Sukses

AS Dakwa Pemimpin Think Tank Gal Luft Bertindak Sebagai Agen China

Gal Luft tidak hanya didakwa sebagai agen China yang tidak terdaftar, namun juga berusaha menjadi perantara penjualan senjata China dan minyak Iran.

Liputan6.com, Washington - Pemimpin think tank Amerika Serikat (AS) didakwa bertindak sebagai agen China yang tidak terdaftar, serta berusaha menjadi perantara penjualan senjata dan minyak Iran. Dakwaan tersebut diungkapkan jaksa federal di Manhattan.

Gal Luft (57), seorang warga negara AS dan Israel, dituduh merekrut dan membayar mantan pejabat tinggi pemerintah AS atas nama pihak yang berbasis di China pada tahun 2016, tanpa mendaftar sebagai agen asing sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang. Demikian seperti dilansir The Guardian, Rabu (12/7/2023).

Jaksa tidak mengidentifikasi mantan pejabat AS yang dimaksud, namun mengatakan bahwa dia bekerja sebagai penasihat presiden terpilih Donald Trump pada saat itu. Luft dituduh mendorong penasihat tersebut untuk mendukung kebijakan yang menguntungkan China, termasuk dengan membuat artikel atas namanya untuk diterbitkan di sebuah surat kabar China.

Sebuah akun Twitter atas nama Luft, dengan lebih dari 15.000 pengikut, men-twit pada 18 Februari bahwa dia telah ditangkap di Siprus atas permintaan ekstradisi bermotivasi politik oleh AS.

"Saya tidak pernah menjadi pedagang senjata," twit Luft.

Jaksa penuntut menjelaskan bahwa Luft ditangkap pada Februari di Siprus atas tuduhan yang diajukan AS, namun dia melarikan diri setelah dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu ekstradisi. Dia tidak dalam tahanan AS saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dituduh Jadi Perantara Penjualan Senjata hingga Minyak Iran

Luft adalah co-direktur Institute for the Analysis of Global Security, yang menggambarkan dirinya sebagai think tank yang berbasis di Washington DC dan fokus pada tren energi, keamanan, dan ekonomi.

Pihak Analysis of Global Security belum berkomentar terkait kabar ini.

Jaksa menuduh Luft menjadi perantara kesepakatan bagi perusahaan China untuk menjual senjata ke sejumlah negara termasuk Libya, Uni Emirat Arab, dan Kenya, meskipun tidak memiliki lisensi untuk melakukannya seperti yang diwajibkan oleh undang-undang AS.

Dia juga dituduh mengatur pertemuan antara pejabat Iran dan perusahaan energi China untuk membahas kesepakatan minyak, meskipun ada sanksi AS terhadap negara Timur Tengah itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.