Sukses

3 Tentara Rusia Tewas Akibat Serangan Drone Ukraina ke Pangkalan Militer Moskow

Liputan6.com, Ryazan - Ukraina melancarkan serangan drone atau pesawat tak berawak ke dua lapangan terbang militer di Rusia pada Senin 5 Desember 2022 pagi.

Dikutip dari Xinhua, Selasa (6/12/2022), insiden ini menyebabkan tiga prajurit Rusia tewas dan empat lainnya terluka, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Drone ini menargetkan lapangan terbang "Dyagilevo" di wilayah Ryazan dekat Moskow dan lapangan terbang "Engels" di wilayah Saratov.

Tujuan serangan sebenarnya sebagai upaya untuk melumpuhkan pesawat jarak jauh Rusia, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Pihak Pertahanan Udara Rusia mencegat drone Ukraina yang terbang di ketinggian rendah, tetapi jatuh dan ledakan pecahan drone merusak kulit lambung dua pesawat di lapangan terbang, tambahnya.

Tiga prajurit staf teknis Rusia tewas dan empat tentara lainnya terluka.

Ini merupakan serangan jarak jauh yang jarang terjadi.

Kementerian itu mengatakan, Rusia akan melakukan pembalasan dengan melakukan serangan besar-besaran dengan senjata presisi tinggi berbasis udara dan laut.

Serangan ini akan mengenai 17 sasaran dan mengganggu aktivitas senjata cadangan Ukraina, senjata yang dipasok asing, peralatan militer dan amunisi ke daerah pertempuran lewat kereta api.

Pengamatan Pakar

Menurut pakar militer, serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini adalah pertama kalinya Ukraina menyerang Rusia sejauh ini, menargetkan pangkalan-pangkalan yang secara umum dianggap tidak tersentuh.

Seorang pejabat senior Ukraina dari lingkaran Presiden Volodymyr Zelensky, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada ABC News bahwa drone Ukraina telah menyerang lapangan udara militer Rusia pada hari Senin.

Media Rusia melaporkan ledakan Senin pagi di pangkalan udara Engels-2 di wilayah Saratov di Rusia selatan, sebuah lapangan terbang utama yang menampung pembom berkemampuan nuklir Tu-95 dan Tu-60.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusia Awalnya Tak Mau Berkomentar, Tapi...

Para pejabat Rusia awalnya menghindari mengomentari ledakan itu tetapi pada Senin malam, kementerian pertahanan Rusia mengatakan drone Ukraina "buatan Soviet" telah menyebabkan ledakan tersebut. Namun kementerian mengatakan pertahanan udara Rusia telah menembak jatuh drone dan kerusakan disebabkan oleh puing-puing pesawat yang mendarat di lapangan terbang.

Beberapa jam setelah serangan itu, Rusia meluncurkan rentetan serangan rudal baru terhadap Ukraina, termasuk dari pembom strategis, lagi-lagi menargetkan infrastruktur energinya.

Angkatan udara Ukraina mengklaim telah menembak jatuh 60 dari 70 rudal jelajah Rusia, tetapi serangan itu membuat beberapa wilayah kehilangan sebagian daya. Zelensky mengatakan serangan Rusia juga menewaskan empat orang hari Senin.

Kementerian pertahanan Rusia mengklaim serangan pesawat tak berawak di pangkalan udaranya telah gagal mengganggu serangan yang direncanakan, mengklaim mereka telah menghancurkan 17 target.

3 dari 4 halaman

Perubahan Signifikan Target Serangan Ukraina

Ledakan pangkalan udara, bagaimanapun, merupakan perubahan yang signifikan, menandai pertama kalinya Ukraina berusaha untuk menyerang pembom yang selama berbulan-bulan secara teratur menyerang infrastruktur sipilnya dengan impunitas dan baru-baru ini berusaha membuat jaringan energinya bertekuk lutut.

"Pembom Rusia biasanya meluncurkan rudal jelajah dari luar perbatasan Ukraina, jauh di luar jangkauan pertahanan udaranya," kata para ahli.

Citra satelit dari perusahaan Maxar yang diambil dua hari sebelum serangan hari Senin menunjukkan sekitar dua lusin pembom Rusia diparkir di pangkalan Engels-2.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan dua dari pesawatnya mengalami kerusakan "superfisial" dalam ledakan itu. Video yang beredar di media sosial Rusia menunjukkan dua pembom Tu-22 di pangkalan Dyagilevo dengan kerusakan pada ujung ekornya, berdiri di samping truk bahan bakar yang terbakar.

4 dari 4 halaman

Komentator Rusia Vs Sindiran Ukraina

Komentator pro-perang Rusia bereaksi dengan marah terhadap serangan itu, menyebutnya sebagai penghinaan bahwa pangkalan udara nuklir negara itu rentan terhadap drone konvensional dan menyalahkan kelalaian di antara para komandan.

Penasihat utama Zelensky memposting komentar samar di Twitter yang mengejek Rusia atas ledakan tersebut.

"Bumi itu bulat - penemuan yang dibuat oleh Galileo. Astronomi tidak dipelajari di Kremlin, memberikan preferensi kepada astrolog istana," tulis Mykhailo Podolyak, penasihat presiden. "Jika ya, mereka akan tahu: jika sesuatu diluncurkan ke wilayah udara negara lain, cepat atau lambat benda terbang tak dikenal akan kembali ke titik keberangkatan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.