Sukses

Tinju dan Ludahi Pramugari, Seorang Wanita Italia Terpaksa Diikat di Kursi Penumpang

Seorang wanita asal Italia bertindak semena-mena ketika ia sedang berada dalam sebuah penerbangan menggunakan maskapai India.

Liputan6.com, Jakarta - Awak sebuah maskapai penerbangan India tepaksa mengikat salah satu penumpang, yang merupakan seorang wanita Italia, ke kursinya selama penerbangan. Hal ini terpaksa dilakukan setelah ia diduga meninju salah satu staf dan meludahi awak lain. 

Dilansir BBC, Rabu (1/2/2023), maskapai penerbangan Vistara ini melakukan perjalanan dari Abu Dhabi. Wanita tersebut pun akhirnya ditangkap pada Senin (30/1) namun kemudian dibebaskan dengan jaminan polisi. 

Surat kabar The Times of India melaporkan bahwa awak penerbangan Vistara menyampaikan dalam pengaduan polisi bahwa penumpang tersebut memukul mereka dan meludahi rekan mereka. 

Dalam pengaduan tersebut, awak penerbangan sebelumnya sempat keberatan karena ia berpindah tempat duduk dari kursi kelas ekonominya dan pindah ke kelas bisnis. Selain itu, dilaporkan juga bahwa wanita tersebut sempat mengotori pesawat. 

Bahkan kemudian, pihak Vistara juga menyampaikan bahwa kapten penerbangan sempat mengeluarkan kartu peringatan hingga akhirnya memutuskan untuk menahan penumpang tersebut karena perilakunya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembelaan Pengacara

Pengacara dari wanita tersebut, Prabhakar Tripathi, akhirnya membantah tuduhan itu dan mengatakan bahwa itu merupakan cerita palsu. Namun, pihak maskapai Vistara kemudian mengatakan bahwa stafnya harus menahan wanita tersebut karena telah bertindak semena-mena, bahkan hingga kekerasan.

Tripathi juga mengatakan, wanita tersebut merasa tidak nyaman dengan kursi yang disediakan, hingga meminta untuk dipindahkan ke kursi kosong. Hal itu yang kemudian menyebabkan ketidaksepakatan dengan kru.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa kliennya tidak diizinkan menggunakan kamar mandi karena pesawat sedang mengalami turbulensi. 

"Dia kemudian diizinkan pergi ke kamar kecil tetapi diikat saat kembali," kata Tripathi. Dia juga membantah laporan media yang mengutip petugas polisi yang mengatakan bahwa wanita itu sedang mabuk.

3 dari 3 halaman

Pelanggaran oleh Penumpang Marak dalam Penerbangan India

Seorang pejabat senior polisi Mumbai mengatakan kepada wartawan bahwa wanita itu ditindak atas perilaku buruk.

"Kami memberikan pemberitahuan dan membawanya ke pengadilan, setelah itu dia diizinkan pergi," kata Dikshit Gedam, wakil komisaris polisi. 

Pengawasan terhadap pelanggaran oleh penumpang udara telah meningkat di India setelah seorang pria ditangkap pada Januari karena diduga mengencingi seorang penumpang wanita lain.

Insiden tersebut pun memicu kritik tentang bagaimana maskapai penerbangan, Air India, menangani insiden tersebut.

Sejak itu, beberapa kasus dugaan perilaku nakal telah dilaporkan di penerbangan India lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.