Sukses

Ratu Elizabeth Ucapkan Selamat Hari Jadi untuk Korea Utara, Apa Isinya?

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth mengirim pesan ucapan selamat kepada rakyat Korea Utara pada hari jadi negara mereka, kata juru bicara Istana Buckingham kepada CNN yang dikutip Rabu (15/9/2021).

Pesan itu dikirim atas nama Ratu oleh UK's Commonwealth and Development Office (FCDO) atau Kantor Persemakmuran dan Pembangunan Inggris "seperti yang telah dilakukan sebelumnya," kata juru bicara itu.

Ini adalah praktik standar pada hari-hari nasional lainnya di seluruh dunia, tambah pihak Istana.

"Yang Mulia dalam semua urusan dengan Kepala Negara lainnya bertindak atas saran FCDO," kata juru bicara itu.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, Yang Mulia Ratu telah mengirim pesan kepada rakyat Democratic People's Republic of Korea (DPRK) pada kesempatan Hari Nasional mereka," tambah juru bicara FCDO Inggris.

Korea Utara merayakan hari jadi ke-73 pada 9 September. Parade militer tengah malam di Pyongyang digelar dalam perayaan tersebut.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un muncul di Kim Il-sung square dan melambai ke arah kerumunan, tetapi tidak disebutkan dia memberikan pidato, menurut outlet media pemerintah Rodong Sinmun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pesan Tersampaikan 7 September

Media pemerintah Korea Utara KCNA menerbitkan pesan tersebut pada hari Senin, melaporkan bahwa "Kim Jong-un, presiden Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), menerima pesan ucapan selamat dari Elizabeth II, ratu Kerajaan Inggris Raya. Inggris dan Irlandia Utara, pada 7 September."

Menurut KCNA, pesan itu berbunyi: "Ketika rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea merayakan Hari Nasional mereka, saya mengirimkan harapan baik saya untuk masa depan."