

Tingginya demand untuk berbahasa Inggris juga membuat tes Bahasa Inggris pun bisa lebih mahal dari tes bahasa-bahasa lainnya.

Agar tidak kaku, pembelajar bahasa asing bisa memulai dari memperkenalkan diri (introduction). Berikut tips-tips berkenalan dalam bahasa Inggris ketika berbicara: 

1. Perkenalan Bahasa Inggris Biasa (Kasual)

Jika berkenalan di sekolah atau di acara yang kasual, tidak perlu menggunakan Bahasa Inggris yang terlalu sophisticated agar tidak terkesan dibuat-buat.

Cukup gunakan kata-kata sederhana seperti: 

  • Hello, my name is Elsa. 
  • I am Maria. Nice to meet you. 
  • I'm Sonya. How are you?

Pada konteks ini tidak perlu hi guys what's up atau allow me to introduce myself.

Apabila ditanya "how are you?" bisa dijawab dengan: 

  • "I'm doing well, thank you. 
  • "I'm great, thank you."
  • "I'm good, thanks for asking."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Perkenalan Bahasa Inggris Semi-Formal

Kenalan semi-formal bisa dilakukan seperti berkenalan di depan kelas, membuka presentasi, atau saat meeting dengan rekan kerja baru, namun situasinya santai karena bersama teman atau kolega sebaya. 

Cara berkenalannya tetap kasual, namun tambahkan pula konteks seperti domisili atau pekerjaan agar lebih formal. Contohnya: 

  • Hello everyone. My name is Queen Hinata. I am from Hyuuga Family. And I am a member of Team 8. Nice to meet you.
  • Hello, my name is Kevan and I'm the leader of this group. Nice to meet you guys.
  • Good afternoon everyone. My name is Retno and I work at the Ministry of Foreign Affairs. It's a pleasure to meet you all.

3. Perkenalan Bahasa Inggris Formal

Kenalan formal ini bisa digunakan saat sedang wawancara kerja, beasiswa, atau berkenalan dengan pimpinan yang levelnya jauh lebih senior. 

Pada tahap formal ini sebetulnya mirip dengan cara perkenalan semi-formal, namun pastikan kalimatnya tertata dan hindari memakai bahasa gaul. 

Boleh berikan "pemanis" dalam perkenalan, tetapi secukupnya saja agar tidak terlalu dibuat-buat. Jangan lupa berikan konteks yang sesuai dengan kebutuhan perkenalan, serta jangan lupa juga ucapkan terima kasih.

  • Hello. First of all, thank you very much for inviting me today. It is a great honor to be here. My name is Rahmi and I work at the national bank in Jakarta. I have working as a banker for 10 years since 2013, and I hope I can improve myself as an awardee of this scholarship. Thank you.
  • Good afternoon, Sir, Madam. My name is Catherine. I am a student at the Rotterdam University, currently studying law. I have been working as a lawyer for two years now. I am based in Jakarta and I usually deal with fraud cases and trade laws. Thank you.
  • Thank you very much for the opportunity. My name is Arief and I have been working as a scientist for 10 years now. I graduated from Bogor Institute of Agriculture, majoring in chemistry. And I'm looking forward to positively contribute to this dialogue. Once again, thank you.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.