Sukses

8 Kalung Berlian Ini Konon Termahal di Dunia, Harganya Rp87 Miliar hingga Rp3 Triliun

Salah satu kalung termahal di dunia bernilai $200 juta (Rp3 triliun) ini dirancang oleh master perhiasan China Wallace Chan. Berikut ini daftar kalung-kalung mahal nan indah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kalung termahal di dunia bernilai USD 200 juta (Rp3 triliun), dirancang oleh master perhiasan China Wallace Chan.

"A Heritage in Bloom" namanya, bertakhtakan 383,4 karat batu mulia beraksen dari berlian tak berwarna.

Selain itu, berikut ini daftar lengkap delapan kalung yang konon termahal di dunia versi financesonline.com, yang dikutip pada Senin (3/7/2023): 

1. Kalung Berlian A Heritage in Bloom $200 juta, Setara Rp3 triliun

Pengrajin perhiasan dari China, Wallace Chan telah merancang mahakarya perhiasan yang diberinama "A Heritage in Bloom" yang diperkirakan bernilai Rp3 triliun dan konon menjadikannya kalung termahal di dunia. 

Kalung ini terdiri dari batu mulia 383,4 karat dengan berlian utama tidak berwarna nan mempesona bernilai $35 juta (Rp526 juta).

Selain itu, kalung ini menampilkan 72 giok jenis mutton fat jades, 114 giok icy green jadeites, 600 berlian merah muda, dan 19 berlian tak berwarna lainnya. Semua batu berharga ini menjadikan bobot kalung menjadi setengah pon atau sekitar 226 gram.

"A Heritage in Bloom" dirancang dengan berlian tanpa cela yang diukir dari Cullinan Heritage, berlian Tipe IIA 507,55 karat yang sangat langka. Tipe IIA menjamin berlian bebas dari kotoran. Dengan figur hiasan kupu-kupu simbol cinta dan kelelawar simbol keberuntungan.

Pengrajin bekerja selama lebih dari 47.000 jam untuk membuat mahakarya ini.

Fakta yang menarik adalah kalung tersebut memiliki desain modular yang dapat dikenakan dalam 27 cara. Ini menyoroti komposisi yang sangat indah dan desain canggih dari magnum opus Wallace Chan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kalung Berlian “Incomparable” $55 Juta, Setara Rp827 Miliar

Kalung "Incomparable" berharga $55 juta (Rp827 Miliar) terutama karena batu liontinnya yang berharga, berlian kuning kecoklatan tanpa cela 407,48 karat. Batu ini dijadikan rose gold bersanding dengan 91 berlian putih.

Secara keseluruhan kalung cantik ini 637 karat.

Secara estetis, "Incomparable" menyerupai sulur karena batu utama menggantung dari batangnya. Kalung ini sangat berharga karena desainnya yang eksotis asimetris dan tidak beraturan, serta kisah menarik di baliknya.

Legenda mengatakan bahwa batu permatanya ditemukan oleh seorang gadis miskin beberapa dekade yang lalu di Kongo, Afrika.

Permata langka dan berharga ini menjadi daya tarik utama di museum populer termasuk Smithsonian, sebelum dipotong dan ditempatkan di kalung oleh pembuat perhiasan mewah Mouawad. Permata 637 karat ini dianggap sebagai berlian tanpa cacat internal terbesar di dunia.

3. Kalung "Heart of the Ocean" $20 Juta, Setara Rp300 Miliar

Dalam film blockbuster "Titanic", Rose yang diperankan oleh Kate Winslet mengenakan kalung ini saat Jack yang diperankan oleh Leonardo di Caprio menggambar sketsa yang tidak berbusana di kapal nahas itu.

Magnum opus ini menampilkan berlian biru berbentuk hati sebagai liontin yang dikelilingi oleh berlian putih. Batu yang tak ternilai itu tergantung dari untaian berlian putih. Film "Titanic" menciptakan minat besar pada pembuat perhiasan terkenal untuk membuat edisi "Heart of the Ocean" mereka sendiri.

Asprey dan Garrard menjual karya mereka seharga $2,2 juta (Rp33 miliar), sementara versi superior Harry Winston meraup $20 juta (Rp300 miliar). 

Edisi lebih murah dari kalung terkenal ini dibuat dari kristal Swarovski Austria dan dijual seharga $20 hingga $80 (Rp300 sampai Rp1,2 juta).

Selain itu, J. Peterman membuat replika dari film resmi yang sangat mirip dengan kalung yang digunakan dalam film tersebut. Replika ini telah menjadi item kolektor yang banyak dicari dan satu bagian bahkan dapat mencapai hingga $5.000 (Rp75 juta).

