Sukses

Alasan Kebanyakan Lagu Pop Berdurasi 3 Menit

Sadarkah Anda, kebanyakan lagu dan musik pop durasinya sekitar 3 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Saat mendengar lagu terpopuler di radio, Spotify, ataupun platform musik lainnya, maka lagu yang diputar cenderung memiliki durasi sekitar tiga menit.

Dijelaskan oleh laman Vox, kebiasaan itu dimulai pada awal abad ke-20, ketika piringan hitam pertama kali muncul di pasar.

Ukuran piringan rekaman yang paling populer saat itu adalah 10 inci, yang hanya dapat menampung sekitar tiga menit musik per sisi dan 12 inci yang dapat menampung sekitar empat hingga lima menit per sisi, demikian dikutip dari laman mentalfloss, Kamis (17/3/2022).

Untuk membuat stasiun radio menyiarkan musik mereka dan membuat orang membelinya, musisi harus mengakomodasi batas waktu tersebut.

Ketika teknologi musik berkembang selama bertahun-tahun, dari rekaman ke kaset hingga CD, tiga menit durasi musik itu tetap bertahan.

Label rekaman mungkin juga menyukai single dengan durasi musik yang lebih pendek, karena lagu yang lebih panjang tidak berarti cek royalti juga lebih besar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lagu Populer Bahkan Berdurasi di Bawah 3 Menit

Seperti yang dikatakan Thomas Tierney, direktur Perpustakaan Arsip Musik Sony, kepada Mashable, "itu telah tertanam dalam pemikiran kami."

Kondisi ini tetap bertahan hingga saat ini. Dan jika Anda melihat daftar Top 40 lagu saat ini, Anda masih tidak akan melihat banyak lagu di atas enam menit.

Faktanya, banyak lagu berdurasi kurang dari tiga menit. "Ghost" Justin Bieber hanya dua menit dan 33 detik, dan "THATS WHAT I WANT" Lil Nas X adalah dua menit dan 23 detik.

3 dari 3 halaman

Infografis Crazy Rich Indra Kenz Terjerat Kasus Binomo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.