Sukses

Dua Pesawat Era Perang Dunia II Tabrakan Saat Pertunjukan Udara di Dallas AS

Dua pesawat antik era Perang Dunia Kedua (PD II) bertabrakan dan jatuh di pertunjukan udara di negara bagian Texas, AS.

Liputan6.com, Dallas - Dua pesawat antik era Perang Dunia Kedua (PD II) bertabrakan dan jatuh di pertunjukan udara di negara bagian Texas, AS.

Rekaman yang beredar menunjukkan pesawat saling bertabrakan di ketinggian rendah, mematahkan salah satu pesawat menjadi dua. Sebuah bola api dapat dilihat saat menyentuh tanah.

Pesawat - salah satunya Boeing B-17 Flying Fortress - ikut serta dalam pertunjukan udara peringatan di dekat Dallas.

Menurut laporan BBC, Minggu (13/11/2022), belum jelas berapa banyak orang yang berada di kedua pesawat itu, atau apakah ada yang selamat.

The Federal Aviation Administration (Administrasi Penerbangan Federal) mengatakan akan menyelidiki kecelakaan di Wings Over Dallas Airshow pada hari Sabtu, yang menggambarkanacara itu sebagai premiere WW2 air show (pertunjukan udara unit era PD II perdana AS).

Acara tiga hari itu diadakan untuk menghormati Hari Veteran yang jatuh pada Jumat 11 November. Antara 4.000 hingga 6.000 ribu orang dilaporkan menonton pertunjukan udara tersebut.

Wali Kota Dallas Eric Johnson menyebutnya sebagai "tragedi yang mengerikan".

"Video-video itu memilukan," cuitnya. "Tolong, ucapkan doa untuk jiwa yang terbang ke langit untuk menghibur dan mendidik keluarga kita hari ini."

Jumlah korban belum dikonfirmasi, katanya, tetapi menambahkan bahwa tidak ada orang di lapangan yang dilaporkan terluka.

Situs web acara tersebut menyatakan bahwa beberapa pesawat telah dijadwalkan untuk melakukan demonstrasi jalan layang pada hari Sabtu waktu setempat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Pesawat yang Bertabrakan

Pesawat pengebom B-17 memainkan peran utama dalam memenangkan perang udara melawan Jerman di WW2.

Pesawat kedua, P-63 Kingcobra, adalah pesawat tempur yang digunakan dalam perang yang sama, tetapi hanya digunakan dalam pertempuran oleh Angkatan Udara Soviet.

3 dari 3 halaman

Infografis Kecelakaan Pesawat di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.