Sukses

DJ Steve Aoki hingga TOP Big Bang Ikut dalam Misi Penerbangan SpaceX

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah nama DJ komersial, rapper K-pop, dan YouTuber akan melakukan perjalanan mengelilingi Bulan, setelah mereka dipilih oleh miliarder Jepang untuk penerbangan SpaceX pribadi.

Dilansir BBC, Jumat (9/12/2022), seorang pengusaha Yusaku Maezawa mengungkapkan krunya pada Jumat setelah pencarian global untuk individu kreatif tahun lalu.

DJ asal Amerika Steve Aoki dan bintang Korea T.O.P adalah beberapa nama yang paling terkenal.

Penerbangan yang dijadwalkan tahun depan itu bisa menjadi perjalanan bulan pertama oleh manusia sejak 1972.

Terbang lintas yang diusulkan akan melihat pesawat ruang angkasa mengelilingi bulan, datang dalam jarak 200 km (124 mil) dari permukaan. 

Perjalanan tersebut akan memakan waktu delapan hari dari peluncuran hingga kembali.Namun, regulator AS belum memberikan izin untuk roket Starship dari perusahaan SpaceX milik Elon Musk yang seharusnya ditumpangi kru. Kapal itu bahkan belum disetujui untuk perjalanan orbit mengelilingi Bumi dan telah dikandangkan selama 18 bulan terakhir di Texas, setelah menyelesaikan uji peluncuran pada Mei 2021.

Tapi Maezawa tidak menyebutkan penundaan ini dalam videonya yang mengumumkan kru untuk misi yang dia juluki dearMoon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peserta Penerbangan

Adegan pembuka video menunjukkan Maezawa di taman Jepang memandangi bulan. Kemudian dipotong untuk menampilkan anggota kru pertama - DJ Aoki - di salah satu acaranya.

"Saya tidak bisa melewatkan kesempatan ini. Jiwa saya memohon untuk ini," kata artis tangga lagu Billboard dalam video tersebut.

Penumpang berikutnya yang sudah diumumkan adalah Youtuber Tim Dodd, yang memiliki 1,4 juta pengikut online untuk video pendidikannya tentang penerbangan luar angkasa dan astrofisika.

3 dari 4 halaman

Anggota Lainnya

Anggota misi dearMoon lainnya yang diumumkan adalah:

  • TOP (Choi Seung hyun), seorang rapper K-pop dan mantan pemimpin boyband Big Bang (Korea Selatan)
  • Penari dan koreografer Yemi AD ( Republik Ceko)
  • Fotografer Rhiannon Adam (Irlandia)
  • Fotografer satwa liar Karim Iliya (Inggris)
  • Pembuat film Brendan Hall (AS)
  • Aktor Dev Joshi (India)
4 dari 4 halaman

Ajakan Maezawa

Maezawa sangat semangat untuk mengajak para bintang ternama itu.

"Saya berharap setiap orang menyadari tanggung jawab yang datang dengan meninggalkan Bumi, melakukan perjalanan ke bulan dan kembali lagi," kata Maezawa.

"Mereka akan mendapatkan banyak dari pengalaman ini dan saya harap mereka akan menggunakannya untuk berkontribusi pada planet ini, untuk kemanusiaan."

Maezawa, yang membuat kekayaannya di pengecer fashion online Zozo, telah menjadi jelas terlibat dalam perjalanan luar angkasa komersial. 

Tahun lalu, dia pergi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan roket Rusia selama 12 hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS