Sukses

10 Rekomendasi Pameran Seni London 2023, Ada yang Tuai Kontroversi

Tahun 2023 bahkan disebut-sebut akan menjadi tahun pameran luar biasa di London. Dari lukisan klasik hingga instalasi modern, perintis feminis hingga pemula politik, semuanya ada di pameran seni kota itu.

Liputan6.com, London - Setiap tahun adalah tahun yang baik untuk seni di Kota London, Inggris. Hal itu berkat sejumlah besar museum, galeri, dan institusi seni kelas dunia pada wilayah tersebut.

Tahun 2023 bahkan disebut-sebut akan menjadi tahun pameran luar biasa di London. Dari lukisan klasik hingga instalasi modern, perintis feminis hingga pemula politik, semuanya ada di pameran seni kota itu.

Pameran di London sudah mulai digelar pada awal tahun ini, dan sejumlah pameran seni mulai ditampilkan. Berikut beberapa rekomendasi pameran seni yang dipamerkan di London, dilansir dari timeout.com, Senin, (27/2/2023): 

 

1. Action, Gesture, Paint: Women Artists and Global Abstraction 1940-70

Wanita memainkan peran utama dalam pengembangan lukisan abstrak, dan pertunjukan di Distrik Whitechapel ini merayakan dampak gestur mereka yang heboh dan liar. Mereka punya nama-nama besar (Lee Krasner, Helen Frankenthaler) dan seniman kecil seperti Bertina Lopes, Wook-kyung Choi, dengan lebih dari 150 lukisan yang dipajang.

Pameran ini dimulai pada 9 Februari sampai 7 Mei, di Whitechapel Art Gallery. 

2. Alice Neel: Hot Of the Griddle

Alice Neel melukis dunia dari apartemennya di New York. Dalam potret yang tak terhitung jumlahnya, dia menangkap orang-orang di sekitarnya, seniman dan musisi, pemberontak politik, penyair, kekasih, dan semua orang juga.

Lukisannya juga menggambarkan kehidupan politiknya, dan bagaimana dia diawasi oleh FBI selama beberapa dekade. Pameran Alice bisa disaksikan di Barbican, 16 Februari - 21 Mei 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Peter Doig

Peter Doig mungkin pelukis paling berpengaruh yang bekerja hari ini. Ia pindah kembali ke London dari Trinidad pada tahun 2021, dan akan menjadi pameran besar pertamanya di ibu kota selama berabad-abad.

Lukisan, gambar, dan hasil cetak terbaru ini mengeksplorasi ide-ide transisi dan ingatan, tetapi suguhan sebenarnya adalah melihat Doig berdampingan dengan karya-karya dari koleksi seni impresionis dan pasca-impresionis courtauld yang memiliki pengaruh besar padanya.

Mimpi menjadi kenyataan sebagai pelukis dengan julukan painting nerd.

Karya-karnya bisa disaksikan di The Courtauld Gallery, 20 Februari sampai 9 Mei 2023.

4. Mike Nelson: Extinction Beckons

Pelukis mengisi Galeri Tate Duveen dengan sisa-sisa masa lalu industri Inggris yang berantakan, dan dia mengubah sebuah ruangan kecil menjadi salah satu pameran terbaik tahun 2022.

Dan sekarang, master hebat dari instalasi imersif yang tidak nyaman ini mendapatkan perlakuan retrospektif lengkap ketika Hayward Gallery memajang seluruh kariernya dalam deretan karyanya.

Mike Nelson ada di Hayward Gallery, pada 22 Februari - 7 Mei 2022. 

3 dari 4 halaman

5. After Impressionism: Inventing Modern Art

Impresionisme itu hebat, tetapi tepat setelah itu datanglah pengubah dunia yang serius. Lukisan ini berbicara tentang kubisme, ekspresionisme, dan abstraksi, kelahiran seni modern seperti yang kita kenal, dan itulah inti dari pertunjukan ini, tokoh besar dalam sejarah seni modern awal: Paul Cezanne, Wassily Kandinsky, Gustav Klimt, dan Henri Mattise.

Lukisan ini dipamerkan di National Gallery 25 Maret - 13 Agustus 2023.

6. Berthe Morisot: Shaping Impressionism

Impresionisme adalah salah satu gerakan seni paling terkenal dalam sejarah, dengan pameran yang tak terhitung jumlahnya yang didedikasikan untuk orang-orang seperti Cezanne dan Monet setiap tahun, tetapi entah bagaimana, ini adalah pertunjukan pertama karya Berthe Morisot di Inggris dalam 70 tahun.

Dia adalah tokoh penting dalam impresionisme, dan menciptakan beberapa karya terindahnya.

Pameran ini ada di Dulwich Picture Gallery, 31 Maret - 10 September 2023.

4 dari 4 halaman

7. Saint Francis of Assisi

Sejak abad ke-13, seniman dari Caravaggio dan Botticelli hingga Antony Gormley dan Andrea Buttner telah menemukan inspirasi dalam sosok St Francis, seorang ikon religius yang dipuja karena radikalisme spiritual dan komitmennya kepada orang miskin. Perkiraan peninggalan abad pertengahan, mahakarya renaisans, dan, erm, komik Marvel.

Saint Francis of Assisi bisa dilihat di National Gallery, 6 Mei - 30 Juli 2023. 

8. Marina Abramovic

Pertunjukan ini telah masuk dalam daftar pameran paling dinantikan di tahun 2023. Mungkin ini adalah tahun di mana masyarakat akhirnya mendapatkan retrospektif Marina Abramovic yang besar dan utama darinya.

Karya Marina Abramovic berada di Royal Academy of Art, 23 September - 10 Desember 2023. 

9. Sarah Lucas

Sarah Lucas adalah ikon seni Inggris kontemporer, membuat namanya terkenal sebagai young British artists (YBA) atau generasi muda seniman Inggris. Ia menciptakan karya yang penuh dengan humor tak senonoh, frontal dan berkonseptualisme tajam.

Retrospeksi besar ini sudah lama tertunda, dan benar-benar mengasyikkan untuk disaksikan. Sarah Lucas ada di Tate Britain, 26 September 2023 - 14 Januari 2024.

10. Philip Guston

Pameran ini dirundung kontroversi, dan akibatnya berulang kali ditunda. Awalnya karena akan dipajang di AS, acara tersebut ditarik karena masuknya lukisan tokoh Klu Klux Klan berkerudung karya Guston, yang dikhawatirkan dianggap rasis oleh sebagian orang.

Guston adalah salah satu pelukis terbaik abad ke-20, dan dia menangani beberapa subjek penting yang sulit. Sebenarnya hal itu layak untuk ditelusuri, dan layak untuk dirayakan.

Pameran Philip Guston ada di Tate Modern, 25 Oktober 2023 - 25 ​​Februari 2024. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.