Sukses

WHO Identifikasi Penyebaran Vaksin COVID-19 Palsu di India dan Afrika

WHO memperingatkan bahwa vaksin palsu menimbulkan risiko serius bagi kesehatan masyarakat global.

Liputan6.com, New Delhi - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan telah mengidentifikasi versi palsu dari COVID-19 produksi India. Dosis tersebut disita oleh pihak berwenang di India dan Afrika antara Juli dan Agustus 2021, kata pernyataan WHO.

Ia juga mengatakan, pembuat vaksin dari Serum Institute of India, mengkonfirmasi bahwa dosis itu palsu. WHO memperingatkan, vaksin palsu "menimbulkan risiko serius bagi kesehatan masyarakat global".

Ini menyerukan penghapusan vaksin palsu dari peredaran. Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah India, tetapi laporan lokal mengatakan kementerian kesehatan negara itu sedang menyelidiki masalah tersebut.

"Meskipun kami memiliki sistem yang kuat untuk mencegah kasus seperti itu, dengan perkembangan ini, satu-satunya hal yang kami ingin pastikan adalah tidak ada orang India yang menerima vaksin palsu," kata seorang pejabat kesehatan yang tidak disebutkan namanya.

Covishield adalah vaksin versi India dan merupakan vaksin yang paling banyak digunakan di negara tersebut dengan lebih dari 486 juta dosis yang diberikan sejauh ini. Pihak produsen telah memasok jutaan vaksin Covishield ke negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Selatan.

Pengiriman ini sebagai bagian dari kesepakatan yang ditandatangani dengan berbagai pemerintah dan skema Covax global untuk negara-negara miskin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelombang COVID-19 di India

India juga mengirim dosis Covishield ke beberapa tetangganya sebagai bagian dari "diplomasi vaksin" ala Perdana Menteri Narendra Modi.

Tetapi setelah gelombang COVID-19 kedua yang menghancurkan pada April dan Mei 2021, pemerintah memutuskan untuk mempercepat upaya vaksin dan melarang ekspor.

Pihak produsen sejak itu mempertahankan bahwa prioritas mereka tetap menjadi kebutuhan India sendiri dan mereka mungkin tidak mengekspor lagi sampai akhir tahun ini.

India, yang merupakan negara yang terkena dampak terburuk kedua di dunia, bertujuan untuk memvaksinasi semua warganya pada akhir tahun ini.

Namun upaya itu tertatih-tatih oleh langkah lambat, mulai dari masalah kekurangan dosis dan keraguan warga atas penggunaan vaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.