Sukses

Sering Kesepian Jelang Tidur? 5 Cara Ini Buat Perasaan Jadi Lebih Baik

Kesepian malam hari dapat mempengaruhi siapa saja, membuat Anda merasa sedih atau takut.

Liputan6.com, Jakarta - Jam-jam saat langit di malam hari bisa menjadi sangat sepi bagi mereka yang tidur sendiri atau hidup sendiri.

Sebenarnya, kesepian malam hari dapat mempengaruhi siapa saja, membuat Anda merasa sedih atau takut.

Meskipun penting untuk mengakui bahwa Anda merasa kesepian, Anda tidak perlu hanya menerimanya dan menderita sepanjang malam dalam kesengsaraan, demikian dikutip dari wikihow, Senin (10/1/2022).

Ada hal-hal bermakna yang dapat Anda lakukan untuk membuat malam Anda terasa lebih penuh dan lebih menyenangkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tetap Sibuk di Malam Hari

Bergerak. Ada banyak cara untuk menggerakkan tubuh dan mengalihkan pikiran dari perasaan kesepian: cobalah berolahraga, menari mengikuti lagu favorit, melompat ke tempat tidur, atau belajar karate di YouTube.

Olahraga memberi Anda endorfin, yang meningkatkan suasana hati dan dapat membantu meningkatkan perasaan kesepian.

 

3 dari 7 halaman

2. Temukan Inspirasi

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mencari hal-hal positif untuk membuat kesepian lebih tertahankan.

Jelajahi Pinterest atau Google untuk kutipan inspirasional untuk ditempelkan sebagai wallpaper di ponsel Anda atau foto profil di media sosial.

Bacalah autobiografi orang sukses yang Anda kagumi. Atau, tonton TED Talk yang menyemangati dan mendidik diri sendiri.

 

4 dari 7 halaman

3. Berkendara atau Jalan-jalan

Terkadang hal terbaik yang harus dilakukan adalah keluar rumah (jika cuaca memungkinkan). Sedikit 'gangguan' dan perubahan pemandangan bisa membuat Anda lupa betapa kesepiannya perasaan Anda.

Anda bahkan mungkin melihat seseorang yang dikenal dan mengobrol sebentar. Atau, mungkin menemukan sesuatu yang menarik di sepanjang jalan.

Pertimbangkan untuk menjelajah ke wilayah yang tidak diketahui. Misalnya, berkendara ke bagian kota yang tidak Anda kenal atau berjalan kaki ke lingkungan yang biasanya tidak Anda kunjungi.

 

5 dari 7 halaman

4. Akses ke Hal Pendidikan

Seorang ahli menyarankan membaca tentang kesepian sebagai cara untuk merasa tidak sendirian. Semakin banyak Anda belajar tentang kesepian dan seberapa umum kesepian itu, semakin sedikit rasa kesepian yang mungkin Anda rasakan.

Ketika tahu perasaan sulit dan menyakitkan yang Anda alami dibagikan oleh orang lain, membuat perasaan itu sedikit berkurang.

 

6 dari 7 halaman

5. Merangkul Diri Sendiri

Sadarilah bahwa Anda sebenarnya adalah teman yang baik untuk diri Anda sendiri.

Anda tidak perlu berada di sekitar orang lain atau melakukan hal-hal menarik untuk bahagia. Meskipun bersama orang lain itu menyenangkan, penting juga untuk belajar menikmati kesendirian.

Menghabiskan waktu sendirian bisa sangat berharga. Jika Anda bisa merangkul kesendirian dan merangkul kesepian Anda mungkin akan merasa tidak terlalu kesepian.

7 dari 7 halaman

Infografis 4 Langkah Pulang Umrah Bebas COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.