Sukses

Pria di India Tak Mandi Selama 22 Tahun, Ternyata Tujuannya Mulia

Liputan6.com, Bihar - Seorang pria berusia 62 tahun dari Bihar, India menjadi perhatian banyak pihak di negara asalnya setelah terungkap dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade. Dharamdev Ram terkenal di kampung halamannya di Baikunthpur.

Seperti dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (2/8/2022), semua orang tahu bahwa dia belum mandi dalam 22 tahun, tetapi tidak ada yang mengejeknya karena itu, sebaliknya, orang sangat menghormati keputusannya.

Itu karena pria berusia 62 tahun itu bersumpah untuk menghindari mandi sampai kekerasan terhadap perempuan, sengketa tanah antarlaki-laki, dan pembunuhan hewan tak berdosa berhenti. Itu belum terjadi, jadi Dharamdev ia terus menegakkan sumpah dan pendiriannya.

"Pada tahun 1975, saya bekerja di sebuah pabrik di Jagdal, Bengal, dan menikah pada tahun 1978 dan menjalani kehidupan normal," kata Dharamdev Ram baru-baru ini kepada ETV Bharat.

"Tetapi pada tahun 1987, saya tiba-tiba menyadari bahwa sengketa tanah, pembunuhan hewan, dan kekejaman terhadap perempuan mulai meningkat. Jadi, untuk mencari jawaban, saya mendekati seorang 'Guru' yang menjadikan saya sebagai muridnya dan mengilhami saya untuk mengikuti jalan bhakti. Sejak itu, saya menuju jalan bhakti dan mulai bermeditasi untuk Dewa Rama."

Pada 2000, ketika dia bersumpah untuk tidak mandi sampai kesalahan yang disebutkan di atas berhenti, Ram juga berhenti dari pekerjaannya di pabrik tempat dia bekerja, tetapi dengan cepat kembali karena tekanan dari keluarganya sendiri.

Namun, ketika tersebar tentang janjinya yang tidak biasa, dia dipecat, dan dia menganggur sejak itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tetap pada Pendiriannya

Istri Ram, Maya Devi, meninggal pada tahun 2003. Bertahun-tahun kemudian, salah satu putranya meninggal, tetapi dia juga tidak melanggar sumpahnya, dan dia terus melakukannya, meskipun putranya yang lain meninggal tahun ini.

Upaya Dharamdev Ram yang tidak biasa untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan hewan, serta sengketa tanah menjadi viral di India baru-baru ini, memicu penyelidikan jurnalistik.

Wartawan melakukan perjalanan ke Baikunthpur, di distrik Gopalganj Bihar untuk mewawancarai Ram dan sejumlah penduduk setempat, yang semuanya membenarkan bahwa dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

Jika Anda berpikir 22 tahun tanpa mandi adalah waktu yang lama, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang pria terkotor di dunia asal Iran berusia 87 tahun yang tidak mandi selama 67 tahun.

Seperti dia, Dharamdev Ram tampaknya dalam keadaan sehat, mengingat kebersihannya yang buruk, setidaknya menurut standar modern.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

4 Alasan Baik Mengapa Tak Perlu Mandi Sebelum Tidur

Rasanya sangat menyegarkan jika mandi sebelum pergi ke tempat tidur. Sebab, dengan mandi badan akan lebih bersih. Apalagi mandinya dengan air panas.

Tapi dari sudut pandang medis, mandi sebelum tidur bukanlah cara terbaik untuk tidur nyenyak.

Faktanya, kebiasaan yang tampaknya sehat ini mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan.

Dikutip dari laman Bright Side, berikut ini terdapat bukti yang menunjukkan mandi sebelum tidur mungkin tidak sebaik yang Anda kira:

1. Tidak Bisa Tertidur dengan Mudah

Mandi air panas atau mandi tepat sebelum Anda menyentuh bantal mungkin tampak nyaman. Tetapi pada kenyataannya, itu dapat mengganggu tidur Anda.

Anda beristirahat lebih baik ketika suhu tubuh sedikit lebih rendah, dan saat tubuh mulai mempersiapkan diri untuk tidur malam yang nyenyak, suhu tubuh turun sedikit.

Mandi air panas akan meningkatkan suhu inti yang bisa membingungkan tubuh. Jika Anda merasa tidak bisa tidur tanpa mandi, pilihlah mandi air hangat satu atau dua jam sebelum tidur.

4 dari 4 halaman

2. Membuat Jantung Berdebar Kencang

Jika Anda pernah merasa jantung berdetak lebih cepat setelah mandi air panas, sebenarnya ada penjelasan ilmiah untuk hal ini.

Air panas meningkatkan tekanan darah dan para ahli medis memperingatkan bahwa itu bahkan dapat membuat tubuh menjadi sangat panas dan menyebabkan gangguan pada jantung.

Saat jantung berpacu, Anda cenderung menghabiskan malam dengan berguling-guling, yang pada akhirnya dapat menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan.

3. Menambah Berat Badan

Makan malam yang lezat dan mandi air panas setelahnya mungkin tampak seperti cara yang sempurna untuk mengakhiri hari dan pergi ke tempat tidur.

Namun pada kenyataannya, mandi setelah makan dapat membingungkan sistem pencernaan dan menyebabkan penambahan berat badan.

Pencernaan membutuhkan peningkatan aliran darah menuju perut, dan mandi menyebabkan darah mengalir ke bagian lain dari tubuh.

Jika Anda merasa benar-benar perlu mandi di malam hari, lebih baik menunggu setidaknya 30 menit setelah makan.

4. Buruk Bagi Rambut

Mandi tepat sebelum tidur dan tidur saat rambut masih basah tidak akan menguntungkan bagi kesehatan.

Tidur dengan rambut basah akan menyebabkan sarung bantal menyerap kelembapan dan menciptakan lingkungan hangat dan lembap yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri berbahaya.

Pada gilirannya, dapat menyebabkan berbagai masalah kulit kepala, seperti gatal, iritasi, dan ketombe.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS