Sukses

4 Minuman Teraneh di Dunia, Jus Katak hingga Susu Kecoak

Mulai dari katak hingga ular, mari lihat daftar minuman aneh yang ada di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Minuman di seluruh dunia memang bervariasi. Ketika bepergian ke negara baru, mencoba minuman khas adalah suatu hal yang patut dicoba.

Namun, tidak semua minuman terasa enak dan pas di lidah kita. Ada beberapa di antaranya terbuat dari bahan mengejutkan yang tidak biasa.

Berikut ini beberapa minuman dengan bahan teraneh yang tersebar di berbagai dunia, sebagaimana dilansir dari ViaTravelers, Rabu (18/1/2023):

1. Anggur Ular

Snake wine atau anggur ular, adalah minuman aneh asal Tiongkok. Tidak hanya dapat ditemui di Tiongkok, minuman ini juga umum di Vietnam.

Anggur ular ini menggunakan ular kobra atau ular beludak yang kemudian dibunuh dan direndam dalam minuman keras. Setelah ular sudah terserap oleh alkohol akibat kandungan etanol yang dikandungnya, minuman siap disajikan.

Melansir dari BBC Travel, pengobatan tradisional Tiongkok percaya bahwa ular punya sifat restoratif dan menyegarkan yang bermanfaat, mulai dari meningkatkan kejantanan hingga mengobati kondisi kesehatan seperti rambut rontok, sakit punggung, dan rematik.

Anggur ular disiapkan dengan berbagai cara, tetapi yang paling terkenal adalah memasukkan seluruh ular ke dalam toples berisi anggur beras atau alkohol lainnya. Beberapa ramuan dan rempah-rempah khusus juga ditambahkan ke dalam toples anggur untuk memasukkan rasa yang khas dan unik ke dalamnya.

Anggur ular ini dapat ditemukan di pasar dan juga restoran tradisional. Namun, sangat disarankan untuk menghindari membeli anggur buatan sendiri atau dari penjual yang tidak terpercaya, sebab metode penyiapannya kemungkinan tidak aman atau berbahaya bagi kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Minuman dengan Bola Mata Hewan

Bila kamu ingin mencoba sesuatu yang benar-benar tidak biasa, minuman bola mata hewan adalah salah satunya. Minuman tradisional Tiongkok ini terbuat dari bola mata hewan yang direbus.

Namun, tidak usah khawatir. Sebab, bola mata sudah dibersihkan secara menyeluruh sebelum direbus lagi dalam air dengan cuka atau garam.

Minuman yang mengandung bola mata hewan ini bisa ditemukan banyak di pasar Tiongkok. Bola mata yang dipakai juga beragam, mulai dari ikan hingga hewan mamalia. Pilihan minumannya juga bebas, tetapi umumnya menggunakan campuran rempah tradisional Tiongkok.

Melansir dari Esquire, Rabu (18/1/2023), masyarakat Tiongkok percaya bahwa bola mata hewan, khususnya ikan, mempunyai banyak manfaat nutrisi. Bola mata dikatakan dapat merangsang sel-sel otak dan mencegah kehilangan ingatan.

Bahkan, di Tiongkok, juru masak rumahan dan koki biasanya menyajikan ikan utuh sebagai hidangan utama dan menyisihkan bola matanya untuk tamu yang paling terhormat.

3 dari 4 halaman

3. Jus Katak

Jus katak bisa menjadi salah satu minuman teraneh yang dicoba untuk kamu yang sedang mencari pengalaman kuliner tidak lazim.

Daging katak sebenarnya cukup umum untuk dimakan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia, seperti Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

Jus katak ini tidak harus berisikan katak saja. Isinya bergantung pada preferensi orang masing-masing. Susu, gula, buah, yogurt, dan lainnya bisa ditambahkan untuk mendapatkan lebih banyak rasa.

Untuk proses pembuatan jus katak, katak bisa digoreng, direbus, atau dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke blender. Daging katak ini kaya akan protein dan juga rendah lemak. Beberapa orang juga berpendapat bahwa katak menjadi semakin populer sebagai alternatif yang lezat dan sehat untuk pilihan sarapan.

Jus katak ini banyak dan mudah ditemukan di Peru. Sebab, dilansir dari NPR, Rabu (18/1/2023), katak adalah simbol kesuburan di Peru. Christine Hastorf, antropolog makanan di University of California Berkeley, mengatakan bahwa citra katak di sana adalah seremonial dan sudah ada sejak lama.

4 dari 4 halaman

4. Susu Kecoak

Sesuai dengan namanya, susu kecoak adalah susu non-dairy yang terbuat dari kecoak. Ini mungkin termasuk minuman yang sangat aneh, mengingat kecoak adalah salah satu serangga berbahaya yang diketahui dapat menularkan penyakit.

Membuat susu kecoak ini merupakan proses padat karya. Dilansir dari Healthline, Rabu (18/1/2023), prosesnya melibatkan pembunuhan kecoak betina dan embrionya setelah mulai menyusui dan memanen kristal dari usus tengahnya.

Karena prosesnya sulit, tidak mudah untuk memproduksi susu kecoak secara massal. Diperkirakan bahwa perlu membunuh lebih dari 1.000 kecoak untuk membuat 100 gram susu.

Mengesampingkan pandangan kita terhadap kecoak, nyatanya kecoak tiga kali lebih bergizi daripada susu sapi ataupun susu kerbau. Hasil analisis para peneliti juga menunjukkan bahwa susu kecoak mempunyai sumber nutrisi baik lainnya seperti asam oleat, asam linoleat, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral.

Karena ini, susu kecoak menjadi alternatif susu non-dairy yang kaya akan protein sembari menyediakan sembilan asam amino esensial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.