Sukses

Sambut Para Pemimpin ASEAN dalam KTT dengan AS, Joe Biden Akan Fokus Bahas China

Presiden AS Joe Biden akan segera menyambut kehadiran para pemimpin ASEAN dalam KTT AS-ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joe Biden akan menjamu para pemimpin Asia Tenggara di Washington minggu ini, dan berusaha untuk menunjukkan pemerintahannya tetap fokus pada Indo-Pasifik dan tantangan jangka panjang China meskipun ada krisis Ukraina.

KTT yang berlangsung selama dua hari dengan 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dimulai dengan makan malam Gedung Putih pada Kamis (12 Mei) sebelum pembicaraan di Departemen Luar Negeri pada hari Jumat. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (12/5/2022).

Ini akan menjadi pertama kalinya para pemimpin ASEAN berkumpul sebagai sebuah kelompok di Gedung Putih. Presiden Barack Obama adalah pemimpin AS terakhir yang menjadi tuan rumah mereka, di Sunnylands di California pada 2016.

Hingga delapan pemimpin ASEAN diharapkan hadir dalam KTT tersebut. Pemimpin Myanmar telah disingkirkan karena kudeta tahun lalu dan Filipina dalam masa transisi setelah pemilihan.

Gedung Putih mengatakan diskusi sedang berlangsung dengan ASEAN tentang memiliki kursi kosong mewakili Myanmar di KTT untuk mencerminkan ketidakpuasan atas kudeta.

Para pemimpin ASEAN, didampingi oleh Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai, akan bertemu dengan para pemimpin bisnis AS pada hari Kamis, Gedung Putih mengatakan kepada wartawan melalui telepon.

KTT berlangsung menjelang kunjungan Biden pada 20-24 Mei ke Korea Selatan dan Jepang, yang mencakup rencana untuk bertemu dengan sesama pemimpin negara-negara Quad - Australia, India dan Jepang - yang berbagi keprihatinan dengan AS tentang ambisi China untuk memperluas pengaruhnya di wilayah dan secara global.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterlibatan AS di ASEAN

Koordinator Indo-Pasifik Biden, Kurt Campbell, berbicara di sebuah think tank pada hari Rabu tentang pengertian yang mendalam dalam administrasi tentang perlunya untuk tidak terganggu dari Indo-Pasifik, dan mengatakan akan berusaha untuk meningkatkan investasi dan keterlibatan AS di negara-negara ASEAN.

Dia mengatakan China, Myanmar, Taiwan dan Ukraina akan menjadi salah satu isu yang dibahas.

"Kami percaya sangat penting bagi negara-negara lain untuk menggarisbawahi secara publik dan pribadi bahwa apa yang telah terjadi di Ukraina tidak boleh terjadi di Asia," katanya, merujuk pada ancaman China untuk merebut kembali Taiwan dengan paksa jika perlu.

Campbell mengakui kritik bahwa keterlibatan AS dengan ASEAN telah berkurang di banyak bidang penting.

"Kami harus mengirim sinyal bahwa Amerika Serikat akan menjadi mitra tetap, dan bahwa kepentingan strategis kami mendorong kami dan mengarahkan kami untuk memainkan peran yang lebih besar dari waktu ke waktu," katanya.

3 dari 4 halaman

Misi Bersama ASEAN

Campbell mengatakan pada hari Senin akan ada diskusi "substansial" dengan ASEAN mengenai teknologi, pendidikan, infrastruktur, dan bahwa Washington akan segera mengumumkan rencana untuk memerangi penangkapan ikan ilegal di Pasifik dengan lebih baik.

Kate Rebholz, penjabat duta besar AS untuk ASEAN mengatakan KTT itu akan membawa "pernyataan visi AS-ASEAN yang ambisius dan berwawasan ke depan" dan inisiatif baru, termasuk kemitraan dalam kesehatan masyarakat, iklim, dan pertumbuhan ekonomi.

Bahkan jika KTT sebagian besar bersifat simbolis dan tidak ada kemajuan dramatis yang diharapkan, para analis dan diplomat mengatakan fakta bahwa pertemuan itu berlangsung bertujuan untuk menunjukkan bahwa China tetap menjadi tantangan kebijakan luar negeri jangka panjang AS, terlepas dari tindakan Rusia di Ukraina.

Mereka mengatakan kemungkinan akan meningkatkan "kemitraan strategis" AS-ASEAN saat ini dengan menambahkan sebuah kata untuk menjadikannya kemitraan strategis "komprehensif", yang sejalan dengan deskripsi hubungan ASEAN dengan Australia dan China.

"Pertemuan itu adalah pesan ... bahwa AS sebenarnya mampu berjalan dan mengunyah permen karet pada saat yang sama, dan tidak terganggu," Bilahari Kausikan, mantan sekretaris tetap kementerian luar negeri Singapura, mengatakan kepada think tank Stimson Center pada hari Senin.

4 dari 4 halaman

Fokus Bahas Soal China

Negara-negara ASEAN juga berbagi kekhawatiran tentang China dan secara luas ingin meningkatkan hubungan dengan Washington, tetapi mereka telah frustrasi oleh penundaan AS dalam merinci rencana untuk keterlibatan ekonomi sejak mantan Presiden Donald Trump keluar dari pakta perdagangan regional pada 2017.

Pada pertemuan puncak virtual dengan ASEAN Oktober lalu, Biden mengatakan Washington akan memulai pembicaraan tentang mengembangkan kerangka kerja ekonomi regional, tetapi para diplomat mengatakan ini kemungkinan hanya akan ditampilkan secara periferal minggu ini.

Duta Besar Jepang untuk Washington mengatakan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF) Biden kemungkinan akan diluncurkan secara resmi di Jepang, tetapi rinciannya masih dalam pembahasan.

Analis dan diplomat mengatakan hanya dua dari 10 negara ASEAN - Singapura dan Filipina - diharapkan menjadi salah satu kelompok negara pertama yang mendaftar untuk negosiasi di bawah IPEF, yang saat ini tidak menawarkan akses pasar yang diperluas yang diinginkan negara-negara Asia, mengingat Kepedulian Biden untuk pekerjaan Amerika.

Ada juga beberapa frustrasi bahwa para pemimpin ASEAN akan mendapatkan sedikit waktu pribadi dengan Biden, dengan tidak adanya pertemuan bilateral yang diumumkan, meskipun Gedung Putih mengatakan Biden akan memiliki "waktu pribadi" dengan masing-masing pemimpin.

Seorang penasihat Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, yang menjabat sejak 1985 tetapi melakukan kunjungan Gedung Putih pertamanya, mengatakan kepada Reuters Biden harus menghabiskan lebih banyak waktu dengan para pemimpin jika serius ingin meningkatkan hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.