Sukses

Indonesia Raih 70 Medali Emas di SEA Games 2023, Kemenpora: Sudah Lampaui Target

Indonesia sudah meraih 70 medali emas dalam SEA Games 2023, dan perolehan ini sudah melewati target yang ditetapkan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sudah meraih 70 medali emas dalam SEA Games 2023, dan perolehan ini sudah melewati target yang ditetapkan pemerintah.

Meski begitu, Indonesia berpotensi mendapat lebih banyak emas dari cabang yang belum dipertandingkan, Badminton misalnya.

"Lampaui target, Hari ini, Indonesia telah berhasil meraih 70 emas, sekaligus melewati capaian pada SEA Games Vietnam 2021 dengan raihan 69 emas," tulis akun @kemenpora_ri, Minggu (14/5/2023).

Sejak artikel ini tayang, hari ini (15/5) Indonesia kembali meraih dua emas tambahan dari cabang Sepaktakraw (emas ke-71) yang diraih oleh Saiful Rijal, Rusdi dan Muhammad Hardiansyah Muliang.

Selanjutnya, emas ke-72 diraih oleh Tsabitha Alfiah Ramadani dari cabang olahraga Weighlifting yang berhasil mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di nomor Women's 64kg.

Berkat capaian ini, Indonesia untuk sementara sudah berada di posisi ketiga di bawah Vietnam dan Thailand. Indonesia kini sukses menyalip posisi tuan rumah Kamboja yang sejak awal SEA Games 2023 selalu berada di atas Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SEA Games 2023: Badminton Indonesia Loloskan 9 Wakil ke Partai Semi Final

Sementara itu, Badminton Indonesia hari ini akan kembali berlaga. Ada sembilan wakil yang sukses tembus ke partai Semi Final. Semua sektor sukses masuk ke babak tersebut.

Berikut 9 wakil Indonesia di Semi Final Badminton SEA Games 2023 hari ini:

  • Rehan Naufal Kusharjanto - Lisa Ayu Kusumawati (Ganda Campuran
  • Ester Nurumi Tri Wardoyo (Tunggal Putri)
  • Komang Ayu Cahya Dewi (Tunggal Putri)
  • Chico Aura Dwi Wardoyo (Tunggal Putra)
  • Febriana Dwipuji Kusuma - Amalia Cahaya Pratiwi (Ganda Putri)
  • Meilysa Trias Puspitasari - Laksika Kanlaha Phataimas Muenwong (Ganda Putri)
  • Pramudya Kusumawardana - Yeremia E.Y Rambita (Ganda Putra)
  • Chistian Adinata (Tunggal Putra)
  • Muhammad Shohibul Fikri - Bagas Maulana (Ganda Putra)

Atlet Merah Putih kini berharap bisa menciptakan all-Indonesian final. Pasalnya, wakil di tunggal putra, ganda putra, dan ganda putri merupakan unggulan satu dan dua. 

Ganda campuran Indonesia juga berstatus favorit utama. Sedangkan meski bukan berstatus unggulan, atlet di tunggal putri bertekad mempersembahkan medali usai kekecewaan pada nomor beregu Badminton.

"Saya mau semangat meraih medali di sini," kata Komang Ayu Cahya Dewi.

3 dari 3 halaman

Tim Putra Rebut Emas SEA Games 2023

Pada nomor beregu yang digelar sebelumnya, tim putra Indonesia sukses meraih emas usai menaklukkan Malaysia 1-3. Sedangkan tim putri harus puas dengan perak setelah dibungkam Thailand 0-3.

Hasil ini membuat Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan menduduki takhta yang sempat hilang direbut Thailand, setelah sebelumnya dalam laju enam kali juara beruntun.

Indonesia juga ingin mempertegas dominasi pada nomor ini di SEA Games. Merah Putih tercatat sudah merebut 18 emas, terbanyak di antara negara lain.

Sementara di tim putri, kekalahan dari Thailand merupakan ulangan final tiga edisi terakhir regu putri bulu tangkis SEA Games. Dalam tiap kesempatan Merah Putih harus mengakui keunggulan Negeri Gajah.

Penantian panjang Indonesia terhadap emas dari regu putri SEA Games pun terus berlanjut. Terakhir kali Indonesia menguasai nomor ini pada 2007. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.