Sukses

Suspeknya Terdeteksi di Indonesia, Ini 6 Hal yang Wajib Anda Tahu Soal Cacar Monyet

Hal-hal yang harus Anda ketahui soal penyakit cacar monyet.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan RI mengatakan bahwa ada satu pasien di Jawa Tengah yang suspek cacar monyet.

Gejala pada pasien tersebut mirip dengan gejala-gejala yang terjadi pada pasien monkeypox. Meski begitu, belum pasti orang tersebut terkonfirmasi terkena cacar monyet.

Kecemasan seputar virus mungkin tampak mengingatkan pada masa-masa awal COVID-19, tetapi cacar monyet tidak menyebar semudah virus corona dan jarang mematikan.

“Bahaya bagi populasi luas saat ini masih relatif rendah,” kata Dr. Prathit Kulkarni, asisten profesor kedokteran - penyakit menular di Baylor College of Medicine. 

“Ini tidak pada skala yang sama – bahkan tidak mendekati – dengan skala COVID. Kemungkinan itu akan berubah menjadi sesuatu seperti itu jauh lebih rendah.”

Dilansir dari laman Dallas Times, Kamis (4/8/2022), berikut adalah sejumlah hal yang wajib Anda tahu soal penyakit cacar monyet:

1. Apa itu cacar monyet?

Monkeypox adalah infeksi virus yang disebabkan oleh virus yang menyebabkan gejala yang mirip dengan virus cacar yang sekarang sudah diberantas. Itu ditemukan pada hewan yang digunakan untuk percobaan laboratorium pada 1950-an, dan kasus manusia pertama tidak muncul sampai 1970 di Republik Demokratik Kongo.

Sejak itu, sebagian besar kasus dilaporkan di negara-negara Afrika Tengah dan Barat, meskipun ada kasus yang didokumentasikan di luar benua Afrika.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Apa saja gejalanya?

Sekitar satu hingga dua minggu setelah terinfeksi, pasien biasanya mengalami gejala seperti flu, termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, dan kelelahan.

Beberapa hari setelah mengalami demam, pasien mengalami ruam yang sering dimulai di wajah sebelum menyebar ke tempat lain.

Wabah saat ini terlihat sedikit berbeda dari infeksi cacar monyet di masa lalu, kata Kulkarni. 

“Ini sedikit lebih ringan. Terkadang orang tidak memiliki gejala lain seperti demam, menggigil, sakit kepala atau merasa lelah. Mereka hanya mengalami ruam,” katanya.

Dan ruam kali ini mungkin lebih terbatas di tempat penyebarannya. Banyak pasien hanya melaporkan ruam di area genital, kata Kulkarni.

Orang yang mencurigai mereka memiliki virus harus menghubungi dokter mereka untuk informasi lebih lanjut tentang protokol pengujian dan isolasi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

3. Berapa lama itu bertahan dan apa yang harus saya lakukan?

Penyakit ini biasanya berlangsung dua sampai empat minggu. Orang yang terinfeksi virus harus mengisolasi diri mereka sendiri sampai semua luka berkeropeng dan terlepas dan lapisan kulit utuh baru terbentuk, menurut panduan CDC. Bekas luka atau perubahan warna kulit mungkin tetap ada setelah koreng terlepas.

4. Bagaimana virus menyebar?

Cacar monyet terutama menyebar dari hewan ke orang atau orang ke orang melalui kontak kulit ke kulit dengan lesi, cairan tubuh dan barang-barang yang terkontaminasi seperti pakaian dan tempat tidur.

Meskipun virus mungkin menyebar melalui tetesan pernapasan, yang dikeluarkan ketika seseorang berbicara atau bernapas, Kulkarni mengatakan jauh lebih sulit untuk menularkannya dengan cara itu.

“Anda harus dekat dengan seseorang untuk waktu yang lama. Interaksi yang lewat dengan seseorang, ketika Anda berjalan melewatinya atau sesuatu, biasanya tidak dianggap cukup untuk menularkan virus.

4 dari 4 halaman

5. Apakah cacar monyet adalah infeksi menular seksual?

“Tidak persis dalam pengertian klasik, seperti sifilis atau gonore,” kata Kulkarni.

Monkeypox dapat menyebar melalui kontak dekat.

“Secara alami, kontak seksual melibatkan kontak dekat, jadi ini adalah bagian dari kontak dekat,” katanya. 

“Kebetulan dalam wabah ini ada jumlah yang tidak proporsional dari jenis kontak dekat itu dan dengan demikian penularan terjadi.”

6. Sebagian besar kasus saat ini adalah pada pria yang berhubungan seks dengan pria. Apakah virus hanya menyerang komunitas LGBTQ?

“Kami telah melihatnya di komunitas pria yang berhubungan seks dengan pria, tetapi, seperti yang dapat Anda bayangkan, karena ada komponen kontak kulit-ke-kulit dari ini dan penyebaran dengan itu, itu dapat menyebar ke orang lain,” kata Rick Ornberg, seorang praktisi perawat keluarga di Prism Health North Texas, sebuah organisasi perawatan kesehatan HIV/AIDS.

Cacar monyet dapat menyerang siapa saja, dan tidak harus menyebar melalui hubungan seks.

“Bahkan ada beberapa anak yang tertular, masyarakat tertular melalui penularan rumah tangga dan tanpa kontak seksual,” kata Kulkarni. 

“Tentu saja orang yang tidak termasuk dalam kategori laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki juga bisa terkena cacar monyet. Hanya saja tidak proporsional di masyarakat saat ini.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.