Sukses

Rusia Targetkan Herd Immunity Capai 80% pada November Mendatang

Liputan6.com, Moskow - Rusia menargetkan 80 persen kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap COVID-19 pada November 2021, menurut Wakil Perdana Menteri Tatiana Golikova, meskipun tingkat vaksinasinya relatif lambat.

Pihak berwenang mengatakan bulan lalu bahwa Rusia akan gagal memvaksinasi 60 persen populasinya terhadap COVID-19 pada musim gugur, seperti yang telah direncanakan, karena permintaan yang lemah untuk vaksinasi tersebut. Demikian mengutip Channel News Asia, Kamis (22/7/2021). 

Tetapi Golikova mengatakan pada pertemuan pemerintah yang disiarkan televisi yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin bahwa 33,6 juta orang Rusia, dari populasi lebih dari 144 juta, telah divaksinasi dengan setidaknya satu dosis, sementara 22,6 juta memiliki dua dosis penuh, menambahkan bahwa tingkat vaksinasi baru-baru ini berlipat ganda. 

Itu adalah bagian populasi yang jauh lebih rendah daripada di negara-negara Barat.

"Kami harus bergerak untuk mencapai kekebalan kawanan setidaknya 80 persen, dan kami menargetkan tugas seperti itu dalam hal inokulasi dengan setidaknya komponen pertama pada 1 November 2021," kata Golikova.

Itu berarti lebih dari 115 juta orang Rusia akan memiliki kekebalan terhadap Virus Corona COVID-19.

2 dari 3 halaman

Kasus Kematian Akibat COVID-19 Meningkat

Gelombang ketiga infeksi COVID-19 telah mengangkat kematian harian yang dilaporkan di Rusia ke rekor tertinggi dalam beberapa pekan terakhir, tetapi permintaan vaksin dari populasi yang waspada akhirnya mulai meningkat dengan dorongan resmi yang besar untuk meningkatkan penyerapan.

Kremlin mengatakan bulan lalu bahwa kekurangan vaksin di Rusia terkait dengan meningkatnya permintaan untuk suntikan dan kesulitan penyimpanan.

Rusia melaporkan 23.704 kasus COVID-19 baru pada hari Rabu, termasuk 3.254 di Moskow, menjadikan penghitungan nasional resmi sejak pandemi mulai menjadi 6.030.240.

Gugus tugas virus corona pemerintah mengatakan 783 orang telah meninggal karena penyebab terkait virus corona dalam 24 jam terakhir, mendorong jumlah kematian nasional menjadi 150.705.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Kerja Vaksin COVID-19: