Sukses

Perjalanan Terakhir Ratu Elizabeth II, Persemayaman hingga Pemakaman

Prosesi Panjang Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dimulai di hari MInggu.

Liputan6.com, Ballater - Ratu Inggris Elizabeth II akan memulai perjalanan terakhirnya di hari Minggu dan diperkirakan akan ada ribuan rakyatnya yang akan berbaris di sepanjang rute perjalanan peti matinya dari Skotlandia, tempat di mana ia meninggal.

Keberangkatan peti ratu dari Kastil Balmoral ke Edinburgh menandai dimulainya masa berkabung nasional yang puncaknya pada pemakaman kenegaraan di London pada 19 September.

Perjalanan jasad Ratu Elizabeth II dimulai sehari setelah putranya Charles III secara resmi diproklamirkan sebagai raja, dan setelah cucu-cucunya yang sempat berseteru, William dan Harry, serta istri mereka, Kate dan Meghan, bertemu kembali secara singkat.

Sebuah mobil jenazah yang membawa peti mati raja terlama di Inggris ini akan melakukan perjalanan selama enam jam melalui kota-kota di Skotlandia sebelum tiba di Edinburgh, di mana peti jenazah akan beristirahat selama dua hari agar rakyat dapat memberikan penghormatan terakhirnya, seperti dikutip dari laman The Times of Israel, Minggu (11/9/2022)

Raja sendiri kemudian akan melakukan perjalanan ke Edinburgh pada hari Senin untuk layanan doa, sebelum tubuh ratu, yang meninggal di Balmoral pada hari Kamis di usia 96 tahun, diterbangkan ke ibukota pada hari Selasa.

Sebelum dimakamkan, jasad Ratu Elizabeth akan terlebih dahulu ditempatkan di tempat kenegaraan selama empat hari dan diperkirakan akan menarik setidaknya satu juta orang.

"Kita hidup dalam sejarah sekarang," kata Laura Burns, 49, yang berencana untuk mencoba melihat peti mati ratu yang lewat di Edinburgh setelah datang ke kota itu karena putranya mulai kuliah.

"Ini adalah suasana yang sangat terhormat," katanya kepada AFP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal Langka Demi Mendiang Ratu

Sementara aksesi Charles telah membawa Inggris ke dalam apa yang disebut surat kabar sebagai era "Carolean" baru, Inggris dan keluarga kerajaan masih berdamai dengan berakhirnya era Elizabethan.

Pangeran William memecah keheningannya dengan penghormatan emosional kepada "Grannie" tercinta pada hari Sabtu.

"Dia berada di sisiku pada saat-saat paling bahagia. Dan dia berada di sisiku selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidupku," kata William, yang kini telah menjadi Pangeran Wales.

Namun kematian sang ratu juga menghadirkan kejutan yang menunjukkan sebuah persatuan dari William, 40 , dan adik laki-lakinya, Harry, 37, ketika mereka muncul bersama istri mereka untuk berbicara dengan simpatisan di luar Kastil Windsor, dekat London.

Pemandangan kedua pasangan yang hampir tidak pernah bertemu sejak 2020, kemungkinan akan memicu banyak rumor tentang rekonsiliasi, bahkan jika mereka berpisah untuk berbicara dan berjabat tangan dengan sisi yang berbeda dari kerumunan orang yang bersorak-sorai.

Foto keempat bangsawan itu disebarkan di bagian depan surat kabar The Sun pada hari Minggu dengan tajuk utama "All 4 One."

Bangsawan senior termasuk anak-anak ratu, Putri Anne dan Pangeran Andrew dan Edward serta keluarga mereka juga turut memeriksa bunga-bunga di luar Balmoral, mereka juga tetap tinggal di Balmoral sejak kematian sang ratu.

Peti mati sang ratu, telah disimpan di ballroom Balmoral dan akan dibawa ke mobil jenazah oleh enam penjaga kebun, peti itu dibungkus dengan Standar Kerajaan Skotlandia dan karangan bunga di atasnya.

