Sukses

Pengakuan Pangeran Harry Tak Pilih William Jadi Pendamping Pernikahan, Sebut Istana Bohong

Pernikahan Harry dan Meghan tahun 2018 tampak seperti dongeng, tetapi Harry mengungkapkan ada lebih banyak hal yang terjadi di hari bersejarah itu daripada yang terlihat.

Liputan6.com, London - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan tahun 2018 tampak seperti dongeng, tetapi Harry mengungkapkan ada lebih banyak hal yang terjadi di hari bersejarah itu daripada yang terlihat.

Dalam buku berjudul Spare -- yang sudah tersedia hari ini -- terungkap bahwa Harry sebenarnya tidak mau Pangeran William menjadi pendampingnya saat pernikahan seperti yang diklaim istana selama ini.

Harry menulis bahwa dia malah memilih "teman lamanya Charlie" untuk memenuhi tugas pendamping tersebut, dikutip dari harpersbazaar, Rabu (11/1/2023).

Malam sebelum pernikahannya dan Meghan Markle, Harry mengklaim bahwa William sempat membatalkan acara wajib sebelum pernikahan di menit terakhir.

"Dia memberitahuku, tepat sebelum menghadiri acara minum teh bersama Nenek," tulis Harry.

"Saya telah mengingatkannya bahwa ini adalah tradisi di keluarga, bahwa kami akan makan malam sebelum pernikahannya. Bahwa kami akan pergi bersama dan mengunjungi orang banyak. Namun ia berpegang teguh. Tidak bisa ikut denganku."

Harry mengatakan bahwa ia sempat mendesak saudaranya, memohon padanya, "Mengapa kamu menjadi seperti ini, Willy? Aku bersamamu sepanjang malam sebelum kamu menikahi Kate. Mengapa kamu melakukan ini?"

"Saya bertanya pada diri sendiri apa yang sebenarnya terjadi. Apakah dia merasa sedih karena tidak memilihnya menjadi pendamping saya? Apakah dia kesal karena saya memilih teman lama saya Charlie?," kata Harry.

Harry sebelumnya menuduh bahwa Pangeran William juga tidak memilihnya sebagai pendamping pria untuk pernikahannya, ketika dia menikah dengan Kate pada 2011.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran Harry ke Keluarga Kerajaan Inggris: Rekonsiliasi Hampir Mustahil

Pangeran Harry mengklaim tak ada niat merusak keluarga Kerajaan Inggris dengan peluncuran otobiografinya.

Pada situasi ini, ia menyebut rekonsiliasi bersama keluarga hampir mustahil, dikutip dari NST.com.my, Rabu (11/1/2023).

"Saya ingin ayah saya kembali. Saya ingin saudara laki-laki saya kembali," katanya dalam sebuah wawancara dengan saluran Inggris ITV sebelum penerbitan memoarnya, Spare, pada Selasa (10/1).

Dalam memoar tersebut, Harry mengakui masa remajanya diwarnai dengan narkoba dan alkohol, serta keputusannya untuk menyiarkan rahasia keluarga di depan umum.

Banyak juga kalimat yang seakan-akan menyerang ayahnya, Raja Charles III, saudara laki-laki William dan ibu tiri Camilla dan saudara iparnya, Kate Middleton.

Charles dijadwalkan dinobatkan sebagai raja pada 6 Mei 2023.

"Saya benar-benar tidak bisa membayangkan bagaimana proses rekonsiliasi dengan keluarga bisa terjadi," kata Pauline Maclaran, seorang profesor di Universitas Royal Holloway London dan penulis buku tentang monarki, kepada AFP.

"Dia mengungkapkan banyak hal yang jelas menyinggung anggota keluarganya, detail pribadi yang menurut banyak orang tidak perlu dia ungkapkan," katanya.

"Jika dia memiliki empati, atau memang belas kasih, yang seharusnya menjadi akar dari yayasan Archewell, maka itu tak perlu terjadi," tambahnya.

Harry menceritakan bagaimana ayahnya tidak memeluknya saat menyampaikan kabar kematian Diana.

Kala itu Harry masih berusia 12 tahun dan malah ditinggalkan sendirian di kamar.

"Raja tidak cocok menjadi orang tua tunggal," kata Harry.

3 dari 4 halaman

Pangeran William Jadi Sasaran

Namun demikian, sebagian besar sentimen negatif ia arahkan kepada saudara laki-lakinya, yaitu Pangeran William.

William digambarkan sebagai pemarah dan Harry mengklaim sang kakak tidak pernah memberi kesempatan kepada istrinya, Meghan.

Segalanya memuncak selama pertengkaran tahun 2019 di mana Harry mengklaim William membantingnya ke lantai.

Harry juga menggambarkan persaingan seumur hidup antara William "pewaris" dan dirinya sendiri "cadangan".

Mantan anggota kerajaan itu juga menuduh ibu mertuanya, Camilla, telah memainkan peran buruk demi mendapat posisi di istana.

4 dari 4 halaman

Kerajaan Inggris Diam-diam Bereaksi Atas Serangan Pangeran Harry

Istana Buckingham sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan apa pun terkait autobiografi Pangeran Harry dan sejumlah wawancara yang dilakukan putra bungsu Raja Charles III itu. Namun, sebenarnya istana bereaksi.

Kuasa hukum Istana Buckingham dilaporkan telah meminta ABC dan CBS untuk membagikan rekaman utuh wawancara Pangeran Harry sebelum mempertimbangkan apakah akan mengomentari berbagai klaimnya yang menyudutkan keluarga Kerajaan Inggris. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh kedua media.

Menyusul peluncuran resmi autobiografinya, Spare, Pangeran Harry memang melakukan wawancara dengan sejumlah media. Salah duanya, ABC melalui program Good Morning America dan CBS lewat program 60 Minutes. Demikian dikutip dari People, Selasa (10/1/2023).

"Kami mendapat tanggapan dari firma hukum yang mewakili Istana Buckingham... Istana perlu mempertimbangkan dengan tepat apa yang disampaikan dalam wawancara... dan meminta kami memberikan salinan seluruh wawancara, yang mana itu tidak bisa kami lakukan sebagai sebuah kantor berita karena menyangkut dengan isu kebijakan kami," ungkap Michael Strahan yang mewawancarai Pangeran Harry dalam program Good Morning America.

Sementara itu, dalam wawancara terbarunya dengan CNN, Pangeran Harry mengungkapkan alasan di balik langkahnya mempublikasikan hal-hal yang bersifat pribadi.

"Salah satu kritik yang Anda terima adalah tidak apa-apa bila ingin pindah ke California, tidak apa-apa bila ingin mundur dari peran institusional... tapi kenapa semua begitu terekspos? Kenapa mempublikasikan percakapan dengan ayah dan kakak Anda? Padahal Anda mengatakan akan melakukannya secara pribadi," tanya Anderson Cooper sebagai pewawancara.

Pangeran Harry menjawab, "Setiap kali saya mencoba melakukannya secara pribadi, selalu ada instruksi dan bocoran cerita untuk melawan saya dan istri. Anda tahu kan, moto keluarga itu adalah 'jangan pernah mengeluh, jangan pernah menjelaskan'. Tapi itu hanya moto. Tidak benar-benar berlaku."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.