Sukses

Selain KRI Nanggala 402, Ini 4 Kapal Selam yang Pernah Hilang

Liputan6.com, Jakarta - Kapal selam KRI Nanggala-402 dari jajaran Armada II Surabaya hilang kontak saat melaksanakan latihan penembakan senjata strategis di perairan selat Bali. Jajaran TNI Angkatan Laut (AL) kini tengah melakukan pencarian.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Humas Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang diterima Liputan6.com, Rabu 21 April 2021, KRI Nanggala-402 akan melaksanakan latihan penembakan Torpedo SUT.

Tim meminta izin menyelam pada pukul 03.00 WIB lalu hilang.

Selain KRI Nanggala 402, berikut ada empat kapal selam yang pernah hilang:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 6 halaman

1. HMAS AE1

Pada 21 September 1914, surat kabar The Age melaporkan bahwa kapal selam perang Australia hilang dengan kondisi menampung 35 kru kapal.

Kapal Selam yang memiliki nama AE1 tersebut tidak gugur dalam kondisi perang. Sayangnya, AE1 dan seluruh kru kapal tidak dapat ditemukan karena kondisi perairan yang terlalu dalam.

 

3 dari 6 halaman

2. USS Grenadier

Pada September tahun lalu, penyelam menemukan sebuah bangkai kapal selam Angkatan Laut AS yang dinyatakan hilang 77 tahun yang lalu di perairan Asia Tenggara.

Dikutip dari NavyTimes, kapal itu seberat 1,475 ton dengan panjang hampir 95 meter yang merupakan korban dari bom pesawat Jepang.

Semua 76 kru kapal selamat dari serangan tersebut tetapi kemudian menjadi tawanan Jepang selama lebih dari dua tahun -- di mana empat dari 76 kru meninggal dunia.

Bangkai kapal Grenadier ditemukan 82 meter bawah air di suatu tempat di Selat Malaka sekitar 150 kilometer selatan Phuket, Thailand.

4 dari 6 halaman

3. Kapal Selam Prancis, Minerve

Sebuah kapal selam Prancis yang hilang di daeerah Mediterania barat pada 1968 telah ditemukan dalam misi pencarian yang sudah berjalan selama 51 tahun.

Menurut France24, kapal selam bertenaga diesel dan listrik tersebut hilang di lepas pantai selatan Prancis dengan 52 pelaut di dalamnya pada 17 Januari 1968.

"Saya memikirkan keluarga yang telah menunggu saat ini begitu lama," kata Menteri Pertahanan Florence Parly di akun Twitternya setelah bangkai kapal tersebut ditemukan 45 kilomter dari pelabuhan Toulon, Prancis selatan.

5 dari 6 halaman

4. USS Grayback

Menjadi korban penyerangan pesawat Jepang pada 1944, kapal selam Amerika yang telah hilang dalam Perang Dunia Kedua akhirnya ditemukan di dasar laut Cina Timur berkat sebuah proyek eksplorasi bawah air.

Dilansir dari BBC, U.S.S Grayback memiliki 80 awak pada saat itu dan keluarga dari semua korban sudah diberi tahu tentang penemuan tersebut.

Proyek Lost 52, yang mempunyai tujuan untuk menemukan kapal selam AS yang hilang dari zaman Perang Dunia Kedua, memimpin misi untuk menemukan kapal tersebut di lepas pantai Okinawa.

 

Reporter: Paquita Gadin

6 dari 6 halaman

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19