Sukses

Tak Main-Main, Kekayaan PM Baru Inggris Rishi Sunak Melebihi Raja Charles III

Rishi Sunak tercatat sebagai orang terkaya ke-222 di Inggris.

Liputan6.com, London - Rishi Sunak siap menjadi perdana menteri baru Inggris setelah memenangkan persaingan sengit untuk merebutkan kepemimpinan Partai Konservatif yang berkuasa, yang dipicu oleh pengunduran diri Liz Truss minggu lalu.

Dilansir The News, Selasa (25/10/2022), faktanya, ia akan menjadi yang pertama dalam sejarah di mana penghuni 10 Downing Street akan lebih kaya dari raja di Istana Buckingham.

Mantan menteri keuangan Sunak dan istrinya, Akshata Murty dilaporkan memiliki kekayaan gabungan sebesar £730 juta atau sekitar Rp 12,8 Triliun - kira-kira dua kali lipat dari perkiraan kekayaan £300m-£350m atau sekitar Rp 6,4 Triliun dari raja baru Inggris Raja Charles dan Camilla, Permaisuri.

Mantan kanselir, yang awal tahun ini menjadi politikus garis depan pertama yang masuk dalam jejeran orang-orang terkaya Inggris oleh Sunday Times Rich List, juga hampir menyaingi Raja baru Inggris dalam hal jumlah tempat tinggal resmi.

Mantan bos hedge fund sekaligus jutawan ini lahir pada tahun 1980, di kota pelabuhan Southampton.

Orang tuanya berimigrasi ke Inggris dari Afrika Timur pada 1960-an. Namun, media India mengklaim bahwa 'Rishi Sunak akan menjadi PM asal India pertama di Inggris'.

Rishi Sunak telah menjadi pemimpin Partai Konservatif dan menjadi PM setelah bertemu Raja Charles III.

Perlu diingat bahwa jutaan warga Inggris sedang berjuang dengan biaya hidup krisis kali ini sebagai negara menghadapi tantangan ekonomi yang serius.

Dalam pidato publik pertamanya sejak memenangkan persaingan, Sunak mengatakan Inggris membutuhkan stabilitas dan persatuan untuk mengatasi krisis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rishi Sunak Diwarisi Segudang Masalah Ekonomi Inggris

Perdana menteri Inggris terbaru, yang juga mantan menteri keuangan Rishi Sunak, mewarisi kondisi ekonomi Inggris yang menuju resesi bahkan sebelum gejolak baru-baru ini dipicu oleh Liz Truss.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (25/10/2022), Perdana Menteri Truss mengundurkan diri setelah anggaran pemotongan pajak yang didanai oleh utang hingga mengakibatkan poundsterling turun.

Hal itu menyebabkan pemerintah memutar balik sebagian besar anggarannya, termasuk mengurangi batas atas melonjaknya tagihan energi yang telah berkontribusi besar terhadap krisis biaya hidup bagi puluhan juta warga Inggris.

Data pada Senin (24 Oktober) menunjukkan penurunan ekonomi Inggris telah memburuk pada Oktober, dengan output sektor swasta pada level terendah 21 bulan.

"Purchasing Managers' Index (PMI) atau Data PMI kilasan Oktober menunjukkan laju penurunan ekonomi, mengumpulkan momentum setelah gejolak pasar politik dan keuangan baru-baru ini," kata Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di S&P Global Market Intelligence yang membantu mengumpulkan angka-angka tersebut.

"Ketidakpastian politik dan ekonomi yang meningkat telah menyebabkan aktivitas bisnis turun pada tingkat yang tidak terlihat sejak krisis keuangan global pada 2009 jika bulan-bulan penguncian pandemi dikecualikan."

Williamson menambahkan bahwa data yang akan datang kemungkinan akan menunjukkan Inggris sudah berada dalam resesi.

3 dari 4 halaman

Mundurnya Liz Truss

Liz Truss mengundurkan diri pada Kamis lalu setelah hanya 45 hari menjabat sebagai perdana menteri. Dia menggantikan Boris Johnson pada 6 September setelah kampanye selama berminggu-minggu melawan rival Tory, Sunak.

Mantan kanselir keuangan telah memperingatkan dalam pertempuran untuk menggantikan Johnson bahwa pemotongan pajak yang dijanjikan oleh Truss ketika utang pemerintah telah melonjak pada intervensi COVID-19 adalah kebijakan yang salah untuk dikejar.

Dia terbukti benar karena anggaran mengirim poundsterling jatuh ke rekor terendah mendekati paritas dengan dolar dan memicu imbal hasil obligasi pemerintah melonjak.

4 dari 4 halaman

Harapan Investor Terhadap Rishi Sunak

Dengan Sunak dipandang membawa stabilitas ke pasar, poundsterling naik dan imbal hasil turun pada hari Senin.

"Investor jelas berharap Sunak akan menstabilkan ekonomi dan situasi politik - meskipun sulit untuk bekerja pada saat ini yang merupakan tugas yang lebih sulit," kata analis keuangan AJ Bell Danni Hewson.

"Selain pemulihan poundsterling dan pengurangan biaya pinjaman pemerintah (sebagai hasil turun), Sunak akan senang melihat harga gas Eropa" jatuh.

Namun, dengan inflasi Inggris pada level tertinggi 40 tahun di atas 10 persen, Bank of England akan mengungkap kenaikan suku bunga besar pada pertemuan kebijakan reguler minggu depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.