Sukses

Top 3: Varian COVID-19 Asal India Menginfeksi 44 Negara hingga Bantuan Indonesia

Isu varian COVID-19 asal India, jenazah di Sungai Gangga hingga Indonesia ikut bantu India menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com.

Liputan6.com, Delhi - PBB melaporkan bahwa varian COVID-19 dari India telah menyebar ke 44 negara. Varian ini jauh lebih menular dan memicu tsunami COVID-19 di negara tersebut. 

Awal pekan ini, WHO menyatakan status B.1.617 sebagai "variant of concern" atau varian yang perlu dikhawatirkan. 

Berita mengenai varian dari India menjadi sorotan pembaca isu global Liputan6.com, Kamis (13/5/2021).

Ada pula kabar mengenai penemuan jenazah di Sungai Gangga sehingga diduga angka kematian di India memang lebih tinggi dari yang tercatat. 

Berikut daftar beritanya:

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Varian India di 44 Negara

WHO menjelaskan bahwa B.1.617 ditambahkan ke daftar karena lebih mudah menular daripada virus aslinya, menunjuk pada "peningkatan pesat dalam prevalensi di banyak negara".

Kini telah terdeteksi di lebih dari 4.500 sampel yang diunggah ke database akses terbuka "dari 44 negara di keenam wilayah WHO", demikian dikutip dari laman Al Jazeera, Rabu (12/5/2021).

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Jenazah di Sungai Gangga

Pihak berwenang di India, Selasa (11/5) mengatakan belum menentukan penyebab kematian puluhan orang yang jenazahnya ditemukan di Sungai Gangga.

Gambar jenazah yang mengambang di sungai memicu kemarahan dan spekulasi bahwa mereka meninggal karena COVID-19, yang melonjak di seluruh negara yang terletak di Asia Selatan itu dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada di tempat-tempat lain di dunia. 

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Indonesia Terus Kirim Bantuan Medis ke India

Indonesia mengirimkan 200 konsentrator oksigen ke India. 

Kiriman bantuan kemanusiaan dari Indonesia itu diumumkan dalam acara pelepasan bantuan hibah pemerintah RI kepada India yang digelar di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (12/5). 

 

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.