3 dari 4 halaman

Jutaan Orang Memberikan Penghormatan Terakhirnya

Perjalanan simbolis dari perjalanan terakhir sang ratu akan sangat berat bagi negara yang memiliki ikatan kerajaan yang kuat.

Iring-iringan akan berangkat pada pukul 10:00 pagi (4 sore waktu Indonesia) dan kemudian melewati Aberdeen dan Dundee sebelum mencapai Edinburgh enam jam kemudian.

Titik-titik pengamatan khusus sedang disiapkan di sepanjang rute, meskipun para pelayat akan diminta untuk tidak melemparkan bunga ke arah konvoi saat melintas.

"Kami mengantisipasi banyak hal, banyak orang yang ingin memberikan penghormatan terakhir mereka," kata Menteri Pertama Nicola Sturgeon.

Peti mati ratu akan dibawa ke Istana Holyroodhouse, kediaman resmi raja di Skotlandia, di mana peti mati itu akan diletakkan selama sehari.

Raja Charles dan bangsawan lainnya pada hari Senin akan mengambil bagian dalam prosesi untuk mengantarkan peti matinya di sepanjang Royal Mile Edinburgh ke Katedral St Giles.

Keesokan harinya, peti mati akan diterbangkan dengan jet Royal Air Force ke lapangan udara Northolt dekat London, dan akan dibawa ke Istana Buckingham. Kemudian, pada hari Rabu, peti jenazah akan dipindahkan ke Westminster Hall untuk diletakkan di negara bagian.

Raja Charles juga akan mengunjungi Irlandia Utara dan Wales untuk menunjukkan persatuan nasional, didampingi oleh Perdana Menteri Inggris Liz Truss, yang baru diangkat oleh mendiang ratu pada hari Selasa.

Dia telah melihat popularitasnya pulih sejak kematian Diana dalam kecelakaan mobil tahun 1997, tetapi dia naik takhta pada saat kecemasan yang mendalam di Inggris atas meningkatnya biaya hidup dan ketidakstabilan internasional yang disebabkan oleh perang di Ukraina.

4 dari 4 halaman

Janji Raja Charles III

Charles bersumpah pada Dewan Aksesi resmi di Istana St James pada hari Sabtu bahwa dia akan "berusaha untuk mengikuti contoh inspiratif yang telah ditunjukkan" oleh ibunya selama "masa pengabdiannya seumur hidup."

Tradisi yang telah berlangsung berabad-abad itu disiarkan langsung di televisi untuk pertama kalinya, menampilkan keriuhan terompet dan seorang pejabat istana yang mengenakan topi berbulu untuk mendeklarasikan dirinya sebagai raja dari balkon istana.

Ribuan orang telah berkumpul di luar Istana Buckingham dan kediaman kerajaan lainnya dalam beberapa hari terakhir untuk menaburkan bunga dan memberikan pesan belasungkawa, atau hanya untuk menikmati sejarah yang sedang terjadi.

Tetapi para pejabat mengharapkan jauh lebih banyak orang untuk memberikan penghormatan mereka saat ratu berada dalam prosesi keadaan kenegaraan, sebelum upacara pemakaman yang disiarkan televisi di Westminster Abbey.

Pemakaman ratu - yang naik takhta pada usia 25 tahun pada tahun 1952 - akan dihadiri oleh para pemimpin nasional termasuk Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, dan mungkin Kaisar Jepang Naruhito serta Presiden Isaac Herzog yang diperkirakan akan mewakili Israel.

Rekor 70 tahun tahtanya adalah sebuah hal yang konstan selama masa-masa yang penuh gejolak bagi Inggris, dari dunia yang kekurangan pasca-perang dan hilangnya kekaisarannya, hingga tragedi yang lebih baru seperti pandemi virus corona.

Penobatan Charles, sebuah ritual rumit yang kaya akan tradisi dan sejarah, akan berlangsung di lingkungan bersejarah yang sama di Westminster Abbey, seperti yang telah berlangsung selama berabad-abad, pada tanggal yang akan ditetapkan kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.