Sukses

Banjir Rendam Seoul, Mobil-Mobil di Gangnam Tenggelam

Banjir besar melanda Seoul pada Senin malam (8/8/2022).

Liputan6.com, Seoul - Wilayah Seoul dan Provinsi Gyeonggi dilanda banjir akibat hantaman hujan deras pada Senin malam (8/8/2022). Area dekat Stasiun Gangnam pun terendam air. 

Hal itu menjadi sorotan netizen di Twitter. Seoul dan Korea kini sedang menjadi trending topic.

Banyak foto-foto di media sosial yang menampilkan kondisi air menenggelamkan mobil di area stasiun Gangnam. Bagian dalam Stasiun Isu juga tenggelam.

Ada juga laporan mati lampu di wilayah Gangnam yang terkenal elit. 

Menurut laporan Yonhap, pada pukul 21.00 waktu setempat sejumlah toko di terminal yang berlokasi di Gangnam terendam air. Ada juga laporan bocornya air di Convention and Exhibition Center di Seoul.

Pihak berwenang mendapatkan banyak laporan kendaraan tenggelam dan pohon-pohon yang roboh. Kereta-kereta di Seoul dilaporkan turut mengalami delay karena banjir yang terjadi. 

Walikota Oh Sehun dilaporkan sudah kembali ke kantornya untuk menangani banjir yang terjadi. Hujan deras juga terjadi di Incheon. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seoul Hujan Lebat hingga Banjir

Sebelumnya dilaporkan, hujan mengguyur wilayah tengah Korea Selatan, termasuk wilayah ibu kota, pada Senin (8/8) kata Badan Cuaca di Seoul.

Akibat curah hujan tinggi, sejumlah wilayah dilanda banjir. Rumah, gedung, dan properti lainnya tergenang air hingga 170 milimeter.

Administrasi Meteorologi Korea (KMA) mengeluarkan peringatan hujan lebat di pagi hari di seluruh ibu kota dan kota pelabuhan barat Incheon serta bagian utara Provinsi Gyeonggi yang mengelilingi Seoul dan Provinsi Gangwon utara.

Peringatan tersebut dikeluarkan ketika curah hujan diprediksi melebihi 60 milimeter dalam rentang tiga jam atau 110 mm dalam 12 jam, seperti dikutip dari laman en.yna.co.kr, Senin (8/8/2022).

Di Yeoncheon, 62 kilometer utara Seoul, hujan turun pada pukul tiga sore waktu setempat. Serta banjir dengan ketinggian 87,9 mm di Incheon, kata KMA.

Di Seoul, curah hujan mengakibatkan banjir setinggi 60 mm, sedangkan curah hujan 78,5 mm di Cheorwon, dan sekitar 71 di timur laut Seoul.

Hujan deras melanda Seoul terutama di sore hari, menyebabkan banjir dan pemadaman listrik di beberapa daerah.

Sementara itu, penduduk di daerah dataran rendah mengungsi untuk alasan keselamatan. Bagian dari jalur kereta bawah tanah terpaksa berhenti akibat banjir.

Pada pukul 9 malam waktu setempat, beberapa toko di terminal bus ekspres di distrik Gangnam Seoul selatan juga ikut terendam air.

Tidak ada korban yang dilaporkan di daerah tersebut, tetapi kerusakan properti terjadi.

Pihak berwenang juga menerima banyak laporan tentang kendaraan dan lahan pertanian yang terendam, kerusakan jalan dan pohon tumbang juga dilaporkan dari daerah yang terkena hujan deras.

Badan cuaca di Seoul sebelumnya mengatakan wilayah tengah negara di Korsel dan Provinsi Gyeonggi utara diperkirakan akan mengalami hujan deras yang dikombinasikan dengan angin kencang, guntur dan kilat karena benturan massa udara dingin dan hangat menghasilkan front stasioner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.