Sukses

Tragedi Truk Tabrak Kerumunan Pesta Barbekyu di Belanda, Enam Orang Tewas

Truk tiba-tiba menabrak kerumunan pesta barbekyu di belanda

Liputan6.com, Rotteram, Belanda - Tragedi terjadi di sebuah acara barbekyu komunitas di Belanda baru-baru ini: sebuah truk melaju dari tanggul dan menabrak kerumunan pada kegiatan tersebut.

Dilansir dari euronews, Selasa (30/8/2022), sedikitnya enam orang tewas dan tujuh lainnya terluka dalam tragedi yang terjadi Sabtu 27 Agustus sekitar pukul 06.00 sore (16:00 GMT).

Truk itu dilaporkan meninggalkan jalan di Desa Nieuw-Beijerland, 30 km (18 mil) selatan Rotterdam, Belanda lalu meluncur di tepi tanggul, dan menabrak pertemuan desa. 

Penyebab pasti kecelakaan itu sekarang sedang diselidiki, tetapi juru bicara polisi Mirjam Boers mengatakan pengemudi truk itu adalah seorang pria Spanyol berusia 46 tahun. Pelaku diketahui tidak dalam pengaruh alkohol pada saat kecelakaan itu.

"Untuk saat ini, kami menjaga semua skenario tentang fakta tetap terbuka," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Foto-foto dari tempat kejadian menunjukkan bendera-bendera tergantung di antara pohon dan kursi serta meja yang berantakan. Polisi bekerja sampai malam hingga truk diderek kembali ke jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Korban Jiwa

Para korban adalah tiga wanita berusia 28, 32 dan 75, tahun. Lalu tiga pria berusia 41, 50 dan 62 tahun. Semuanya dari daerah setempat, kata polisi.

Salah satu korban luka berada dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Polisi pertama kali mengkonfirmasi setidaknya dua orang tewas setelah kendaraan melaju ke barbekyu komunitas yang ramai, yang menurut laporan pemberitaan Belanda diselenggarakan oleh klub seluncur es.

"Kami sekarang memiliki enam orang tewas dan tujuh luka-luka, satu serius setelah kecelakaan kemarin," kata juru bicara polisi Mirjam Boers. "Kami masih menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi."

Foto-foto dari tempat kejadian mengidentifikasi truk itu milik perusahaan El Mosca yang berbasis di Spanyol.

Wali Kota setempat Charlie Aptroot mengunjungi tempat kejadian Sabtu malam.

"Belasungkawa saya sampaikan kepada para korban, keluarga mereka, saksi mata dan responden pertama," katanya dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan bahwa dia telah berbicara dengan banyak orang di tempat kejadian dan menyatakan "penghargaan atas cara orang-orang ada untuk satu sama lain."

3 dari 4 halaman

Kesedihan yang Tak Terbayangkan

Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima mengatakan mereka "terkejut" dengan tragedi itu.

"Kami terkejut dan tersentuh oleh kecelakaan mengerikan di Nieuw-Beijerland tadi malam di mana begitu banyak orang tewas. Kesedihan yang tak terbayangkan dalam komunitas yang erat ini," kata mereka dalam pesan resmi.

"Keluarga yang terkena dampak ada dalam pikiran kami dan kami berharap kekuatan yang terluka dalam perjalanan mereka menuju pemulihan sebaik mungkin."

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte juga menyampaikan belasungkawa.

"Berita mengerikan, karena pikiran saya bersama para korban dan kerabat dari drama mengerikan ini. Saya berharap mereka banyak kekuatan," kata Rutte di Twitter.

Mengutip saksi, penyiar regional Rijnmond mengatakan truk itu berhenti sejenak di pertigaan di tanggul Zuidzijdsedijk yang sempit, sebelum lepas landas dan menabrak para pengunjung pesta.

4 dari 4 halaman

Terdapat Korban Wanita Hamil

Dikutip dari aljazeera, Minggu 28 Agustus 2022, tiga dari korban seorang ibu, anak laki-laki dan menantu perempuan yang sedang hamil delapan bulan  berasal dari keluarga yang sama, lapor penyiar, mengutip pengumuman gereja setempat.

Insiden itu telah mengguncang komunitas yang erat di wilayah Nieuw-Beijerland dengan polisi meminta lebih banyak saksi untuk membantu penyelidikan.

"Karena barbekyu lingkungan, banyak orang hadir selama insiden itu," kata polisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.