Sukses

8 Fakta Bougainville yang Indah dan Berbahaya, Calon Negara Baru Tetangga Indonesia

Berikut ini 8 fakta Bougainville yang bakal menjadi negara baru dekat Indonesia, dikutip dari Daily Mail, Sabtu (25/12/2021):

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berada di ambang mendapatkan tetangga Pasifik baru. Bougainville nama negara itu. Kendati demikian para ahli menyarankan agar berhati-hati jika Anda merencanakan liburan di sana.

Bougainville memilih merdeka dari Papua Nugini dalam referendum pada 2019.

Hasil referendum membuat penduduk lokal dan pengamat internasional menggembar-gemborkan masa depan yang positif bagi Bougainville, sebagian didorong oleh harapan bahwa Bougainville akan mandiri melalui sumber daya alamnya yang berharga - termasuk potensi pariwisatanya.

Berikut ini 8 fakta Bougainville yang bakal menjadi negara baru dekat Indonesia, dikutip dari Daily Mail, Sabtu (25/12/2021):

1. Merdeka Penuh dari Papua Nugini 2027

Meski merdeka dari Papua Nugini (PNG) dalam referendum pada 2019, proses pelepasan Bougainville baru akan dimulai pada 2023. Diperkirakan warganya akan mendapatkan kemerdekaan penuh pada 2027.

Bertie Ahern, Ketua Komisi Referendum Bougainville, pada akhir November lalu menyatakan bahwa 176.928 orang - sekitar 98 persen pemilih - telah mendukung kemerdekaan dalam sebuah referendum menuju negara baru.

Ini mengakhiri proses perdamaian selama puluhan tahun dan pemulihan panjang dari perang saudara brutal antara pemberontak Bougainville, pasukan keamanan Papua Nugini dan tentara bayaran asing yang berakhir pada tahun 1998 dan menewaskan hingga 20.000 orang. Pada saat itu, ini adalah 10 persen dari populasi.

Dr Anthony Regan, seorang ahli PNG di Australian National University mengatakan reaksi terhadap referendum itu 'dapat dimengerti tetapi terlalu dini'.

"Ini tetap menjadi kandidat yang paling mungkin untuk negara baru, tetapi itu tidak akan mudah untuk dicapai."

Dia mengatakan pemerintah PNG setuju untuk memberi Bougainville lebih banyak tanggung jawab untuk urusannya daripada provinsi PNG lainnya - tetapi saat ini masih jauh untuk menjadi negara merdeka.

Apa yang mungkin merupakan langkah bertahap menuju otonomi yang lebih besar untuk Bougainville tetapi mengatakan jadwal untuk menjadi negara yang sepenuhnya mandiri pada tahun 2027 adalah 'sangat tidak pasti'.

"Perdana menteri PNG belum secara eksplisit mengatakan tidak, tetapi dia telah menyatakan keberatan tentang efek preseden kemerdekaan untuk Bougainville," kata Dr Regan.

Ketakutannya adalah bahwa provinsi kaya sumber daya lainnya ingin melepaskan diri dari PNG, melemahkan negara secara ekonomi dan budaya.

2. Pariwisata Backpacker Alternatif Bali atau Fiji

Optimisme setelah referendum mungkin membuat para pencari sensasi pemberani dan backpacker dengan budget terbatas untuk menjelajahi pulau yang subur sebagai alternatif dari Bali atau Fiji - tetapi Anda sebaiknya menunggu, atau setidaknya melakukan perencanaan yang sangat hati-hati.

"Operator tur terbatas di Bougainville, mereka terutama bekerja dengan veteran Perang Dunia II dan kerabat mereka," kata Dr Thiago Cintra-Oppermann, pakar Bougainville dari Australian National University.

3. Tempat Indah Namun Infrastruktur Terbatas

Media Inggris Daily Mail, menyebut Bougainville adalah tempat yang sangat indah, dengan pemandangan yang luar biasa dan beragam. Orang-orangnya pun diisebutkan sebagai sosok yang ramah. Kendati demikian infrastruktur di wilayah tersebut masih sangat terbatas dibandingkan dengan Fiji dan Bali.

4. Reruntuhan Perang Dunia II dan Wisata Sejarah Jadi Unggulan 

Salah satu atraksi utama adalah reruntuhan Perang Dunia II dan wisata sejarah. Lebih dari 60.000 orang Amerika berbasis di Bougainville selama Perang Dunia II dan Laksamana Jepang Isoroku Yamamoto tewas dalam kecelakaan pesawat hutan di sana.

5. Tinggi Potensi Penyakit Malaria

Meskipun Bougainville sangat indah, dengan hutan yang belum tersentuh, sungai, gunung berapi, dan 685 kilometer garis pantai yang masih asli, industri pariwisata embrionik - melayani orang Australia, Amerika, dan Jepang - tutup selama pandemi COVID-19.

Pulau itu baru-baru ini dilanda strain Delta, lalu memutuskan lockdown setelah 10 kematian akibat COVID-19 pada awal November dan 170 infeksi baru.

"Ekowisata adalah area pertumbuhan yang memungkinkan, tetapi selama dua tahun terakhir ini terhenti," kata Dr Cintra-Oppermann.

Sebagai negara berkembang, Bougainville memiliki banyak hal yang harus dilakukan dalam mengembangkan layanan kesehatan dan infrastruktur pariwisata.

Selain COVID-19, penyakit malaria yang endemik juga menjadi isu yang berkelanjutan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbahaya hingga Rumah Buaya

6. Berbahaya Bagi Keselamatan, Banyak Kasus Kekerasan

Selain itu, masih ada banyak faktor yang membuat negara induknya, PNG, berada di luar jalur dalam hal pariwisata - terutama reputasi yang berbahaya untuk keselamatan pribadi.

Sebagian besar ini disebabkan oleh kejahatan dan kekerasan antara penduduk setempat (terutama kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan terhadap perempuan) dan korupsi.

Indeks Persepsi Korupsi 2016 Transparency International menempatkan PNG ke-142 dari 180 negara.

Situs web pemerintah smart traveller menuliskan sejumlah peringatan yang konsisten dengan reputasi PNG.

"Risiko kejahatan kekerasan dan serangan seksual di PNG tinggi. Penjahat sering menggunakan 'pisau semak' (parang) dan senjata api. Selalu waspada dengan lingkungan sekitar Anda. Hindari keluar setelah gelap," situs web memperingatkan.

Ini juga mencatat 'aktivitas kriminal' di resor wisata dan menyarankan pelancong mengunci semua pintu dan jendela dan mempertimbangkan 'keamanan pribadi'.

Waktu saat pemilihan umum dianggap sebagai periode berbahaya di PNG. Negara ini memiliki pemilihan umum pada Juli 2022.

Langkah-langkah yang berarti menuju kemerdekaan Bougainville tidak akan dimulai sampai pemerintah PNG yang baru terbentuk.

Kondisi keamanan Bougainville diperkirakan setara dengan PNG.

Pulau Buka yang lebih kecil dan berada di utara pulau utama dikatakan relatif aman - meskipun menggunakan pemandu lokal direkomendasikan.

7. Tak Ada Jaringan Internet, Listrik, dan Pilihan Makanan Terbatas

TripAdvisor tidak memberikan ulasan tentang akomodasi Bougainville sejak 2017 - dan sebagian besar kebutuhan dasar yang hilang seperti listrik yang dapat diandalkan, pilihan makanan yang terbatas, kurangnya air minum dan air panas, dan tidak ada internet.

Beberapa bahkan mencatat masalah keamanan yang mengganggu.

Seorang ekspatriat mengaku menyerang pemilik wisma Buka dan 'anak buahnya' dengan balok kayu setelah menolak membayar tagihan sewa mobil yang berlipat ganda ketika dia mengembalikan mobil.

"Untuk waktu yang sangat lama satu-satunya industri wisata yang layak adalah wisata petualangan skala kecil dan untuk orang-orang dengan uang, karena biaya untuk sampai ke sana dan bergerak di sekitar Bougainville sangat tinggi," kata Regan.

"Hampir tidak ada akomodasi tingkat turis dalam bentuk apa pun, di luar wisma kecil yang tidak terlalu terawat."

8. Rumah Buaya Air Asin

Sementara sungai dan pantai terlihat menakjubkan, Bougainville dikenal dengan buaya air asin di sistem sungai utama.

Itu berarti kewaspadaan 'aman-buaya' yang sama perlu ditunjukkan seperti di Queensland utara dan Northern Territory.

3 dari 3 halaman

Infografis Omicron Menyebar dari Afrika Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.