3 dari 4 halaman

4. Kalung “Heart of the Kingdom” $14 juta, Setara 201 Miliar

Sebuah kreasi dari pembuat perhiasan terkenal Garrard and Company nan cantik ini menampilkan 155 karat berlian putih berbentuk buah pir dan bulat yang ditempatkan di sebuah untaian melingkar.

Batu-batu berharga ini mengelilingi salah satu rubi Burma terbesar di dunia yang terletak di tengah-tengahnya. Batu rubi berbentuk hati ini 40,63 karat. Daya tariknya meningkat akibat rona merah darah merpati yang mempesonal.

Selain itu, kalung ini fleksibel, karenanya bisa juga dipakai sebagai tiara.

"Heart of the Kingdom" menampilkan total 150 berlian. Sebuah laboratorium Swiss telah menyatakan bahwa permata ruby mempesona ini sangat langka dan sangat otentik. Maka Tak heran dibanderol dengan harga mencapai $14 juta (Rp210 miliar).

5. Leviev's Vivid Yellow Diamond Pendant, $10 Juta Setara Rp150 Miliar

Pedagang berlian Israel, Lev Leviev, menjual mahakarya ini dengan harga $10 juta (Rp150 miliar). Alasan mahalnya harga kalung ini karena menampilkan berlian kuning nan cerah 77,12 karat yang disempurnakan dengan untaian berlian putih.

Leviev menemukan permata berharga ini di salah satu tambangnya dan telah tercatat sebagai salah satu berlian dengan potongan asscher cut terbesar di dunia.

Peringkat tertinggi untuk batu permata berwarna adalah "fancy vivid" dan karya Leviev ini tentu memenuhi syarat dalam kategori ini.

Leviev sebenarnya mengendalikan kelompok tambang berlian terbesar ketiga di dunia. Harganya bisa naik mengingat perhatian besar dari di seluruh dunia atas keindahan karya tersebut. 

6. Kalung Christie’s Diamond, $8,14 Juta, Setara Rp122 Miliar

Kalung ini dijual seharga $8,14 juta (Rp122 miliar) di lelang Christie pada November 2013 dan rekor total $111,3 juta (Rp1,6 triliun) dikumpulkan pada acara ini.

Alasan untuk harga tinggi karya itu adalah fitur 52 berlian bulat dengan total 104,84 karat. Selain itu, rumah lelang Christie juga menjamin bahwa setiap permata memiliki kejernihan dan kualitas tertinggi. Selain itu berlian ini juga konon memberikan pesona tak tertandingi oleh kalung lainnya.

4 dari 4 halaman

7. Kalung Etcetera’s Burmese Ruby, $6,4 Juta, Setara Rp96 Miliar

Kalung Etcetera Burma Ruby dinilai sebagai kalung berbahan dasar rubi termahal dalam sejarah karena terjual seharga $6,4 juta (Rp96 Miliar) pada lelang Christie di Hong Kong November 2013.

Karya menakjubkan ini menyerupai kerah renda dan menampung total 87,78 karat berlian pir oval dan putih serta permata ruby Burma. Setiap ruby terkait dengan untaian berlian dan enam berlian berbentuk buah pir digantung di tepi untuk menciptakan efek menjuntai.

Burma, sekarang dikenal sebagai Myanmar, adalah sumber utama rubi atau ruby, tetapi AS telah menjegal negara tersebut karena masalah hak asasi manusia di negara tersebut.

Selain itu, pemerintahan saat itu yang dipimpin Obama, mengkhawatirkan pelanggaran hak asasi manusia dan tenaga kerja di sektor permata Myanmar. Larangan itu mungkin telah meningkatkan nilai kalung Etcetera dan menaikkan harganya menjadi $6,4 juta (Rp96 Miliar).

8. Kalung The "Mrs. Winston", $5,8 Juta, Setara Rp87 Miliar

Jessica Alba yang elegan pernah terlihat mengenakan karya indah ini dalam acara Golden Globes Awards 2013.

Kalung Mrs. Winston adalah kalung berlian bertingkat yang terdiri dari total 187,5 karat berlian putih berkualitas tinggi yang sebagian besar berbentuk pir.

Permata berharga ini diuntai dari untaian berlian ke arah tengah. Tiga berlian besar ditempatkan di bagian bawah untuk menambah bobot pada kalung dan menonjolkan efek tampilan perhiasan yang meruncing.

Kalung "Mrs Winston" menggunakan total 207 berlian yang dirangkai dengan gaya dari tahun 1950-an. Kalung v-line klasik ini secara elegan melengkapi gaun menarik Jessica Alba di upacara penghargaan Golden Globes Awards 2013.

Perhiasan indah itu bernilai $5,8 juta (Rp87 miliar) karena semua berlian merupakan jenis platinum dengan kualitas warna D, E, atau F, yang dijamin kualitasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini