Sukses

Pulang dari Piala Dunia Qatar 2022, Timnas Jepang Disambut PM Fumio Kishida

Liputan6.com, Tokyo - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyambut kehadiran timnas Jepang usai mereka kembali dari Piala Dunia 2022 di Qatar. Jepang gugur setelah berjuang keras melawan Kroasia. 

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu, Kapten Maya Yoshida, serta anggota timnas Jepang lain lantas diundang ke kantor PM Jepang. 

"Hari ini saya menyambut kunjungan kehormatan dari Samurai Biru," tulis akun resmi PM Jepang @JPN_PMO, Kamis (8/12/2022).

"Terima kasih karena memberikan kita banyak inspirasi dan keberanian dan untuk mengajari kita pentingnya mengambil tantangan!" lanjut pernyataan tersebut.

Para anggota timnas Jepang tampak hadir memakai masker. Mereka semua berfoto secara formal dengan PM Kishida. 

Turut hadir pula Presiden Japan Football Association (JFA) Kozo Tashima. Selain itu, PM Kishida sempat bertukar catatan dengan Moriyasu. 

Ketika ditanya soal pensiun, Moriyasu berkata masih ingin terus melatih Jepang, meski tidak dalam periode yang lama. 

"Saya ingin lanjut melanjutkan mengabdi sebagai manajer sedikit lebih lama lagi," ucapnya seperti dilansir Kyodo.

Pada Piala Dunia 2022, Jepang berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman dan Spanyol. Namun, langkah mereka terhenti di 16 besar ketika melawan tim Kroasia dalam penalti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jepang dan Korea Selatan Gugur

 Perwakilan Asia gagal untuk masuk perempat final Piala Dunia 2022. Jepang dan Korea Selatan dijegal oleh Kroasia dan Brazil pada pertandingan Senin malam (5/12) di Qatar. 

Jepang berhasil menunjukkan performa yang tangguh melawan Kroasia. Skor bertahan 1-1 hingga akhirnya adu penalti. 

Selama permainan, serangan tim Kroasia yang mengancam dan agresif selalu dapat dihalau oleh Samurai Biru. Meski Kroasia sukses mendominasi bola, mereka hanya bisa mencetak satu gol. 

Takumi Minamino dan kawan-kawannya sukses beberapa kali menerobos pertahanan Kroasia, akan tetapi mereka tetap kesulitan membobol gawang Dominik Livaković. 

Kroasia terus tampil agresif hingga akhir dengan Ivan Perisic dan Borna Barisic tampil dengan asertif. Permainan terus berlanjut hingga dua jam tanpa skor tambahan dan penalti harus menjadi penentu. 

Dua pemain milenial berusia 27 tahun membuka adu penalti. Jepang menurunkan Minamino sebagai ujung tombak untuk membobol gawang Livaković. Sayangnya, bagi Jepang, Minamino tak berhasil mencetak gol.

Nikola Vlašić Marcelo Brozović berhasil membuat Kroasia unggul 1-0 lewat penalti. Kaoru Mitoma gagal mencetak gol, kemudian Marcelo Brozović menambah keunggulan Kroasia. 

Secercah harapan muncul bagi Jepang ketika Takuma Asano membobol gawang Livaković dan Marko Livaja gagal menambah angka untuk Kroasia. 

Namun, Dominik Livakovic tidak mengulangi kesalahannya dan berhasil menangkal bola dari Maya Yoshida. Pertandingan yang dramatis ini pun ditutup oleh gol dari Mario Pašalić yang membawa Kroasia ke perempat final.

3 dari 4 halaman

Korea Selatan Dikalahkan Brazil

Setelah Jepang kalah, permainan berlanjut antara Korea Selatan vs. Brasil. Perjuangan Korea Selatan tidak mudah karena harus melawan tim nomor 1 di dunia saat ini. 

Dan benar saja, Korea Selatan dikalahkan dengan skor 4-1. Vini Jr, Neymar, Richarlison, dan Luqas Paqueta berhasil mencetak angka di babak pertama. 

Korea Selatan hanya berhasil membalas satu gol di babak kedua lewat tendangan Paik Seung Ho. Para pemain tim Brasil dan fans tampak bersukacita dan berselebrasi pada pencapaian ini.

Dengan kekalahan Jepang dan Korea Selatan, maka tidak ada perwakilan Asia yang masuk perempat final. 

4 dari 4 halaman

Perjalanan Kroasia ke Perempat Final Piala Dunia 2022: Perlahan tapi Pasti

Kroasia tengah berusaha mengulang kisah manisnya di Piala Dunia 2018. Di Rusia, tim yang awalnya tidak terlalu diunggulkan itu berhasil melaju hingga ke final sebelum dihentikan timnas Prancis 4-2.

Luka Modric dan kawan-kawan tinggal dua langkah lagi untuk menyamai torehan empat tahun lalu. Di Piala Dunia Qatar 2022, Kroasia telah menggenggam tiket babak perempat final usai menekuk Jepang.

Di babak 16 besar yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Senin (5/12/2022) lalu, mental bertanding Blazers benar-benar diuji setelah Jepang unggul lewat Daizen Maeda pada menit ke-43'. Namun ketenangan Kroasia akhirnya berbuah hasil. Pada menit ke-55, Ivan Perisic menyamakan kedudukan. 

Kroasia mampu mempertahankan hasil imbang ini hingga babak perpanjangan usai. Sementara di babak adu penalti, kiper Kroasia Dominic Livakovic tampil gemilang dengan menghalau 3 tendangan algojo Samurai Biru dan membawa Kroasia unggul 3-1 sekaligus merebut tiket perempat final. 

Sepanjang Piala Dunia 2022, Kroasia belum terkalahkan dengan 4 gol dan sekali kebobolan. Namun perjalanan Kroasia terkesan santai. Di fase grup, Kroasia hanya meraih satu kemenangan saat bertemu Kanada. Sementara dua laga lainnya berkahir imbang tanpa torehan gol sama sekali. 

Pada babak berikutnya Kroasia akan berhadapan dengan lawan yang tidak mudah, yakni Brasil. Tim Samba juga tampil gemilang di babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan menekuk Korea Selatan 4-1.

Dalam laga ini, Neymar Jr yang sempat absen di dua laga fase grup sudah mulai menujukkan aksinya. Dia langsung mencetak satu gol dari titik putih penalti pada menit ke-13. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS