Sukses

Korut Dikabarkan Tembak 2 Rudal Lagi, Pecahkan Rekor Peluncuran Terbanyak dalam 1 Bulan

Liputan6.com, Pyongyang - Menurut Korea Selatan, pada Kamis 27 Januari 2022 Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal balistik lagi. Ini menjadikan Januari bulan tersibuk bagi peluncuran rudal negeri pimpinan Kim Jong-un.

Dalam peringatan kepada wartawan, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (27/1/2022), pihak militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara meluncurkan apa yang diduga sebagai dua rudal balistik jarak pendek ke arah laut di lepas pantai timurnya sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Dilaporkan bahwa rudal-rudal itu diluncurkan dari daerah dekat Hamhung, kota di pantai timur Korea Utara, dan menempuh jarak sekitar 190 kilometer pada ketinggian 20 kilometer.

Dalam bulan ini, Korea Utara telah melakukan enam kali uji coba rudal, menembakkan setidaknya 10 rudal ke laut.

Menurut analis, itu adalah peluncuran rudal Korea Utara terbanyak dalam satu bulan, melampaui yang terjadi pada Maret 2020, ketika Korea Utara meluncurkan delapan buah rudal.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Diduga untuk Menekan AS

Kegilaan Korea Utara akan rudal tampaknya antara lain untuk menekan Amerika Serikat dan Korea Selatan, yang telah menyerukan agar Korea Utara kembali kepada pembicaraan nuklir.

Mark Lambert, Wakil Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk urusan Jepang dan Korea, pada Rabu (26/1) mengatakan Amerika akan "pergi ke mana saja" dan "membicarakan apa saja" dengan Korea Utara.

Korea Utara menolak terlibat pembicaraan, dengan mengatakan Amerika harus terlebih dahulu membuat konsesi militer dan ekonomi.

Korea Utara kemungkinan memiliki beberapa motivasi lain untuk menguji coba rudal, antara lain memperkuat dukungan politik domestik bagi pemimpin Kim Jong Un, memastikan kinerja senjata baru dan menunjukkan kemampuannya dalam bertahan.

3 dari 3 halaman

Infografis Uji Rudal Terbaru Korea Utara