Sukses

Terkuak, Pemimpin ISIS Abu Al-Hassan Al-Hashimi Tewas Meledakkan Diri di Suriah

Tewasnya pemimpin ISIS Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurayshi, yang terbunuh pada pertengahan Oktober di Suriah, jadi sorotan baru-baru ini.

Liputan6.com, Jasem - Tewasnya pemimpin ISIS Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurayshi, yang terbunuh pada pertengahan Oktober di Suriah, jadi sorotan baru-baru ini. Penyebabnya terungkap bahwa ia meledakkan diri setelah dia dan para pembantunya dikepung oleh petempur lokal dan terlibat bentrok di Kota Jasem, Suriah.

Militer AS mengatakan pada Rabu 30 November 2022 dia tewas dalam operasi yang dilakukan oleh pemberontak Tentara Pembebasan Suriah (FSA) di provinsi Deraa barat laut.

Provinsi itu berada di bawah kendali tentara Suriah menyusul perjanjian rekonsiliasi yang ditengahi Rusia pada 2018 yang mengembalikan kendali Suriah selatan ke Damaskus.

"Qurayshi dan pembantunya telah ditemukan di sebuah tempat persembunyian rahasia di sebuah rumah, kata sumber tersebut, termasuk para pejuang Tentara Pembebasan Suriah, dan kerabat rekan yang tewas dalam bentrokan, serta warga Jasem.:

"Pemimpin dan rekannya meledakkan diri dengan sabuk bunuh diri setelah petempur kami berhasil menyerbu tempat persembunyian mereka," kata Salem al Horani, warga Jasem dan mantan petempur yang ikut serta dalam pengepungan tiga rumah tempat ditemukannya sel ISIS.

FSA telah menerima dukungan dari negara-negara Barat dan Teluk sampai mereka menarik dukungan pada tahun 2018, tetapi para petempurnya tetap berada di wilayah tersebut setelah kesepakatan rekonsiliasi di mana mereka menyerahkan senjata berat tetapi diizinkan untuk menyimpan senjata ringan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sang Pengganti

ISIS telah memilih Abu al-Hussein al-Hashimi al-Qurayshi sebagai pemimpin barunya, kata juru bicara kelompok tersebut. Dia mengatakan Qurayshi terbunuh saat "melawan musuh Tuhan", tanpa menjelaskan lebih lanjut.

ISIS muncul dari kekacauan perang saudara di negara tetangga Irak dan mengambil alih sebagian besar wilayah Irak dan Suriah pada tahun 2014. Mantan khalifah ISIS Abu Bakr al-Baghdadi mendeklarasikan kekhalifahan Islam dari sebuah masjid di kota Mosul, Irak utara tahun itu dan memproklamasikan dirinya khalifah seluruh umat Islam.

Kekuasaan brutal Negara Islam, di mana ia membunuh dan mengeksekusi ribuan orang atas nama interpretasi Islam yang sempit, berakhir di Mosul ketika pasukan Irak dan internasional mengalahkan kelompok itu di sana pada tahun 2017.

Juru bicara ISIS Abu Omar al-Muhajer mengatakan Abu al-Hussein al-Husseini al-Qurayshi ditunjuk sebagai pemimpin baru kelompok itu.

"Dia adalah salah satu prajurit veteran dan salah satu putra setia ISIS," kata al-Muhajer. Sedikit juga yang diketahui tentang Abu al-Hussein al-Husseini al-Qurayshi.

Ditanya di Washington tentang kematian al-Qurayshi, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, mengatakan: "Kami tentu menyambut baik berita kematian pemimpin ISIS lainnya. Saya tidak memiliki detail operasional tambahan untuk diberikan saat ini."

Al-Qurayshi adalah pemimpin ketiga yang terbunuh sejak pendiri Abu Bakr al-Baghdadi diburu oleh Amerika dalam serangan di barat laut pada Oktober 2019.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

3 dari 4 halaman

Kematian Sang Pemimpin, Pukulan Bagi ISIS

Sedikit yang diketahui tentang al-Qurayshi, yang mengambil alih kepemimpinan kelompok tersebut setelah kematian pendahulunya, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi, dalam serangan AS pada Februari di barat laut Suriah.

Tak satu pun dari al-Qurayshi itu diyakini terkait. Al-Qurayshi bukanlah nama asli mereka tetapi berasal dari Quraisy, nama suku yang dimiliki Nabi Muhammad dalam Islam. ISIS mengklaim para pemimpinnya berasal dari suku ini dan "al-Qurayshi" berfungsi sebagai bagian dari nama pemimpin ISIS.

Kematian itu menandai pukulan bagi kelompok yang dikalahkan di Irak pada 2017 dan di Suriah dua tahun kemudian.

Pengumuman oleh juru bicara ISIS Abu Omar al-Muhajer datang pada saat ISIS mencoba melakukan serangan mematikan di beberapa bagian Suriah dan Irak, yang pernah dinyatakan oleh ekstremis itu sebagai kekhalifahan.

"Dia mati melawan musuh Tuhan, membunuh beberapa dari mereka sebelum dibunuh seperti seorang pria di medan perang," kata al-Muhajer.

4 dari 4 halaman

Serangan ISIS Lainnya

Sementara itu pada Rabu 30 November, sebuah ledakan bom menghantam sebuah sekolah agama di Afghanistan utara menewaskan sedikitnya 10 siswa, kata seorang pejabat Taliban. Tidak ada klaim tanggung jawab segera tetapi afiliasi Afghanistan dari ISIS telah melancarkan kampanye kekerasan yang meningkat sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus 2021.

Awal bulan ini, militan ISIS menyerang posisi tentara Irak di gubernuran barat laut Kirkuk, menewaskan empat tentara.

Kelompok ISIS memisahkan diri dari Al-Qaeda sekitar satu dekade lalu dan akhirnya menguasai sebagian besar Suriah utara dan timur serta Irak utara dan barat. Pada tahun 2014, para ekstremis mendeklarasikan apa yang disebut kekhalifahan mereka, menarik pendukung dari seluruh dunia.

Pada tahun-tahun berikutnya, mereka mengklaim serangan di seluruh dunia yang menewaskan dan melukai ratusan orang sebelum diserang dari berbagai sisi. Kelompok itu menggunakan media sosial untuk menunjukkan kepada dunia kebrutalannya, merilis video orang-orang yang dipenggal, ditenggelamkan hidup-hidup di kolam sambil dikurung di kandang logam atau dibakar setelah disiram bensin.

Pada Maret 2019, pejuang Suriah yang didukung AS merebut sebidang tanah terakhir yang pernah dikuasai para ekstremis di Provinsi Deir el-Zour di Suriah timur yang berbatasan dengan Irak. Sejak itu, ISIS telah melakukan serangan sporadis.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.