Sukses

4 Potret Fesyen Akshata Murty Saat KTT G7, Istri Perdana Menteri Inggris yang Kekayaannya Melebihi Ratu Elizabeth

Akshata Murty telah melakukan debut global yang elegan di KTT G7 saat dia memimpin mitra perdana menteri untuk serangkaian kegiatan. Berikut ini lima potret gaya fesyen dari Akshata Murty dan kisah kekayaannya.

Liputan6.com, Hiroshima - Akshata Murty, istri Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, telah membuat penampakan yang mencolok saat turun dari pesawat dalam perjalanan politik luar negeri pertamanya.

Baru-baru ini, pasangan suami istri tersebut menghadiri KTT G7 yang diselenggarakan di Hiroshima, Jepang.

Di Instagram, dia menggambarkan kunjungan ke Jepang sebagai "penuh dan padat", tetapi mengatakan dia "sangat bangga" menjadi bagian dari delegasi G7 Inggris.

Semenjak suaminya menjadi perdana menteri Inggris pada tahun 2022, Nyonya Murty menjadi profil yang lebih terlihat di mata publik.

Kehidupan pribadi dan kekayaan dari Akshata Murty terus menjadi sorotan dan sempat menjadi topik diskusi media Inggris dalam konteks pembayaran pajak dan klaimnya atas status tidak berdomisili, pengaturan yang dianggap menguntungkan "orang super kaya".

Dirangkum dari berbagai sumber, kekayaan gabungan pasangan itu tercatat sebesar £730 juta (sekitar 13 triliun rupiah) menurut Sunday Times Rich List. Ini membuatnya lebih kaya dari Ratu Elizabeth II, yang kekayaan pribadinya sekitar £350 juta (sekitar 6 triliun rupiah).

Meskipun kaya secara pribadi, Murty telah memilih berbagai pakaian desainer dan merek papan atas.

1. Delegasi G7

Akshata Murty dan suaminya Rishi Sunak, pertama kali tiba di Jepang pekan lalu. (Sumber: AFP)

Seperti yang terlihat digunakan Murty saat kedatangan pertamanya di KTT G7 Jepang pekan lalu. Pakaiannya menunjukkan sebuah contoh tepat dari 'pakaian dopamin' - berpakaian untuk mengangkat suasana hati - jumper Chinti & Parker merah jambu cerah dan celana Me+Em hijau zamrud yang tampak optimis. 

Warna bajunya tidak diragukan lagi dipilih dengan hati-hati untuk 'faktor perasaan senang' yang sangat penting untuk disampaikan oleh setiap Ibu Negara ketika suaminya berharap mendapatkan miliaran pound sterling investasi Jepang untuk Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kunjungan Peace Memorial Park Jepang

Saat konferensi G7 dimulai pekan lalu, istri dari Rishi Sunak tampil memukau dengan gaun berwarna krem. Dia mengenakan turtleneck £350 (sekitar 6 juta rupiah) dari Joseph dan rok Sezane £150 (sekitar 2 juta rupiah).

Murty mengenakan gaun tersebut saat ia bergabung dengan sejumlah ibu negara lainnya di Peace Memorial Park, yang memperingati 135.000 warga sipil yang tewas akibat ledakan nuklir tahun 1945.

Ibu Negara Jepang Yuko Kishida juga terlihat hadir, membungkuk di cenotaph untuk menandai tragedi tersebut.

Tapi tampaknya ada momen kesembronoan saat para mitra tersenyum ketika berjalan kembali dari taman. 

Dilihat dari pakaian-pakaiannya, Murty dirumorkan bekerja sama dengan stylist mantan Ibu Negara Inggris, Samantha Cameron.

3 dari 4 halaman

3 dan 4. Konferensi di Hiroshima

Setelah melewati Tokyo, Murty mendarat di Hiroshima dengan gaun midi Joseph seharga £675 (sekitar 12 juta rupiah) berwarna hijau dan payung Union Jack.

Kemudian hari pertama konferensi, dia memilih gaun bermotif bunga merah muda seharga £295 (sekitar 5 juta rupiah) dari ME+EM dengan blazer dan heels hitam.

Istri perdana menteri Inggris itu kemudian terlihat mengobrol dengan mitra pemimpin lainnya.

Diduga langkah Murty menuju lebih banyak opsi kelas menengah datang dalam upaya untuk lebih disukai para pemilih.

4 dari 4 halaman

Kisah Akshata Murty

Akshata Murty menghabiskan sebagian besar hidupnya di AS dan India, tempat ayahnya mendirikan salah satu perusahaan terbesar di negara itu.

Ayahnya mendirikan perusahaan raksasa teknologi, Infosys, pada tahun 1981, dan membantu mendorong India menuju transfromasi yang luar biasa.

Murty sendiri memegang sebagian saham dari perusahaan itu yang bernilai sekitar £700 juta (sekitar 12 triliun) pada April 2022.

Ibu dari Murty merupakan insinyur wanita pertama yang bekerja untuk TATA Engineering and Locomotive Company, pembuat mobil terbesar di India, yang kemudian menjadi seorang dermawan.

Sementara itu, hubungan Murty dengan Rishi Sunak dimulai di kampus universitas dekat San Francisco.

Pada tahun 2009, mereka menikah dalam sebuah upacara di kota asal mempelai wanita di Bangalore, kemudian mengadakan pesta pernikahan di New York.

Bertahun-tahun setelah lulus, mereka tinggal di Santa Monica, California, di mana mereka masih memiliki apartemen penthouse. Selama dua tahun, dia bekerja untuk perusahaan modal ventura Tendris, tetapi berhenti pada tahun 2009 untuk memulai label fesyen bernama Akshata Designs.

Sekitar waktu ini, Murty dan Sunak mendirikan cabang yang berbasis di London dari dana investasi keluarganya, Catamaran Ventures.

Dalam dua tahun, Sunak terpilih sebagai anggota parlemen untuk Richmond di North Yorkshire, setelah mengalihkan saham perusahaannya kepada istrinya beberapa minggu sebelum pemungutan suara pada Mei 2015.

Pasangan itu memiliki setidaknya empat properti, termasuk rumah lima kamar tidur seharga 7 juta pound (sekitar 129 miliar rupiah) di Kensington, London, dan sebuah flat di Santa Monica, California.

Pada tahun 2022, mereka muncul di Sunday Times Rich List dengan perkiraan kekayaan £730 juta (sekitar 13 triliun rupiah).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini