Sukses

John McAfee Meninggal, Pencipta Software Antivirus Itu Diduga Bunuh Diri

Liputan6.com, Barcelona - John McAfee meninggal dunia. Pengusaha perangkat lunak antivirus itu ditemukan tewas di sel penjara Barcelona, ​​​​hanya selang beberapa jam setelah pengadilan Spanyol setuju untuk mengekstradisi dia ke AS -- dalam kasus tuduhan penggelapan pajak.

Departemen Kehakiman Catalan mengatakan petugas medis penjara mencoba menyadarkan John McAfee sang pencipta software antivirus itu, tetapi upaya tersebut tidak berhasil.

"Semuanya menunjukkan McAfee mengakhiri hidupnya sendiri," demikian menurut sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC, Kamis (24/6/2021).

John McAfee merupakan seorang tokoh kontroversial, perusahaan McAfee merilis perangkat lunak antivirus komersial pertama. Ini membantu memicu industri multi-miliar dolar di dunia komputer.

Pada Oktober 2020, John McAfee ditangkap di Spanyol, dan dituduh gagal mengajukan pengembalian pajak selama empat tahun, meskipun menghasilkan jutaan dolar dari pekerjaan konsultasi, ceramah, mata uang kripto, dan menjual hak atas kisah hidupnya.

 

2 dari 3 halaman

Tudingan yang Dialamatkan ke John McAfee

Departemen Kehakiman AS menuduh bahwa John McAfee menghindari kewajiban pajak, dengan meminta pendapatannya dibayarkan ke rekening bank dan rekening pertukaran mata uang kripto atas nama seseorang.

Dia juga dituduh menyembunyikan aset, termasuk kapal pesiar dan properti real estate, atas nama orang lain.

McAfee bukan orang baru di dunia keamanan siber. Pada tahun 1980-an, McAfee mendirikan sebuah perusahaan yang merilis software antivirus pertama, McAfee VirusScan, yang cukup sukses di pasaran.

Kendati bisnis tersebut sudah dijual kepada Intel, McAfee masih mengembangkan produk-produk keamanan sibernya sendiri.

Pria kelahiran Scotlandia ini juga menjadi pemimpin operasi mining Bitcoin, MGT Capital Investment, yang memecahkan masalah matematis rumit untuk memverifikasi transaksi dalam mata uang virtual.

3 dari 3 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.