Sukses

Hong Kong Pertahankan Aturan Pembatasan Penerbangan selama Pandemi COVID-19

Pemimpin eksekutif Carrie Lam mempertahankan aturan pembatasan penerbangan.

Liputan6.com, Hong Kong - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam pada Kamis (7 April) membela kebijakannya untuk sementara waktu melarang rute penerbangan yang membawa kasus virus corona.

Bandara kota itu sebelumnya adalah salah satu yang tersibuk di dunia tetapi sebagian besar telah terputus selama pandemi karena Hong Kong menerapkan kebijakan ketat nol-COVID China, demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (7/4/2022).

Aturan "Circuit Breaker", berarti maskapai mana pun yang membawa tiga atau lebih penumpang yang terinfeksi dalam satu penerbangan ditangguhkan dari menerbangkan rute itu selama tujuh hari.

Pemimpin kota Carrie Lam membela kebijakan itu pada hari Kamis, dengan mengatakan penerbangan membawa infeksi "mungkin karena pendekatan yang sangat santai yang diadopsi di banyak tempat" di seluruh dunia.

Pihak berwenang telah memberikan beberapa alasan, mencabut larangan penerbangan lengkap di sembilan negara awal bulan ini menyusul meningkatnya kemarahan dari komunitas bisnis dan warga Hong Kong yang terdampar di luar negeri.

Lam mengatakan lebih dari 1.000 penduduk telah kembali ke Hong Kong setiap hari bulan ini, dibandingkan dengan hanya 200 sehari sebelumnya.

“Tidak benar kalau dikatakan pelonggaran perjalanan ini tidak berdampak apa-apa,” katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ancaman bagi Maskapai

Komentar Carrie Lam muncul ketika direktur jenderal Asosiasi Transportasi Udara Internasional, Willie Walsh, memperingatkan Hong Kong "secara efektif keluar dari peta" atau dihilangkan rutenya.

"(Hong Kong) akan tertinggal secara signifikan di belakang pemulihan yang kita lihat di tempat lain," kata Walsh kepada wartawan pada hari Rabu dalam kutipan yang dibawa oleh Bloomberg News dan South China Morning Post.

Larangan penerbangan sementara telah sering diajukan mengakibatkan rencana perjalanan menjadi kacau karena penduduk berebut memesan rute baru dan mengubah pemesanan karantina hotel wajib.

Enam maskapai penerbangan termasuk Emirates dan Cathay Pacific memiliki rute yang dilarang minggu ini.

Rute Emirates Dubai-Bangkok-Hong Kong telah ditangguhkan enam kali dengan total 77 hari tahun ini, menurut Bloomberg.

3 dari 4 halaman

Hong Kong Terisolasi

Walsh mengatakan pembatasan Hong Kong telah "sangat parah dan telah menyebabkan langsung pembatalan banyak layanan, dengan maskapai penerbangan secara efektif merasa sangat sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk beroperasi di sana".

Bulan lalu, 11 maskapai dan raksasa logistik mengirim surat kepada pemerintah yang menyerukan penghapusan persyaratan pengujian COVID-19 untuk awak pesawat sebelum lepas landas dan pada saat kedatangan.

Sebelum pandemi, bandara Hong Kong menampung sekitar 200.000 penumpang per hari.

Tapi pusat keuangan - yang menjuluki dirinya "Kota Dunia Asia" - sekarang menjadi salah satu tempat paling terisolasi di dunia.

 

4 dari 4 halaman

Penyebaran Varian Omicron

Kantor pemerintahan Lam mengatakan tidak akan ada perubahan dari nol-COVID meskipun kontrol terbukti sebagian besar tidak efektif tahun ini ketika varian Omicron mulai menyebar.

Hong Kong sejak itu mencatat salah satu tingkat kematian tertinggi di dunia akibat virus tersebut.

Sementara itu, jenazah pasien COVID-19 membanjiri rumah duka. Peti mati kayu tradisional pun hampir habis di Hong Kong ketika pihak berwenang berebut untuk menambah ruang kamar mayat dalam pertempuran pusat keuangan global itu melawan virus corona.

"Saya belum pernah melihat begitu banyak jasad ditumpuk bersama-sama," kata Direktur Pemakaman di Hong Kong Lok Chung, pria 37 tahun yang telah bekerja sepanjang waktu.

Menurut Chung, sekitar 40 pemakaman diselenggarakan pada bulan Maret, naik dari sekitar 15 dalam satu bulan rata-rata.

"Saya belum pernah melihat anggota keluarga begitu sedih, sangat kecewa, sangat tidak berdaya," kata Chung, yang mengenakan setelan abu-abu dengan kaus polo hitam, seperti dikutip dari NDTV, Kamis (7/4/2022).

Sejak gelombang kelima virus corona COVID-19 menghantam bekas jajahan Inggris itu pada 2022, telah dilaporkan lebih dari satu juta infeksi dan lebih dari 8.000 kematian.

Adegan jasad yang ditumpuk di ruang gawat darurat di sebelah pasien telah mengejutkan banyak orang karena tempat-tempat di kamar mayat telah terisi.

Penantian yang lama untuk memproses dokumen kematian telah menghambat pekerjaan, tambah Chung, yang bergegas dari kamar mayat minggu lalu untuk membuat pengaturan akhir untuk pasien COVID-19 terbarunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.