Sukses

Gaet Wisatawan Jepang, Maskapai Garuda Indonesia Resmikan Rute Tokyo-Denpasar

Liputan6.com, Tokyo - Garuda Indonesia membuka kembali layanan penerbangan langsung dari Bandara Narita, Tokyo, Jepang menuju bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Denpasar Bali mulai Selasa, 1 November 2022. Pesawat Garuda dengan dengan menggunakan armada A330-GA 300 lepas landas pukul 11.00 waktu setempat dan akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 18.05 WITA. 

Dilansir dari laman Kemlu, Rabu (2/11/2022), GA 300 ini memiliki kapasitas 251 penumpang dengan konfigurasi 36 business class dan 215 economy class.

Penerbangan perdana ini dikawal langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Irfan Setiaputra dan 150 penumpang yang diantaranya adalah peserta famtrip Garuda dan sejumlah pelaku usaha serta wisatawan Jepang yang ingin berbisnis atau berlibur ke Bali.

Hadir dalam pelepasan penerbangan ini Wakil Duta Besar RI John Tjahjanto Boestami dan Koordinator Penerangan Sosial Budaya Meinarti Fauzie. Dari pihak Garuda adalah Dirut PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan Kepala Kantor Perwakilan Garuda Indonesia di Tokyo Sony Syahlan.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi memastikan dukungan penuh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dalam layanan penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Narita Tokyo Jepang menuju Denpasar Bali ini yang tentunya akan meningkatkan wisatawan mancanegara di Bali.

A'presiasi saya berikan kepada maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang melanjutkan layanan penerbangan Narita Tokyo Jepang menuju bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Denpasar Bali. Di tengah upaya Pemerintah melakukan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19, KBRI Tokyo senantiasa terus mempromosikan Indonesia bidang pariwasata khususnya dalam meningkatkan wisata di Bali," jelas Dubes Heri.

Layanan penerbangan langsung Tokyo – Denpasar ini tentu akan semakin memudahkan wisatawan mancanegara utamanya dari Jepang yang ingin berlibur ke Bali," pungkas Dubes Heri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dorong Sektor Pariwisata

"Melalui program Indonesia Friendship Day yang merupakan promosi perdagangan, pariwisata dan investasi (Trade, Tourism and Investment-TTI) KBRI Tokyo dan akan berlanjut pada program Japan Friendship Festival (IJFF) di 2023 nanti, secara masif kami akan terus mempromosikan layanan penerbangan Garuda Indonesia Tokyo – Denpasar ini. Disamping juga mengenalkan seni budaya Bali dan keindahan destinasi wisata di Pulau Dewata," tambah Dubes Heri.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan apresiasi atas dukungan KBRI Tokyo dalam penerbangan langsung dari Narita Tokyo Jepang menuju Denpasar Bali.

“Pengoperasian kembali penerbangan ini adalah upaya kami mengoptimalkan dibukanya kembali akses masuk dari dan menuju Jepang. Dibukanya kembali penerbangan Narita - Denpasar ini kedepannya juga akan dikembangkan untuk optimalisasi peluang pasar kargo khususnya bagi aktivitas ekspor komoditas unggulan di wilayah Indonesia Timur dan sekitarnya," ujar Irfan Setiaputra.

3 dari 4 halaman

Peresmian Penerbangan

Seluruh penumpang diberikan sertifikat penerbangan perdana yang ditandatangani Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Dirut PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Acara pelepasan penerbangan langsung dari bandara Narita Tokyo Jepang menuju bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Denpasar, Bali ini dimeriahkan oleh penampilan kesenian Bali yaitu tari Merak dari Ibu Ami Hasegawa yang diiringi Rindik Bali oleh Putu Setiawan.

4 dari 4 halaman

Kunjungan Turis Naik Jelang KTT G20, Beach Club di Bali Kantongi Rp 1 Miliar per Hari

Sementara itu, bisnis Food & Beverage di Bali terus membaik memasuki kuartal empat 2022. Demikian pula kunjungan wisatawan yang terus naik, meski belum sepenuhnya normal seperti sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Kedatangan wisatawan memberi dampak positif bagi bisnis kafe dan resto, terlebih menjelang Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20.

“Diperkirakan kafe, restoran hingga beach club yang ada di sekitar Bali Selatan saja, bisa mengantongi omzet mulai Rp3 juta hingga Rp 1 miliar per hari (beach club). Membuat bisnis restoran dan kafe tumbuh melebihi 100 persen,” ujar Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana, Rabu (2/11/2022).

Selengkapnya di sini...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS