Sukses

Kapal Perang Amerika USS Frank Cable Bersandar di Jakarta, Ada Bioskop hingga Robot

Kapal USS Frank Cable adalah kapal support untuk angkatan laut AS.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal USS Frank Cable tiba di Indonesia pada 20 Juni 2022. Kapal yang beroperasi di Pasifik Barat itu berfungsi sebagai platform perbaikan dan dukungan yang mobile untuk Komandan Armada Ketujuh Amerika Serikat.

Mayoritas pelaut yang bertugas di kapal itu juga adalah engineer. Meski begitu, tersedia bioskop mini di dalamnya.

Kepala Media di kapal tersebut, K. Jeannie Chung menjelaskan, pihak Amerika Serikat tertarik untuk melakukan pelatihan dengan Angkatan Laut Indonesia. "Kami melakukan pertemuan bilateral keenam dengan pasukan kapal selam Indonesia," ujar Chung kepada awak media di kapal tersebut, Jumat (22/7/2022). 

Pihak kapal USS Frank Cable juga sempat menyambut para pelajar Indonesia dari SMK Pelayaran Pembangunan.

Ada sekitar 500 kru di atas kapal tersebut yang terdiri atas anggota Navy maupun sipil. Sebanyak 350 orang adalah pelaut yang sekitar 180 di antaranya merupakan engineer. Sisanya merupakan kru sipil.

Kapal USS Frank Cable bisa membantu kapal-kapal AS yang mengalami kerusakan supaya tidak perlu jauh-jauh pulang ke Negeri Paman Sam untuk diperbaiki. Kapal turut dilengkap lima kapal penyelamat, serta peralatan menyelam, termasuk deep diving.

Ada pula robot mini untuk memeriksa bagian bawah kapal yang bermasalah apabila terlalu berbahaya untuk diperiksa dengan menyelam. Kapal itu memiliki kecepatan hingga 18 knot.

Sebelum tiba di Indonesia, kapal itu telah berkunjung ke Brisbane, Hongkong, Singapura, Malaysia, Rusia, Filipina, dan Jepang. Namun, mereka menolak mengungkap ke mana kapal mereka akan pergi setelah mengunjungi Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Frank Cable

Nama Frank Cable terinspirasi dari Frank Taylor Cable merupakan pelopor awal dalam pengembangan kapal selam untuk Angkatan Laut AS.

Pria kelahiran tahun 1863 ini merupakan komandan sipil dalam pengembangan kapal selam USS HOLLAND (SS-1), sebelum diterima menjadi anggota AL AS dan ditugaskan tahun 1900.

Frank Cable juga dikenal sebagai salah satu pendiri perusahaan Electric Boat Company. Perusahaan General Dynamics Electric Boat masih terus beroperasi hingga saat ini dan berhasil membangun kapal selam bertenaga nuklir paling modern di AS untuk kelas Seawolf dan Virginia. 

Pada kapal ini adalah ruangan bioskop mini, serta perpustakaannya. Ruangan-ruangan itu bisa digunakan oleh semua kru kapal dan tak hanya level tertentu. Di perpustakaan mini itu terdapat novel-novel general fiction, seperti buku tulisan James Patterson.

Di pintunya, ada tulisan "Ibumu tidak bekerja di sini" untuk mengingatkan supaya kru yang memakai ruangan agar tidak berantakan.

Ada juga ruangan seni. Di ruang itu ada yang menggambar foto Tim 7 saat Kakashi Hatake berfoto bersama Naruto Uzumaki, Sakura Haruno, dan Sasuke Uchiha. 

Salah satu kru di kapal itu bahkan ada yang berusia 20 tahun. Wanita muda itu turut bertugas sebagai fotografer. Sementara, K. Jeannie Chung yang memandu para wartawan sebenarnya memiliki latar belakang sekolah hukum. Namun, ia mengaku ingin mencoba mengabdi kepada masyarakat lewat US Navy. Berkat kapasitasnya di bidang hukum, Chung menjadi penasihat pemimpin kapal terkait aturan-aturan hukum terkait batas negara.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jadwal dan Cara Daftar Rekrutmen Bintara TNI AL Gelombang II 2022

Beralih ke dalam negeri, rekrutmen TNI AL gelombang II tahun 2022 telah dibuka pada 11 Juli 2022. Diketahui bahwa Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut atau TNI AL kini kembali membuka kesempatan bagi yang ingin menjadi Bintara gelombang II tahun 2022. 

Pendaftaran Bintara TNI AL gelombang II 2022 dibuka secara online melalui laman al.rekrutmen-tni.mil.id hingga 11 Agustus 2022.

"TNI Angkatan Laut membuka kesempatan bagi para pemuda/pemudi Indonesia untuk dididik menjadi Bintara PK Pria/Wanita TNI AL Gel II Tahun 2022," demikian keterangan dikutip dari laman al.rekrutmen-tni.mil.id, Selasa (12/7/2022).

Berikut adalah persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mendaftar rekrutmen Bintara TNI AL 2022 : 

1. Warga negara indonesia.

2. Beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa.

3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD negara RI tahun 1945.

4. Berusia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama.

5. Sehat jasmani dan rohani termasuk tidak pernah terlibat penggunaan narkoba.

6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

7. Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian negara republik indonesia (polres setempat); dan

8. Lulus seleksi yang dilaksanakan oleh tim panda serta panpus yang ditunjuk kasal.

Adapun cara mendaftar Bintara TNI AL 2022 :

1. Calon mendaftar secara online melelui internet pada website al.rekrutmen-tni.mil.id dengan mengisi formulir pendaftaran.

2. Daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran dan dokumen asli beserta fotocopy yang sudah dilegalisir masing-masing (2) lembar antara lain:

a) Akte Kelahiran,

b) KTP Calon, KTP Orang Tua/Wali

c) Kartu Keluarga (KK)

d) Ijazah dan SKHU SD, SMP, SMA sederajat masing-masing foto copy dan dilegalisir satu lembar

e) Akte kematian (bagi orang tua yang sudah meninggal)

f) Akte nikah dan akte Cerai (bagi orang tua yang menikah lagi)

g) Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4x6 cm dua (3) lembar, 3x4 cm tiga (3) lembar serta stopmap warna biru

3. Pakaian calon saat mandaftar menggunakan kemeja putih dan celana kain hitam.

4 dari 4 halaman

Jadwal Kegiatan Penerimaan Calon Bintara TNI AL Gelombang II 2022

Seleksi Tingkat Pusat Puslatdiksarmil Kodiklatal :

1. Sosialisasi dan Publikasi 27 Juni s.d. 10 Juli 2022.

2. Pendaftaran Online 11 Juli 2021  s.d. 11 Agustus 2022.

3. Validasi Pendaftaran tanggal 18 Juli 2021 s.d. 11 Agustus 2022.

4. Laporan animo terakhir 11 Agustus 2022.

5. Selekeksi tingkat daerah  11 Agustus s.d. 19 September 2022.

6. Sidang Pantukhir Daerah : 20 September 2022.

7. Rakor Pemanggilan Seleksi tingkat Pusat 21 September 2022.

8. Calon tiba di Panpus Malang 29 September  2022.

9. Pemeriksaan dan pengujian tingkat Pusat 01 s.d. 8 Oktober  2022

10. Rakorset tingkat Pusat 10 Oktober 2022.

11. Prasidang Komisi Pantukhir 11 Oktober 2022.

12. Sidang komisi Pantukhir 12 Oktober 2022.

13. Pengumuman dan pemulangan 13 Oktober 2022.

14. Pengiriman dan penyerahan calon ke Satdik Puslatdiksarmil Kodiklatal 13 Oktober 2022.

15. Pembukaan Pendidikan 14 oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.