Sukses

Korea Utara Klaim Rilis Foto Uji Coba Rudal Terpantau dari Luar Angkasa

Foto-foto yang dirilis oleh kantor berita negara Korea Utara, KCNA, dilaporkan diambil dari kamera yang dipasang pada hulu ledak uji coba rudal Korea Utara.

Liputan6.com, Pyongyang - Media pemerintah Korea Utara mengklaim telah merilis foto-foto yang dikatakan diambil dari peluncuran rudal terbesarnya sejak 2017.

Seperti diberitakan BBC, Senin (31/1/2022), gambar-gambar tersebut menunjukkan bagian semenanjung Korea dan daerah sekitarnya yang terlihat dari luar angkasa.

Korea Utara mengatakan rudal balistik yang digunakan adalah jarak menengah Hwasong-12.

Korea Selatan dan Jepang mengatakan mencapai ketinggian 2.000 km (1.242 mil) sebelum mendarat di perairan lepas pantai Jepang. Kedua negara itu telah mengutuk peluncuran, tes ketujuh bulan ini.

Foto-foto yang dirilis oleh kantor berita negara Korea Utara, KCNA, dilaporkan diambil dari kamera yang dipasang pada hulu ledak uji coba rudal tersebut.

Dua gambar menunjukkan saat peluncuran dan yang lainnya tampaknya menunjukkan rudal di tengah penerbangan, diambil dari atas.

Pejabat Jepang dan Korea Selatan memperkirakan rudal itu terbang selama 30 menit dengan jarak 800 km.

PBB melarang Korea Utara melakukan uji coba senjata balistik dan nuklir, dan telah menjatuhkan sanksi tegas.

Tetapi negara Asia Timur itu secara teratur menentang larangan itu, dan pemimpin Kim Jong-un telah berjanji untuk memperkuat pertahanan negaranya.

Seorang pejabat senior Amerika Serikat meminta Korea Utara untuk bergabung dalam pembicaraan langsung tentang program nuklir dan misilnya tanpa prasyarat, lapor Reuters.

"Kami percaya sepenuhnya tepat dan benar untuk memulai beberapa diskusi serius," kata pejabat itu.

AS sebelumnya meminta Korea Utara untuk "menahan diri dari tindakan destabilisasi lebih lanjut".

Peluncuran Diklaim untuk Verifikasi Keakuratan Kekuatan Rudal

Uji coba rudal Korea Utara biasanya diumumkan pada hari berikutnya oleh media pemerintah negara itu.

Pada Senin 31 Desember 2021, KCNA mengatakan rudal itu diluncurkan untuk "memverifikasi keakuratannya". Kim dilaporkan tidak hadir.

Peluncuran terbaru itu diluncurkan ke "sistem penembakan sudut tertinggi dari wilayah barat laut ke Laut Timur Korea dengan pertimbangan keamanan negara-negara tetangga", tambah KCNA.

Analis Korea Utara Ankit Panda mengatakan ketidakhadiran Kim, dan bahasa yang digunakan di media untuk menggambarkan peluncuran, menunjukkan bahwa tes ini dimaksudkan untuk memverifikasi bahwa sistem rudal bekerja sebagaimana mestinya, daripada untuk memamerkan teknologi baru.

KCNA melaporkan bahwa rudal yang diuji adalah jarak menengah Hwasong-12. Ini adalah pertama kalinya rudal berkemampuan nuklir sebesar itu diluncurkan sejak 2017. Tahun itu, rudal itu diuji enam kali termasuk dua peluncuran di atas pulau Hokkaido Jepang, memicu alarm dan peringatan elektronik bagi penduduk di sana.

Korea Utara sebelumnya mengatakan bahwa Hwasong-12 dapat membawa "hulu ledak nuklir berat berukuran besar."

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Ketujuh Bulan Ini, Apa Mau Kim Jong-un?

Minggu adalah uji coba rudal ketujuh Korea Utara sejak awal tahun 2022, menjadikan Januari sebagai salah satu bulan tersibuk untuk program rudal negara itu.

Para ahli menyarankan beberapa alasan berada di balik serentetan peluncuran, termasuk sinyal politik kekuatan kepada kekuatan global dan regional, keinginan Kim Jong-un untuk menekan AS kembali ke pembicaraan nuklir yang telah lama terhenti dan juga kebutuhan praktis untuk menguji rekayasa baru. dan sistem komando militer.

Waktunya juga dianggap penting, tepat sebelum Olimpiade Musim Dingin di China, dan menjelang pemilihan presiden Korea Selatan pada bulan Maret.

Dan tes juga melonjak ketika ekonomi Korea Utara yang goyah berjuang di bawah sanksi yang dipimpin AS, kesulitan terkait pandemi, dan salah urus selama beberapa dekade.

Dr Daniel Pinkston, seorang dosen hubungan internasional, mengatakan kepada BBC bahwa Korea Utara mungkin memberi sinyal kepada kekuatan besar seperti China, AS dan Dewan Keamanan PBB, tetapi juga musuh regional:

"Ada pemilihan presiden Korea Selatan yang akan datang lebih dari sebulan, jadi ini konsisten dengan perilaku masa lalu mereka untuk mencoba dan mengintimidasi Korea Selatan dan presiden yang akan datang," kata Dr Pinkston, dari Universitas Troy dan yang tinggal di Korea Selatan.

Menurut analis lain, rudal yang diuji awal bulan ini menunjukkan Korea Utara sedang mengembangkan teknologi yang dapat mengalahkan sistem pertahanan rudal yang mahal dan kompleks yang telah dikerahkan Amerika dan Jepang di seluruh wilayah ini.

Mantan komandan angkatan laut Korea Selatan Profesor Kim Dong Yup mengatakan: "Mereka ingin memiliki sistem pencegahan yang seperti ekor kalajengking."

"Tujuan utama Korea Utara bukanlah untuk menyerang tetapi untuk mempertahankan diri mereka sendiri," kata Profesor Kim, seraya menambahkan bahwa negara tersebut sedang mencoba "untuk mengamankan kemampuan pencegahan yang beragam".

Pada tahun 2018, Kim mengumumkan moratorium pengujian senjata nuklir atau rudal balistik antarbenua (ICBM) jarak jauh.

Namun pemimpin Korea Utara itu mengatakan pada 2019 dia tidak lagi terikat moratorium.

AS memberlakukan lebih banyak sanksi terhadap Korea Utara pada awal Januari, sebagai tanggapan atas peluncuran rudal sebelumnya. Negosiasi antara kedua negara terhenti.

3 dari 3 halaman

Infografis Uji Rudal Terbaru Korea Utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.