Sukses

Warga India Sambut Rishi Sunak Jadi PM Inggris, Bertepatan dengan Hari Raya Diwali

Warga India menyambut kemenangan Rishi Sunak dengan gembira.

Liputan6.com, New Delhi - Banyak orang India menyambut dengan gembira kemenangan Rishi Sunak yang menjadi orang pertama asal India yang menjadi perdana menteri Inggris. Kemenangannya bertepatan denganumat Hindu yang merayakan Deepavali di seluruh dunia pada Senin (24 Oktober).

Dilansir Channel News Asia, Selasa (25/10/2022), Sunak ditetapkan untuk menempati jabatan teratas setelah saingannya Boris Johnson dan Penny Mordaunt mengundurkan diri dari persaingan untuk menggantikan Liz Truss sebagai pemimpin Partai Konservatif. 

Truss berhenti setelah satu setengah bulan karena dukungannya menguap dan Sunak siap untuk secara resmi mengambil alih sebagai perdana menteri pada hari Senin atau Selasa.

Kemenangan Sunak pun jadi sorotan, bahkan memenuhi halaman pertama hampir seluruh surat kabar di India. 

Sunak, serta perusahaan perangkat lunak India Infosys, yang didirikan oleh ayah mertuanya, menjadi trending di Twitter di India setelah ia terpilih sebagai pemimpin partainya.

Perdana Menteri India Narendra Modi pun menyebutnya sebagai jembatan antara kedua negara.

"Ketika Anda menjadi PM Inggris, saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam isu-isu global, dan menerapkan Roadmap 2030," kata Modi, merujuk pada rencana untuk meningkatkan perdagangan dan hubungan lain antar negara.

"Keinginan khusus Diwali untuk 'jembatan hidup' antara orang India dengan Inggris, saat kami mengubah ikatan bersejarah kami menjadi kemitraan modern."

Mantan Menteri Keuangan Inggris, Sunak (42) diketahui merayakan festival lampu dalam rangka Hari Raya Diwali. Dia juga telah menyalakan lilin di luar No. 11 Downing Street - kediaman resmi menteri keuangan - untuk menandai acara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Senang oleh Warga India

Beberapa orang India mengatakan naiknya Sunak menjadi perdana menteri tahun ini akan menjadi lebih istimewa karena India baru-baru ini merayakan 75 tahun kemerdekaannya dari pemerintahan kolonial Inggris.

"Rishi Sunak mengambil sumpah sebagai anggota parlemen (kitab suci Hindu) Bhagavad Gita. Jika dia mengulangi hal yang sama untuk mengambil sumpah sebagai perdana menteri, hari yang luar biasa bagi India, itu juga pada tahun ke-75 kemerdekaan kita dari Inggris," kata Chennai warga D Muthukrishnan menulis di Twitter.

3 dari 4 halaman

Kebanggaan Warga India

Orang India biasanya sangat bangga ketika mereka yang berasal dari negara berpenduduk 1,4 miliar orang ini berhasil di luar negeri, termasuk tokoh-tokoh seperti Wakil Presiden AS Kamala Harris, CEO Microsoft Satya Nadella, dan CEO Alphabet Sundar Pichai.

Tetapi beberapa orang India bertanya-tanya apakah nasib Sunak dapat terulang di India, di mana ada penentangan yang kuat terhadap usulan pengangkatan Sonia Gandhi, yang merupakan kelahiran Italia ke jabatan perdana menteri setelah membawa partai Kongresnya meraih kemenangan elektoral pada tahun 2004.

"Saya pikir kita semua harus mengakui bahwa Inggris telah melakukan sesuatu yang sangat langka di dunia, untuk menempatkan anggota minoritas yang terlihat di kantor yang paling kuat," anggota parlemen Kongres dan mantan diplomat PBB, Shashi Tharoor, mengatakan di Twitter. 

"Saat kita orang India merayakan pendakian @RishiSunak, mari kita bertanya dengan jujur: bisakah itu terjadi di sini?"

4 dari 4 halaman

Keberhasilan Keluarga Sunak

Keluarga Sunak bermigrasi pada tahun 1960 ke Inggris, yang memerintah India selama sekitar 200 tahun sebelum negara Asia Selatan memperoleh kemerdekaan pada tahun 1947 setelah perjuangan panjang yang dipimpin oleh Mahatma Gandhi.

Beberapa pendukung Konservatif Inggris India juga merayakan kebangkitannya, dengan anggota partai Ravi Kumar, 38, dari Nottingham, menyebutnya sebagai "momen penting".

"Saya tumbuh di tahun 80-an dan 90-an, dan saya bahkan tidak bisa membayangkan seorang perdana menteri non-kulit putih dalam hidup saya," katanya. 

"Saya selalu melihatnya sebagai negara kulit putih dan kami datang sebagai anak-anak imigran ... Jadi melihat seorang pemimpin India Inggris sangat fenomenal."

Sunder Katwala, direktur think-tank British Future, juga mengatakan itu adalah momen bersejarah. Itu menunjukkan perubahan dalam politik dan kehidupan publik Inggris dalam beberapa dekade terakhir.

"Ini adalah normal baru di puncak politik Inggris dan sebagian karena kekacauan politik saat ini," katanya.

"Kami memiliki perdana menteri wanita ketiga, diikuti oleh Perdana Menteri Asia pertama ... Rishi Sunak sebenarnya adalah menteri kabinet Asia Inggris kelima dalam sejarah, dan tidak ada satu pun sejak 2010."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.