Sukses

Lebaran di Korut, Dubes Berlian Undang Diplomat Palestina dan Iran

Dubes RI di Korea Utara, Berlian Napitupulu gelar open house dengan mengundang perwakilan Palestina, Mesir, dan Iran.

Liputan6.com, Pyongyang - Duta Besar RI untuk Korea Utara (Korut) Berlian Napitupulu menggelar open house untuk merayakan Lebaran 2021. Acara ini turut mengundang perwakilan negara-negara Muslim, seperti Palestina.

Menurut laporan Kementerian Luar Negeri, Minggu (16/5/2021), open house dihadiri oleh seluruh WNI di Pyongyang dan para Kepala Perwakilan Negara Islam yaitu: Duta Besar Palestina, Duta Besar Suriah, Kuasa Usaha Mesir dan Staf Kedutaan Besar Iran beserta keluarga.

"Kita sangat bersyukur hingga sekarang sehat-sehat dan tahun ini diperbolehkan pemerintah setempat mengadakan kegiatan sehingga Open House ini dan Sholat Ied tadi pagi dapat terlaksana padahal selama ini tidak boleh karena pencegahan pandemi Covid-19 di RRDK," demikian penjelasan Dubes Berlian Napitupulu dalam sambutan pembukaan.

"Sebelum pandemi, ada sekitar 90 orang masyarakat Muslim di Pyongyang dari berbagai kedutaan dan organisasi internasional. Sekarang hanya sekitar 30 orang, termasuk 12 orang WNI. Namun kita bersyukur masih kompak dan diperbolehkan berkumpul sehingga tali persahabatan masih terjalin di tengah keterbatasan dan lockdown," tutur Dubes Berlian

Keluarga diplomat negara-negara mayoritas Muslim, seperti Palestina, ikut hadir di open house KBRI Pyongyang. Dok: Kemlu

Berlian menyebutkan bahwa perayaan Idul Fitri tahun ini unik dan menarik karena bersamaan dengan perayaan Kenaikan Isa Almasih pada hari ini, yg berarti dua hari besar Islam dan Kristen dirayakan sekaligus. Ia mengaku baru pertama kali mengalaminya.

"Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk dengan ratusan suku, budaya dan berbagai agama berbeda, namun bisa bersatu dan punya tradisi saling menghormati serta saling mengunjungi pada hari-hari raya besar seperti Idul Fitri yang di Indonesia disebut lebaran," ujar Dubes Berlian.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pandangan Negara Sahabat tentang Indonesia

Dubes Suriah mengakui sejak lama bahwa Indonesia merupakan suatu model terbaik bagi dunia Islam karena sangat moderat dan toleran. Ia juga memuji peranan Indonesia yang selalu membantu saudara muslim, khususnya dalam masalah Palestina. "Indonesia is the best model for Moslem world," tegasnya.

Duta Besar Palestina mengamini pernyataan Dubes Suriah dan mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo dan pernyataan Menlu RI mengenai konflik yang terjadi di Jarrah Palestina saat ini yang menegaskan bahwa Indonesia akan selalu bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya.

Open House ini juga dimanfaatkan Duta Besar untuk mempromosikan masakan dan minuman khas Indonesia antara lain: gulai ayam, baso ikan, mie goreng, tahu isi, bolu kukus, cendol, teh dan kopi Indonesia.

Seluruh WNI di Pyongyang merasa bersyukur atas diselenggarakannya Open House ini karena dapat bersilaturahim dan berkumpul bersama kembali di Hari Raya Idulfitri ini. Walau ada beberapa anggota keluarga yang terpisah di Indonesia, mereka tetap bersyukur dapat merayakan hari kemenangan ini bersama staf KBRI dan keluarga yang ada di Pyongyang dalam suasana persaudaraan sambil menyantap makanan khas Indonesia.

Acara ditutup dengan foto bersama dan pemberian bingkisan batik sebagai souvenir khas Indonesia kepada Duta Besar dan kepala perwakilan asing yang hadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.