Sukses

4 Negara di Mana Perayaan Hari Valentine Bisa Menjadi Masalah

Hari Valentine, yang dirayakan pada tanggal 14 Februari setiap tahun, sudah dekat untuk tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Valentine, yang dirayakan pada tanggal 14 Februari setiap tahun, sudah dekat untuk tahun 2022.

Masyarakat di sejumlah negara menjadikan tanggal tersebut sebagai salah satu hari penting untuk dirayakan.

Namun penting untuk dicatat juga bahwa beberapa negara (atau daerah di dalamnya) tidak terlalu ramah untuk hari perayaan itu.

Dikutip dari Mashable (12/2/2022), berikut 4 negara di mana merayakan hari valentine bisa menjadi masalah:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Indonesia

Hari Valentine sebenarnya banyak dirayakan di Indonesia, terutama di daerah perkotaan seperti Jakarta. Pemuda bebas untuk menyatakan cinta mereka kepada orang-orang penting mereka, tanpa takut akan hukuman dari pemerintah setempat.

Namun, ketika Anda menjelajah lebih dalam ke bagian yang lebih konservatif di nusantara - seperti Surabaya, Makassar, dan Banda Aceh - Anda mungkin harus sedikit menahan diri.

Bahkan, pemerintah kota Banda Aceh benar-benar melarang Hari Valentine pada tahun 2020, dengan alasan bertentangan dengan ajaran Islam.

"Selain menentang hukum Islam dan budaya Aceh, Hari Valentine juga bertentangan dengan tradisi Aceh," kata Aminullah Usman, walikota Banda Aceh pada saat itu.

 

3 dari 5 halaman

2. Malaysia

Meskipun Malaysia sebagai negara sekuler, dengan Konstitusinya yang menjanjikan kebebasan beragama, negara Asia Tenggara sangat sensitif tentang Hari Valentine, hanya ketika menyangkut Muslim yang merayakannya.

Mereka membentuk sekitar 60 persen dari total populasi, dan otoritas Islam konservatif negara itu telah menjadikannya acara untuk secara terbuka menentang Hari Cinta setiap tahun.

Tindakan keras bahkan telah terjadi di hotel-hotel murah di seluruh Kuala Lumpur dan negara bagian Selangor - dengan polisi moralitas Islam telah menangkap pasangan Muslim yang belum menikah yang tertangkap berdekatan satu sama lain (khalwat).

Non-Muslim, di sisi lain, bebas untuk merayakannya sesuai keinginan mereka. Tetapi bahkan kemudian, kaum konservatif Islam yang semakin vokal telah menyerukan larangan langsung pada Hari Valentine untuk semua orang Malaysia, terlepas dari agama mereka.

 

4 dari 5 halaman

3. Iran

Sementara Iran secara resmi adalah negara Muslim, tidak seperti klaim sekuler Indonesia dan Malaysia, negara itu belum melarang Hari Valentine (dan produk yang terkait dengannya) atas dasar agama.

Dalam upaya untuk menjaga Iran sebagai 'Iran', Hari Valentine dilarang karena dipandang sebagai ancaman budaya Barat yang berpotensi mengikis warisan negara. Namun, itu tidak berarti bahwa negara tidak ingin merayakan cinta dan kasih sayang.

Telah disarankan oleh kaum nasionalis bahwa orang-orang mengganti Hari Valentine dengan festival yang disebut 'Mehrgan', yang memiliki asal-usul kuno yang mendahului kedatangan Islam di negara itu.

Selama Mehrgan, orang merayakan persahabatan, kasih sayang, dan cinta. Hal ini juga dikenal sebagai 'Festival Persia Musim Gugur'.

Pemuda Iran masih merayakan Hari Valentine, dengan sedikit menahan diri.

 

5 dari 5 halaman

4. Pakistan

Negara opulasi Muslim terbesar kedua di dunia, Pakistan telah melarang Hari Valentine karena alasan yang sangat sama dengan negara-negara Muslim atau mayoritas Muslim lainnya dalam daftar ini.

Namun, bagaimana larangan itu terjadi adalah cerita yang berbeda. Hingga 2016, Hari Valentine secara teknis legal untuk dirayakan di negara ini. Namun, seiring berjalannya waktu, aktivisme politik ultra-religius mulai mendapatkan daya tarik di seluruh negeri, terutama di ibukota Islamabad.

Tentu saja, itu menargetkan banyak hal yang mereka anggap 'bertentangan dengan ajaran Islam', dengan Hari Valentine topik yang sangat sensitif.

Pada tahun 2016, meningkatnya oposisi mendorong Presiden Mamnoon Hussain untuk menyatakan bahwa Hari Valentine "tidak memiliki hubungan dengan budaya kita dan itu harus dihindari".

Tapi itu masih tidak ilegal pada saat itu. Artinya, sampai seorang warga negara swasta meluncurkan petisi untuk melarang Hari Valentine, bersama dengan liputan media tentang acara tersebut.

Pada 2017, Pengadilan Tinggi Islamabad mengabulkan petisi tersebut dan memberlakukan larangan tersebut secara resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini