Sukses

AS Kirim Kapal Perang Tercanggih USS Zumwalt ke Asia Timur, China Bakal Berang?

Angkatan Laut AS mengirimkan kapal perang tercanggihnya ke Asia Timur.

Liputan6.com, Seoul - Kapal perang tercanggih Angkatan Laut AS menunjukkan profil tersembunyinya ke Asia Timur, di perairan Pasifik Barat, dalam misi yang memungkinkan tahap pengerahan rudal hipersonik AS ke wilayah tersebut.

Dilansir CNN, Rabu (28/9/2022), USS Zumwalt adalah yang pertama dalam kelas tiga kapal perusak rudal berpemandu multimisi yang menurut Angkatan Laut akan "menciptakan tingkat kompleksitas medan pertempuran baru bagi musuh potensial."

Di Pasifik, salah satu musuh potensial itu jelas adalah China, dan Zumwalt pasti akan mendapatkan perhatian Beijing.

"Kehadiran kapal perang siluman akan menarik banyak minat (China)," terutama jika Zumwalt dilengkapi dengan persenjataan hipersonik, demikian ungkap analis Carl Schuster, mantan kapten Angkatan Laut AS.

Sebuah laporan dari US Naval Institute mengatakan Zumwalt akan ditingkatkan tahun depan untuk mengakomodasi Common Hypersonic Glide Body (C-HGB) Pentagon, sistem senjata yang menggunakan motor roket pendorong untuk menembakkan rudal dengan kecepatan hipersonik.

Menurut laporan Congressional Research Service pada Mei 2022, "C-HGB harus dapat bermanuver, sehingga lebih sulit untuk dideteksi dan dicegat dan dapat melakukan perjalanan pada Mach 5 atau lebih tinggi ... setidaknya lima kali lebih cepat dari kecepatan suara atau hingga 13.000 mil (20.921 kilometer) per jam.

"C-HGB dimaksudkan untuk dapat menghancurkan target berdasarkan kecepatannya saja," demikian ungkap laporan itu.

Setelah melakukan kunjungan pelabuhan di Guam pekan lalu, Zumwalt tiba di Jepang pada Senin 26 September, sebut juru bicara Armada ke-7 Angkatan Laut AS.

Sebuah pernyataan Angkatan Laut mengatakan kapal perang itu telah ditugaskan ke Skuadron Perusak 15, skuadron perusak terbesar Angkatan Laut AS yang berbasis di luar Amerika Serikat, yang beroperasi dari Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka dekat Tokyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbandingan Spesifikasi Zumwalt dengan Kapal Perusak AS Lain

Dengan panjang 610 kaki (185 meter) dan bobot 16.000 metrik ton, Zumwalt adalah "kombatan permukaan terbesar dan paling berteknologi maju di dunia," begitu menurut lembar fakta Angkatan Laut.

Sebaliknya, kapal perusak kelas Arleigh Burke, tulang punggung armada Angkatan Laut AS, memiliki panjang sekitar 100 kaki (30 meter) lebih pendek dengan kapasitas di bawah 10.000 ton.

Kapal kombatan permukaan terbesar China, kapal perusak Tipe 055, memiliki kapasitas sekitar 12.000 hingga 13.000 ton.

Tetapi meskipun Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China tidak dapat menandingi ukuran Zumwalt, namun pasti dapat memenangkan pertempuran kuantitas.

Angkatan Laut AS hanya akan memiliki tiga kapal di kelas Zumwalt, yang lainnya adalah USS Michael Mansoor dan USS Lyndon B. Johnson di masa depan.

Angkatan Laut PLA memiliki enam Tipe 055 yang aktif dan lebih banyak lagi yang diharapkan akan datang sebagai bagian dari program pembuatan kapal besar-besaran yang telah membuat armada angkatan laut China menyalip AS untuk menjadi yang terbesar di dunia.

 

3 dari 4 halaman

Kapal Kontroversial

USS Zumwalt dipersenjatai dengan 80 sel peluncuran vertikal untuk rudal yang dapat menyerang target darat dan laut serta roket anti-kapal selam, tetapi Tipe 055 memiliki 112 sel peluncuran yang mampu melakukan tugas yang sama.

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa Zumwalt menawarkan serangkaian inovasi, yang paling mencolok di antaranya adalah desainnya yang tersembunyi.

"Desain lambung tumblehome yang menusuk gelombang telah memfasilitasi beragam kemajuan."

Superstruktur komposit secara signifikan mengurangi penampang radar dan tanda tangan lainnya, membuat kapal lebih sulit dideteksi oleh musuh di laut," menurut lembar fakta Angkatan Laut.

Kapal perusak kelas Zumwalt telah menjadi program yang kontroversial dan mahal bagi Angkatan Laut AS.

Dengan biaya penelitian dan pengembangan yang digulirkan, tiga kapal di kelas itu masing-masing memiliki label harga sekitar $8 miliar (Rp 121 triliun), demikian menurut laporan Kantor Akuntabilitas Pemerintah (GAO) tahun 2018 kepada Kongres.

Menurut Congressional Research Service, label harga per kapal itu akan jauh berkurang jika Angkatan Laut melanjutkan rencana awalnya untuk membangun 32 kapal perusak besar-besaran, tetapi jumlah itu dikurangi menjadi tiga kapal perusak saat ini setelah dinas memutuskan bahwa kelas Zumwalt akan membutuhkan modifikasi substansial untuk melakukan misi pertahanan rudal anti-balistik, sesuatu yang dapat dilakukan oleh Arleigh Burkes dengan lebih murah.

4 dari 4 halaman

Penugasan Kapal

Zumwalt ditugaskan pada tahun 2016, tetapi Angkatan Laut membutuhkan waktu empat tahun untuk menerima pengiriman akhir dari pembuat kapal General Dynamics setelah semua sistemnya diperiksa.

Meskipun pergerakan kapal perang biasanya disebut sebagai pengerahan, Angkatan Laut tidak menggunakan istilah itu untuk kehadiran Zumwalt saat ini di Pasifik, demikian ungkap seorang pejabat Angkatan Laut.

"Meskipun kapal dan kru sedang ditugaskan seperti kapal biasanya, pengerahan mereka merupakan bagian dari proses integrasi armada untuk memperkenalkan kelas kapal ke dalam lingkungan operasional dan memahami bagaimana kapal itu dapat beroperasi dengan kapal/platform lain dengan sebaik-baiknya," ujar pejabat itu.

Schuster, analis yang berbasis di Hawaii, menyebut gerakan Zumwalt "lebih politis daripada militer" sampai Angkatan Laut bisa mendapatkan senjata hipersonik itu di atas kapal.

"Dengan harga masing-masing lebih dari $8 miliar (Rp 121 triliun), Angkatan Laut berjuang untuk menemukan misi bagi kapal-kapal bersenjata ringan saat ini," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.