Sukses

India Dihebohkan Video Mobil Bak Tertelan oleh Bumi, Ini Dia Faktanya

Liputan6.com, Mumbai - Dalam unggahan video yang tersebar, sebuah mobil tersedot ke sinkhole di luar kompleks perumahan di Mumbai, India. Tak hanya di India, video mobil ke sinkhole berdurasi 26 detik tersebut juga viral di Indonesia. Berikut faktanya melansir dari Independent pada Selasa (15/06/2021).

 

 

2 dari 6 halaman

1. Insiden terjadi saat hujan lebat dan mobil seketika tenggelam

Insiden tersebut terjadi di Ghatkopar West, Mumbai, ibu kota negara bagian Maharashtra, India pada hari Minggu (13/06/2021). Saat itu hujan lebat mengguyur kota terkaya di India. Lalu, penghuni rumah kedapatan kejadian tanah di parkiran mobil tiba-tiba runtuh.

Sebelumnya, beberapa hari terakhir ini Mumbai memang dilanda hujan.

Bahkan menyebabkan banjir bandang di beberapa bagian kota. Oleh sebab itu, Departemen Meteorologi India terus mengeluarkan peringatan cuaca buruk kota setempat dan diperkirakan hujan sangat lebat kembali terjadi pada Senin (14/06/2021).

3 dari 6 halaman

2. Lubang berada di bawah lokasi parkir mobil

Polisi Mumbai pun mengklarifikasi video tersebut benar adanya. Ia mengatakan mobil masuk ke sinkhole. Lantaran adanya sumur di bawah tempat itu yang setengah tertutup oleh RCC (beton semen bertulang). Kemudian, para penduduk mengubah menjadi lahan parkir. Alhasil, semen ambruk akibat hujan lebat melanda.

Badan Sipil Brihanmumbai Municipal Corporation (BMC) menolak untuk bertanggung jawab karena insiden itu terjadi di kompleks perumahan swasta dan tidak ada hubungan dengannya.

BMC mengatakan, kompleks perumahan diminta segera mengevaluasi kejadian tersebut dan mengupayakan keamanan untuk memastikan insiden serupa tak terulang.

4 dari 6 halaman

3. Pemilik mobil adalah pria lanjut usia

Dikutip dari The Indian Express, Dr Kiran Doshi pemilik mobil berusia 67 tahun. Ia baru tahu mobilnya tenggelam setelah diberitahu oleh pria pencuci mobil milik warga.

Lalu, ia menyalakan alarm mobil dan bergegas ke lahan parkir. Namun, ia mendapati mobilnya telah tenggelam ke dalam sumur dan merekam insiden tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Sinkhole adalah sumur tua di sekitar kompleks

Penduduk kompleks perumahan mengatakan sumur telah dibangun lebih dari 80 tahun yang lalu. Kemudian, ditutup sekitar 40 tahun yang lalu.

6 dari 6 halaman

5. Mobil berhasil diangkat dan tak ada korban luka

Mobil itu akhirnya ditarik keluar dari sinkhole oleh pihak berwenang dengan bantuan derek. Proses pengangkatan membutuhkan waktu hampir 12 jam setelah terendam.

Dalam video, lampu mobil tampak menyala. Namun, tidak ada seorang pun di dalam mobil maupun korban luka.

 

Reporter: Bunga Ruth