Sukses

Arab Saudi Buka Wilayah Udaranya Untuk Semua Maskapai, Termasuk Israel

Arab Saudi mengatakan akan membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai penerbangan, termasuk Israel.

Liputan6.com, Riyadh - Arab Saudi mengatakan akan membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai penerbangan, termasuk Israel.

Otoritas Umum Penerbangan Sipil Saudi (GACA) mengatakan pada hari Kamis bahwa wilayah udara negara itu sekarang terbuka untuk semua operator yang memenuhi persyaratannya untuk penerbangan -- asal sejalan dengan konvensi internasional yang mengatakan tidak boleh ada diskriminasi antara pesawat sipil.

Keputusan itu diyakini bisa “memperlancar upaya yang bertujuan untuk mengkonsolidasikan posisi Arab Saudi sebagai pusat global yang menghubungkan tiga benua dan untuk meningkatkan konektivitas udara internasional”, GACA menambahkan dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Jumat (15/7/2022) pengumuman kebijakan area udara terbuka oleh Riyadh mengartikan penerbangan yang lebih pendek dari Asia ke Israel.

Karena maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut tidak lagi diharuskan mengambil jalan memutar yang panjang di sekitar Arab Saudi dalam perjalanan ke Israel.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang mengunjungi ke Arab Saudi pada Jumat sebagai bagian dari tur regional, menyambut baik langkah Riyadh.

“Keputusan ini membuka jalan bagi kawasan Timur Tengah yang lebih terintegrasi, stabil, dan aman, yang sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran dan untuk keamanan dan kemakmuran Israel,” ujar pihak Keamanan Nasional Gedung Putih Penasihat Jake Sullivan dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, seorang pejabat AS mengatakan bahwa Arab Saudi akan segera memberikan maskapai penerbangan Israel akses penerbangan tanpa batas dan mengizinkan penerbangan charter langsung dari Israel untuk umat Islam yang berpartisipasi dalam ziarah haji tahunan di Mekah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan Israel dan Arab Saudi

Israel dan Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatik, dan kerajaan tersebut tidak mengakui Israel sebagai sebuah negara.

Namun, di balik layar, kedua belah pihak telah bekerja sama dalam masalah keamanan selama beberapa waktu, karena keduanya khawatir dengan pengaruh yang semakin besar dari musuh bersama mereka, Iran di wilayah tersebut.

Arab Saudi sebenarnya telah mengizinkan penggunaan wilayah udaranya untuk penerbangan antara Israel dan Uni Emirat Arab dan Bahrain sejak dua tetangga Teluknya menjalin hubungan diplomatik dengan Israel pada 2020 di bawah mediasi AS.

Pada tahun 2020, kontrol lalu lintas udara Saudi mengizinkan sebuah pesawat Israel dalam perjalanannya ke India untuk terbang melalui wilayah udaranya guna menghindari cuaca buruk, menurut sebuah laporan.

3 dari 4 halaman

Presiden AS Joe Biden Tiba di Israel Sebelum Kunjungi Arab Saudi

Presiden AS Joe Biden mengunjungi Israel pada awal tur regional yang penting, yang akan mencakup perjalanan kontroversial ke Arab Saudi.

Dilansir BBC, Kamis (14/7/2022), ini adalah perjalanan pertamanya ke Timur Tengah sejak menjabat. 

Biden juga akan bertemu dengan presiden Palestina serta para pemimpin Israel dan Saudi.

Palestina telah menyatakan frustrasi bahwa AS tidak berbuat lebih banyak untuk mereka sejak kepresidenannya dimulai pada tahun 2021. Tetapi fokus utamanya adalah pada perjalanannya ke Saudi karena ketegangan atas hak asasi manusia.

Biden telah menghadapi kritik atas pertemuan yang direncanakan pada hari Sabtu dengan pemimpin de facto kerajaan, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang dituduh oleh badan-badan intelijen AS menyetujui pembunuhan jurnalis pembangkang Saudi Jamal Khashoggi di Turki pada 2018. 

Pangeran membantah tuduhan itu, dan jaksa Saudi menyalahkan agen Saudi yang "bersalah".

Ketika dia berkampanye untuk kepresidenan pada tahun 2019, Biden bersumpah untuk menjadikan Arab Saudi "pariah seperti mereka" karena membunuh Khashoggi, yang tinggal di AS dan menulis kolom untuk Washington Post.

Biden membela kunjungannya dalam sebuah tulisan di Washington Post pada hari Sabtu, dengan mengatakan "tujuannya adalah untuk mengarahkan kembali - tetapi tidak memutuskan - hubungan" dengan Riyadh.

Kunjungan itu juga dilakukan pada saat harga minyak naik, dan produksi energi diharapkan menjadi agenda diskusi antara Biden dan Pangeran Mohammed, yang negaranya merupakan produsen minyak terbesar di dunia. 

4 dari 4 halaman

Kunjungan ke Israel

Presiden dan Menteri Luar Negerinya, Antony Blinken, akan menghadiri pertemuan puncak regional di Arab Saudi, di tengah laporan bahwa AS sedang mencari kesepakatan tentang kerjasama pertahanan yang lebih erat antara Israel dan beberapa negara Arab - beberapa di antaranya musuh lama - untuk melawan ancaman dari Iran.

Biden akan menjadi presiden AS pertama yang terbang langsung ke Arab Saudi dari Israel, yang dipandang sebagai tanda kecil tapi signifikan dari penerimaan Riyadh yang semakin besar terhadap Israel setelah puluhan tahun boikot dalam solidaritas dengan Palestina.

Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengatakan pesawat Biden akan "membawa pesan perdamaian dan harapan dari kami" ke Saudi.

Setelah mendarat di bandara Ben Gurion Tel Aviv pada Rabu sore, presiden menuruni tangga Air Force One untuk disambut oleh pimpinan Israel, termasuk Lapid. 

Saat jabat tangan ditawarkan, Biden malah merangkul Lapid dan Presiden Israel Isaac Herzog. Dia kemudian berjabat tangan dengan pemimpin oposisi Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.