Sukses

Pria di Peru Bawa Mumi Usia 800 Tahun Kemana-mana, Akui Sebagai Pacar Spiritualnya

Julio mengasumsikan bahwa mumi yang dibawanya adalah perempuan, padahal menurut polisi itu laki-laki.

Liputan6.com, Lima - Polisi di Peru membuat penemuan yang mengejutkan ketika mereka menggeledah seorang kurir di sebuah situs arkeologi di Puno, yang menarik perhatian karena mabuk.

Di dalam tas pendinginnya ada mumi kuno.

Pria bernama Julio Caesar Bermejo itu mengaku bahwa mumi itu "semacam pacar spiritual"-nya.

Julio memasukkan mumi itu ke dalam tas berpendingin untuk dipamerkan kepada teman-temannya.

Dia menjelaskan bahwa dia menyimpan "Juanita" -panggilan mumi itu- di dalam sebuah kotak di kamarnya, di samping TV. Julio mengaku mumi tersebut merupakan milik ayahnya tanpa merinci bagaimana itu terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berusia 600 - 800 Tahun

Para ahli mengungkapkan bahwa mumi itu berusia antara 600-800 tahun dan itu adalah pria dewasa dan bukan wanita, seperti yang diasumsikan oleh Julio.

Laki-laki yang dimumikan diperkirakan berusia lebih dari 45 tahun pada saat kematiannya dan tingginya 151cm.

Mumi itu dibungkus perban dalam posisi janin yang merupakan ciri khas dari banyak penguburan pra-Hispanik di daerah tersebut.

Mumifikasi dipraktikkan oleh berbagai budaya di tempat yang sekarang disebut Peru sebelum kedatangan penjajah Spanyol. Beberapa mumi dimakamkan, sementara sejumlah lainnya dibawa keluar dan diarak selama festival utama.

Polisi telah menyita mumi yang dibawa Julio dan menyerahkannya ke Kementerian Kebudayaan Peru, yang menjaga warisan negara tersebut.

Sementara itu, Julio dan dua temannya, yang berusia antara 23 dan 26 tahun, ditahan dan sedang diselidiki atas kemungkinan kejahatan terhadap warisan budaya Peru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.