Sukses

Belut Langka Jumbo Ditemukan Terdampar di Pantai Texas, Fenomena Apa?

Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular, ternyata selain ukurannya yang kecil ternyata belut juga mempunyai ukuran yang sangat besar, seperti tertera dalam artikel ini.

Liputan6.com, Texas, Amerika Serikat Belut besar ditemukan terdampar di pantai Mission Aransas Reserve, AS. Dilansir dari upi.com, Selasa (31/01/2023), Jace Tunnel seorang direktur cadangan untuk University of Texas Marine Science Institute yang mengatakan hal tersebut.

Tunnel mengatakan dalam videonya, yang di posting ke halaman Facebook Mission Aransas Reserve, bahwa belut Amerika yang dianggap terancam ini disebut terancam punah dan jarang di temui.

Dia juga mengatakan belut yang dia temukan terdampar bahkan lebih langka. Karena ukurannya yang super besar tidak seperti pada umumnya. Belut Amerika terbesar yang pernah tertangkap hidup-hidup di Texas hanya memiliki panjang sekitar 3 1/2 kaki (1 meteran), tetapi belut ini lebih panjang dari itu yakni sepanjang 4 kaki atau 1,2 meter. 

"Ini lebih besar dari yang biasanya Anda lihat. Ini seperti, sesuatu hal yang besar dan baru di dapatkan," kata peneliti dalam video tersebut.

Tunnell mengatakan belut itu kemungkinan betina yang mati setelah bertelur di lepas pantai. Belut Amerika adalah ikan air tawar, tetapi mereka menjelajah ke laut untuk bertelur sebelum mati. Setiap belut dapat bertelur hingga 4 juta telur.

"Jarang menemukan belut sebesar ini terdampar di pantai Texas," kata Tunnell kepada KSAT-TV tentang penemuannya. Menurut Texas Parks & Wildlife, belut Amerika terpanjang yang di temukan di Negara Bagian Lonestar berukuran 42 inci.

Tunnell juga mengatakan belut yang lebih kecil sering digunakan oleh pemancing sebagai umpan. Sedangkan yang dia temukan ini, katanya, terlalu besar untuk dijadikan umpan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belut yang Terancam punah

Belut Amerika ini juga terdaftar sebagai hewan yang terancam punah, di jelaskan Tunnell sebagian karena dampak negatif pembangunan bendungan pada siklus hidup belut. Mengutip dari situs nbcdfw.com, ia menambahkan bahwa siklus hidup spesies tersebut di pengaruhi oleh bendungan yang menutup akses ke sungai dan muara tempat mereka hidup saat tidak bertelur. 

Tunnell mengatakan ada beberapa ide kreatif di luar sana tentang bagaimana bendungan bisa dimodifikasi untuk memungkinkan migrasi belut dan spesies lain susah untuk bergerak di antara sungai dan lautan.

Tunnell melakukan survei pantai mingguan di sepanjang Pulau Mustang dan mengatakan dia sering memposting temuan menarik di halaman YouTube dan Facebook-nya.

Melansir dari usatoday.com, berikut fakta mengenai belut yang ditemukan oleh Tunnell:

  • Betina dapat tumbuh hingga 4 kaki panjangnya sedangkan jantan hanya mencapai 1,5 kaki panjangnya.
  • Mereka ditutupi dengan lapisan lendir, membuatnya sangat licin.
  • Mereka berburu di malam hari, memakan krustasea, serangga kecil, cacing, dan ikan lainnya
  • Siklus hidup mereka dimulai di air tawar.
  • Mereka bernapas melalui kulitnya, membiarkan belut melakukan perjalanan di atas tanah dan bergerak di sekitar penghalang di sungai.
  • Mereka berenang ke laut untuk menelurkan 4 juta telur sebelum mati.
3 dari 4 halaman

4 Hewan Laut Terlangka Di Dunia

1. Hiu berjumbai

Hiu berjumbai benar-benar berbeda dari hiu karpet, tetapi tetap unik dan aneh. Spesimen yang sangat kuno ini mendiami kedalaman Samudra Atlantik dan Pasifik. Meskipun termasuk dalam keluarga hiu, mereka memakan mangsa seperti ular. Mereka menekuk tubuh mereka dan menerjang ke depan, terus menelan korbannya seutuhnya.

2. Blob fish

Psychrolutes marcidus , umumnya dikenal sebagai blobfish , adalah ikan yang tampak aneh. Ia hidup di lautan dalam Australia dan Tazmania di sekitarnya, pada kedalaman 1.200 meter. Tekanan sedalam ini lebih besar 120 kali lebih tinggi dari permukaan laut.

Akibat tekanan tinggi ini, blobfish terlihat seperti agar-agar dan memiliki sedikit otot. Saat berada di habitatnya sendiri, ikan ini tampil seperti yang lainnya. Namun, begitu dibawa ke permukaan, tubuh mereka runtuh karena perubahan tekanan yang ekstrim. Pada satu tahap, ikan ini terpilih sebagai ikan paling jelek di dunia.

4 dari 4 halaman

3. Gurita Dumbo

Dumbo Octopus dinamai gajah animasi yang terkenal . Hewan ini mendapat nama tersebut karena mereka membawa telinga bulat besar yang di gunakan untuk berenang.

Meskipun tidak seseram hewan laut lain gurita ini adalah salah satu hewan laut paling langka di dunia. Ini adalah hewan kecil yang tingginya mencapai 20 cm.

Gurita ini milik subgenus gurita yang mendiami kehidupan di kedalaman laut ekstrim 3.000 hingga 5.000 meter. Mereka terlihat di berbagai tempat, seperti Filipina, Selandia Baru, dan Australia.

4. Cymothoa Exigua

Cymothoa exigua, juga dikenal sebagai "kutu pemakan lidah" mereka adalah hewan yang sangat aneh yang hidup di dalam mulut ikan lain. Hewan ini adalah semacam kutu parasit yang berkembang di dalam tubuh ikan lainnya.

Exigua memakan dan menghancurkan lidah inangnya (dengan menghisap darahnya), kemudian mengganti lidah itu dengan dirinya sendiri. Hewan  ini adalah makhluk yang sangat langka dan layak untuk diselidiki. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.